Cara Membuat Lampu Emergency dari Botol Toples Selai Bekas

Caratekno.com – Sempat mikir poyek apalagi ya yang cocok buat blog ini, enaknya bikin lampu penerangan dari topless bekas selai yang tidak terpakai lagi. Dari pada terbuang percuma mending dijadikan aksesoris lampu led jenis Luxeon (high power led) yang mulai gampang ditemukan dipasaran.

Lampu emergency dari botol toples/ caretekno.com

Lampu topless ini dapat menerangi ruangan dengan cukup bagus menyala 360° dan anti air pula. yang dibutuhkan cukup sedikit bahan HPL 3 Watt dan sebuah battery ponsel Nokia BL-5C (Li-Ion). Untuk battery dan led bisa dipasang secara permanen pada tutup atas botol bekas selai kacang tadi, tersedia pula jack input DC sebagai charger battery.

10 Fungsi Kegunaan Led dari botol selai:

  1. Lampu emergency portable
  2. Lampu kemah/ camping
  3. Lampu terapung berenang
  4. Lampu malam ruangan
  5. Lampu penerangan kamera
  6. Lampu penyelamatan waterproof
  7. Lampu led tenaga surya
  8. Hiasan lampu taman
  9. Pengganti lampu gas
  10. Cocok sebagai hiasan lampu pesta
Simak juga cara membuat lampu led darurat bisa untuk rumah maupun acara outdoor/ camping:

Step 1: Persian Alat dan Bahan

Picture of Gathering Tools & Materials

Materials:

  • 3W Ultrabright LED
  • LED Indicator
  • BL-5C Nokia Battery
  • 1N4007 Diode
  • 470 ohm Resistor
  • On/ Off switch
  • DC Power Jack
  • Selotip double tape

Peralatan:

  • Solder besi
  • Hot Glue Gun
  • Bor tangan

Step 2: Pengelem tiap komponen

Picture of Hot Glue The Parts In Place

Step 3: Optional: Charger USB battery Lithium, bisa digunakan charger ponselIMG_2256a (2).jpgPicture of Optional: Adding a USB Lithium USB Charger

Step 4: Skema rangkaian diagram

Picture of The Schematic Diagram

Step 6: Charge Testing

Picture of Charge Testing
Jika Led indikator merah menyala terang berarti proses pengisian battery telah beroperasi sempurna. Untuk charger battery anda bisa membuat sendiri silahkan anda baca “cara membuat charger USB portable

Artikel manfaatkan powerbank untuk lampu Cara Membuat Lampu Emergency dengan PowerBank Mudah dan Praktis

Baca Juga:

Membuat Lampu Emergency Led Luxeon (Rechargable) menggunakan baterai bekas ponsel Li-Ion 3,7V
Jadul Edition: Bikin Lampu Emergency Klasik Berbahan Minyak Goreng bisa ON terus

Step 7: Selesai

Picture of You're Done!

IMG_2319.JPG

IMG_2341.JPG

Untuk instruksi lengkap bisa anda download sebagai referensi anda dalam membuatnya, Jika anda berkenan silahkan share ke teman atau keluarga anda cara membuat lampu dari botol selai bekas ini. Pemesanan LED Luxeon klik sini.

You May Also Like

About the Author: caratekno

39 Comments

  1. wah kreatif sekali, saya gah pernah absen membuka
    kumpulan il-elek ini. Dan mencoba karena ini hobby saya,
    Usia saya masuk ke 64, senang ada kesibukan ringan.
    Tunggu order untuk spare part.

    Sukses selalu dan terima kasih

  2. @Anonymous
    TERIMA KASIH! bapak sudah mampir ke blog yang sederhana ini, saya senang bukan main ada "teman" yang se-hobby. Kalau bapak ada kerepotan atau nemu ide baru silahkan share dengan saya pak kontak saya 08980490837

  3. @Chefy Gazebo terima kasih mas… saya cuma sekedar berbagi saja saya yakin pasti bnyk yang lebih jago dari saya… mungkin saja mereka yang lebih mahir ada kesulitan untuk berbagi ke sesama pecinta elektronika…. salam sukses!!

  4. ini misal battreynya di ganti dengan batrai kotak 9v gimana?
    lalu misal jika lampunya di tambah menjadi 3 buah apa dengan battrey kotak tsb mampu?

  5. Numpang tanya gan,kalo untuk cas battreynya brapa jam ya gan? Kalo kelamaan apa ada pengarunya? Atau ap gitu,trimksi sblmny

  6. lbh afdol lg pkai charger deskptop yg ada lampu indikator nya. charger desktop dibongkar masukin ke dlm toples, lampu indikator charger pasang di tutup toples. mantap. kalau ngecharge, lampu kedip kedip. yg merah. kalau penuh yg hijau nyala.

  7. mas bro totlong dibantu ni…newbie.
    kmrin ngetest spt rangkaian diatas,hasilnya led indikator nyala terus,padahal tidak dalam proses pengecasan.tolong y mas bro..
    Beli LED Ultrabright kyak gitu dimna & hrga brpa?d daerah sekitar saya tidak ada yg jual di toko elektro dan listrik.
    ni no sy klo mau bls via sms 085692604419

  8. min,bisa mesen komponenny ga?atw kmponen it selalu da d tmpt elektronik. 085881122208 it no saya.minta info y min.thanks

  9. Min/Gan saya mau nanya dong ini pake charger apa ya? saya sudah mencari untuk nokia tidak ada yang pas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.