Cara Merakit Rangkaian Lampu Led 12 Volt

Caratekno.com – Tidak bisa dipungkiri lagi uniknya cahaya LED (Light Emiting Diode) semakin nge-trend, bahkan banyak mobil-mobil dan motor super keren terbaru lampunya terpasang LED yang semakin sportif saja.

Saya akan sharing bagaimana cara merakit rangkaian lampu led 12 volt agar bisa terpasang pada kendaraan bermotor atau digunakan sebagai aksesoris lainnya seperti di rumah, PC, lampu emergency dan yang lainnya.

triple-led-4x4
Rangkaian lampu led/ caratekno.com

Proses pemasangan sungguh sangat sederhana dan tidak diperlukan keahlian yang lebih, cukup anda ikuti saja instruksi yang nanti saya jelaskan disini. Anda bisa pilih warna cahaya lampu sesuai selera!

Jika anda tertarik untuk membuat lampu led jenis HPL (High Power LED) Luxeon 3 Watt, silahkan baca ini juga:

Cahaya Super dari lampu LED Super Terang jenis Led HPL Luxeon
Merubah adaptor USB menjadi Lampu LED bisa untuk lampu belajar

Persiapan bahan dan alat

  • Lampu led jenis strawhat (pendar 120 derajat) secukupnya
  • Papan PCB Matrix (yang lubangnya banyak siap pakai)
  • Kabel
  • Solder dan timah
  • Resistor 50 ohm 1/4 watt

Perhatikan rangkaian lampu led 12 volt berikut ini:

led_diag1

Arus konstan yang dibutuhkan sebuah led kisaran 0.020 – 0.025 Ampere atau setara 20 – 25 mA, dipasang secara rangkaian seri seperti gambar di atas, Setelah melakukan perhitungan untuk mencari nilai resistor didapatkan nilai 47 – 50 ohm, dengan rumus sebagai berikut:

4.-rumus-led

Keterangan:

R Resistor
VS Tegangan sumber
VL Tegangan LED
I Arus Led
3 Jumlah LED

Nah, gampang bukan untuk melihat angka Resitor sesuai kebutuhan LED, nilai 3 bisa disesuaikan dengan jumlah lednya. Apabila hasil nilai perkalian VLx3 ternyata terlampau lebih besar dari pada VS makan nilai 3 harus dikurangi lagi.

Bagi rekan Tekno  yang masih awam tentang seluk beluk dan macam-macam led bisa dilihat pada artikel ini:

Belajar Mengenal Jenis-jenis Lampu Led dan Prinsip Kerjanya

Jika anda membutuhkan lampu led komponen mulai dari strawhat, sorot, superflux, lampu luxeon, hpl, lensa, driver, led smd, dan led flexibel bisa liat price listnya anekalaris  atau cek stoknya disini juga 

Semoga pelajaran hari ini cara merakit rangkaian lampu led 12 volt bisa diaplikasikan sebagai aksesoris yang manis, kreativitas tergantung anda, selamat mencoba!

25 comments on “Cara Merakit Rangkaian Lampu Led 12 Volt

  1. @Topjituterus sambungan kabel nya gimana ya ?
    Kalau menurut pemikiran saya
    Kabel + dari btrai sambung ke kaki 1, lalu sambung kaki 2 ke kaki 3 dengan kabel jumper, lalu kaki 3 sambung ke – led ?
    Mungkin ada yang salah, maklum masih belajar, hehehe
    Mohon dikoreksi

  2. Mau tanya itukan pake 3led12V dan resistor 50ohm, itu tenaga sumbernya brp V ya?, trus itu tenaga sumbernya colok listrik pake adapter atau pake baterai?, masi belajar rakit2 led pake baterai2 kecil, mohon pencerahannya 🙂

  3. gan saya mau nanya, misalnya saya mau buat rangkaian led pakai batre 9v dan 2 led putih, kira2 bagaimana cara mengetahui berapa watt resistor yang harus saya gunakan?

  4. om kalo mau konsultasi itung2an led bisa gak? kalo boleh saya mau belajar dong soalnya kurang paham sama penjelasan di atas maklum saya newbie.. kalo boleh minta contactnya.. thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *