Lampu Emergency Klasik Berbahan Minyak Goreng

Tatkala mati lampu di malam hari akibat pemadaman listrik PLN maka tak dipungkiri lagi kebutuhan lam... thumbnail 1 summary
Tatkala mati lampu di malam hari akibat pemadaman listrik PLN maka tak dipungkiri lagi kebutuhan lampu emergency atau lampu darurat sangat dibutuhkan. Jika jaman dulu orang tua kita biasa menggunakan lampu lilin, lampu minyak sebagai penerangan darurat.


Nah, postingan kali ini saya ingin mengingatkan masa kejayaan lampu minyak dahulu sebagai penerangan utama di jamannya. Tidak ada salahnya jika ingin bernostalgia dengan suasana lampu minyak sederhana ini sebagai lampu emergency tatkala lampu emergency led rusak atau tidak ada lilin di rumah.

1. Ambil botol kaca bekas yang ukuran sedang untuk kita manfaatkan sebagai lampu minyak.


2. Belah kayu bulat lunak menjadi dua bagian, kemudian lubangi bagian tengahnya.


3. Kemudian ambil potongan kain (lebih bagus yang menyerap minyak seperti kain katun, sumbu kompor minyak, dll ) secukupnya pilin hingga membentuk tali lalu masukkan ke lubang kayu tadi.


4. Letakkan kayu sumbu tadi di dalam botol penuh dengan minyak sehingga kayu sumbu mengampung, usahakan letak sumbu tidak terlalu dekat dengan minyak sehingga tidak cepat terbakar ke genangan minya goreng atau minyak zaitun. Sangat disarankan dibuat dengan keselamatan tinggi sehingga tidak mudah tumpah.


Variasi yang lainnya


http://littlehouseinthesuburbs.com/2008/12/make-lamps-not-vinaigrette.html

1 comment

Silahkan komentar yang baik ya...!