Karena Masalah Komponen Sepele, Inilah Penyebab Lampu LED Motor Terus Berkedip

Caratekno - Lampu led dikenal sangat terang dan hemat energi, Tapi karena pemakaian yang tidak teratur disertai komponenyang kurang bagus, lampu led bisa cepat putus.

Nah, Perlu diketahui biasanya Karena Komponen Ini Sudah Mau Putus

Pemilik motor yang menggunakan lampu LED pada headlamp mungkin pernah mengalami komponen terus berkedip ketika menyala. Kira-kira, apa penyebabnya?

Lampu LED menawarkan sorot cahaya yang lebih terang ketimbang lampu bohlam biasa. Warnanya pun lebih jernih dengan menggunakan warna putih.

Namun seperti komponen lainnya, lampu LED ini juga memiliki masa pakai. Dan salah satu problem yang muncul ketika kinerja komponen ini sudah tidak optimal adalah terus berkedip ketika dinyalakan.

Penyebab headlamp lampu LED motor terus berkedip pada umumnya karena emiter LED sudah mau putus. Hal ini menyebabkan driver mengirimkan listrik yang kurang atau tidak stabil. Aliran yang tidak stabil ini kemudian menyebabkan headlamp LED terus berkedip.

Adapun lampu LED adalah jenis lampu yang terdiri dari susunan pancaran diode. Dibuat dari bahan semikonduktor dan masih sejenis dengan dioda.

Bila dibandingkan lampu bohlam, usia pakai lampu LED jauh lebih awet. Ini karena daya yang dibutuhkan oleh lampu cenderung kecil. Jika menggunakan lampu bohlam harus sering diganti, sementara LED tidak begitu.

Ini terjadi lantaran lampu bohlam cepat panas ketika lampu dinyalakan terus menerus. Panas ini yang menyebabkan lampu bohlam motor gampang putus.

Namun problem tersebut tak terjadi pada lampu LED karena mampu mengontrol suhu panas yang dikeluarkan saat bekerja meski dihidupkan dalam waktu lama.

Selain itu, cahaya yang dihasilkan lampu LED bisa menyorot lebih jauh ke arah jalanan. Penyebabnya adalah adanya arus DC atau direct current yang dihasilkan lampu lebih stabil. Sangat berbeda dengan lampu dengan arus AC yang lebih boros tenaga dan terangnya tergantung putaran mesin.

Soal fokus, LED jauh lebih baik dibandingkan bohlam. Karena lampu ini akan menyinari dengan lebih fokus dan objek akan tampak realistis. Hal ini jugalah yang menjadikan lampu LED berwarna terang dan netral.

Karena Masalah Komponen Sepele, Inilah Penyebab Lampu LED Motor Terus Berkedip Karena Masalah Komponen Sepele, Inilah Penyebab Lampu LED Motor Terus Berkedip Reviewed by Ihsan on March 27, 2024 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.