6 Cara Mudah Merawat Furnitur Kayu di Musim Hujan

Caratekno - Perabotan yang terbuat dari bahan kayu atau yang dikenal istilah kerenya Furnitur sangat digemari oleh masyarakata sebagai utama perabotan rumha.

Namun, furnitur kayu memiliki perawatan yang berbeda dari furnitur bahan lainnya. Terutama di musim hujan, furnitur berbahan kayu biasanya rentan rusak.

Udara yang dingin dan lembab membuat furnitur kayu rentan tumbuh jamur hingga rayap. Jika dibiarkan bisa membuat furnitur rusak.

Berikut ini ada beberapa cara merawat furnitur kayu agar awet dan tidak berjamur di rumah saat musim hujan.



Cara merawat furnitur kayu saat musim hujan. Foto: Pexel

1. Gunakan lapisan pernis

Merawat furnitur kayu bisa dengan melapisi perabot kayu dengan pernis secara berkala. Selain mempertahankan warna, pengaplikasian pernis juga bantu mengisi pori-pori dan menjaga data tahan kayu.

2. Bersihkan dengan kain kering

Saat membersihkan furnitur, sebaiknya gunakan kain bersih dan kering. Jangan menggunakan kain lembab di musim hujan karena berpotensi menimbulkan jamur.

3. Cat ulang 

Salah satu masalah furnitur kayu adalah jamur. Biasanya jamur akan meninggalkan noda setelah dibersihkan. Bagian tersebut bisa ditutup dengan mengecat ulang bagian yang meninggalkan noda.

 Langkah ini bisa menghilangkan noda atau jamur secara permanen. Asal, kelembaban udara dalam ruangan bisa terjaga dengan baik.

4. Tambahkan minyak

Sifatnya yang mudah memuai terkadang membuat permukaan menjadi bengkak sehingga untuk beberapa furnitur seperti laci dan lemari menjadi sulit ditutup. Anda harus mengoleskan dengan minyak khusus kayu untuk merawat furnitur.

5. Beri kelembapan

Menyeka dengan kain basah agar tetap lembab tidak cukup. Anda perlu melapisi furnitur kayu untuk mengunci kelembapan di dalam kayu dan secara efektif untuk mencegah furnitur mengering dan berubah bentuk. 

Oleskan lilin kayu pada permukaan dengan ringan lalu bersihkan dengan kain katun untuk mengurangi daya rekat debu dan meningkatkan kilap.

6. Gunakan kapur barus

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kelembaban adalah dengan menambahkan kapur barus. Kapur barus bisa menjauhkan hama sehingga melindungi dari rayap.

Anda bisa memasukkan kapur barus ke dalam laci lemari sebelum hujan tiba. Hal ini akan membantu menghilangkan bau lembab dalam lemari.

6 Cara Mudah Merawat Furnitur Kayu di Musim Hujan 6 Cara Mudah Merawat Furnitur Kayu di Musim Hujan Reviewed by Ihsan on March 28, 2024 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.