13 Tips Ringan Cara Berhemat Listrik secara Benar Biar Tagihan Listrik Tidak Jebol

Caratekno – Berikut artikel kali ini akan bahas langkah-langkah mudah untuk menghemat listrik di rumah Anda.

Nah, Tips apa saja yang bisa membantu Anda mengurangi pemakaian listrik:

Lampu bohlam Ganti dengan Lampu LED

Sudah diketahui umum bahwa Lampu LED lebih efisien dan hemat energi serta lebih awet dalam kurun waktu relatif panjang.

Menukar lampu bohlam yang terpasang dengan lampu LED bisa membantu mengurangi konsumsi listrik Anda.

Matikan Peralatan Elektronik Rumah Tangga Ketika Tidak Digunakan

Ingat selalu Anda pastikan untuk mematikan alat-alat elektronik rumah tangga seperti TV, komputer, dan peralatan lainnya ketika sedang tidak terpakai karena itu adalah pemborosan.

Cabut batok charger ponsel, laptop, adaptor dan lainnya karena hal itu seperti zombie yang menghisap arus listrik meski tidak terpakai. Jadi jangan heran bila pulsa token listrik sering cepat habis.

Kebanyak peralatan elektronik rumah tangga masih seringkali menggunakan daya listrik meskipun disaat dalam posisi mode standby.

Gunakan AC (Air Conditioner) yang Bijak

Apabila Anda mempunya Penyejuk Udara (AC), gunakan dengan bijak.

Anda atur suhu sesuai kebutuhan serta pastikan tidak ada celah terbuka semisal daun jendela dan pintu harus tertutup agar tidak ada kebocoran udara dingin karena hal ini menyebabkan sia-sia energi terbuang.

Pastikan pintu dan jendela terisolasi rumah Anda berfungsi sebagaimana mestinya untuk mencegah kebocoran udara dan mengurangi beban pendingin dan pemanas yang sedang digunakan..

Gunakan Perangkat Hemat Energi:

Ketika akan membeli perangkat/ peralatan elektronik rumah tangga Saat membeli perangkat elektronik baru, pilihlah yang memiliki logo “Energy Star” atau yang bertanda/ logo yang dikenal hemat energi.

Hematlah Mesin Pemanas Air

Pastikan suhu dispenser air/ mesin pemanas air Anda dan aturlah pada tingkat yang sesuai jika masih manual. Apabila menggunakan mesin pemanas air untuk kamar mandi berikan tambahan penahan panas/ isolator panas untu menjaga agar air tetap panas lebih lama.

Gunakan Timer dan Sensor Cahaya

Tambahkan mesin timer dan sensor cahaya untuk mengatur penerangan secara otomatis sehingga lampu penerangan tidak perlu terus-menerus menyala saat tidak dibutuhkan, meskipun Anda sedang bepergian keluar Kota tidak khawatir rumah gelap gulita ketika tidak ada orang di rumah.

Cuci Pakaian dan Peralatan dengan Bijak

Pakailah mesin cuci dengan beban penuh sesuai kapasitasnya dan atur suhu air yang lebih rendah untuk mencuci pakaian secara maksimal. Jangan lupa, Anda bersihkan filter penyaring pada pengering pakaian secara teratur.

Manfaatkan Tenaga Sel Surya

Tenaga surya merupakan energi terbarukan meski sinar matahari sudah menyinari bumi sejak jutaan silam. Anda patut pertimbangkan untuk memasang panel sel surya atau pemanas air tenaga surya untuk mengurangi ketergantungan pada listrik konvensional yang berbahan fosil.

Periksa dan Ganti Isolasi Kabel Listrik

Pastikan isolasi kabel listrik di rumah Anda dalam kondisi baik. Isolasi yang rusak dapat menyebabkan kebocoran energi. Bisa juga menyebabkan panas berlebih dan kebakaran.

Hemat Listrik saat Malam: Karena malam hari banyak memakai, maka beban listrik di malam hari akan lebih boros dan mahal. Apabila sudah larut malam, matikan perangkat yang sudah tidak digunakan lagi semisal televisi, komputer, pompa air, dan peralatan rumah tangga lainnya.

Terapkan Smart Home Technology

Alat mutakhir dengan Teknologi pintar pada rumah dapat membantu Anda mengelola penggunaan listrik dengan lebih efisien, seperti pengaturan jadwal untuk perangkat dan penerangan. Jaman modern teknologi rumah tangga sudah banyak aplikasi pintar.

Cek Tagihan Listrik Anda secara berkala

Beberapa kasus, sangat banyak perusahaan listrik melakukan kesalahan dalam penagihan beban listrik. Pastikan tagihan listrik Anda sesuai dengan penggunaan sebenarnya.

Nah, Apabila rekan Tekno menerapkan beberapa kebiasaan ringan namun berdampak besar saat konsumsi listrik di rumah, kantor ataupun pabrik, Anda bisa hemat listrik serta bisa mengurangi tagihan listrik setiap bulannya listrik Anda, sambil berkontribusi pada pelestarian lingkungan dengan mengurangi jejak karbon rumah tangga Anda.

Semoga artikel ringan ini bisa membantu Anda mengurangi tagihan daya listrik yang sia-sia

13 Tips Ringan Cara Berhemat Listrik secara Benar Biar Tagihan Listrik Tidak Jebol 13 Tips Ringan Cara Berhemat Listrik secara Benar Biar Tagihan Listrik
Tidak Jebol Reviewed by Ihsan on November 03, 2023 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.