5 Perkara Kecil Jadi Besar yang Bikin Baterai Laptop Boros

Caratekno – Bagi sebagian kalangan terutama pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar dan pebisnis sebuah Laptop menjadi kebutuhan penting yang berguna sebagai penunjang berbagai macam hal, yaitu untuk kebutuhan tugas ringan maupun pekerjaan yang menuntut mobilitas tinggi.

Maka hal lumrah jika sebuah laptop harus Anda jaga dengan benar dan dirawat secara berkala. kualitas dari laptop harus dijaga baik, sehingga tetap berfungsi secara maksimal.

Apabila Anda mendapati sebuah baterai laptop mengalami kebocoran atau sering masalah drop, maka jangan lewatkan artikel CaraTekno kali ini berikut ini beberapa penyebab bisa menjadi alasannya.

1. Menggunakan Laptop hingga Mati (Power Off)

Jangan terus-terus menggunkan laptop hingga kondisi mati total karena asyik main game, pekerjaan tanggung sedikit lagi atau alasan lain yang tidak dibenarkan hingga indikator low batt diabaikan.

Saya pernah mengalami kebocoran baterai laptop gegara melakukan hal ceroboh seperti ini yang berakibat fatal pada baterai laptop.

Ini juga sering terjadi pada orang yang mungkin malas dalam melakukan charger ponsel, sehingga membiarkannya mati total terlebih dahulu, kemudian baru dicharge.

Sebernarnya apabila dirasa laptop sudah mulai kehabisan baterai yang ditunjukkan dengan baterai indikator di bagian pojok kanan menyala, maka Anda harus segera menyambungkan colokan listrik.

Cara ini penting dilakukan agar nantinya baterai laptop tetap sehat tidak mengalami kebocoran, sekaligus tidak sampai mudah rusak.

2. Layar Terlalu Terang

Alasan kedua kenapa baterai laptop jadi cepat habis karena pengaturan cahaya layar laptop terlalu terang sehingga daya baterai jadi cepat terkuras habis.

Layar yang terlalu terang ini membutuhkan konsumsi daya yang semakin besar.

Pastikan Anda harus memeriksa pengaturan layar laptop jangan sampai terlalu terang agar tidak cepat terkuras, sehingga tidak akan berdampak pada kondisi baterai laptop.
Gunakanlah layar laptop dengan tampilan pencahayaan normal, sehingga bisa memperpanjang usia pada baterai laptop agar tak mudah rusak.

3. Menggunakan Laptop Luar Batas Wajar

Penggunaan laptop yang secara berlebihan sebagaimana mestinya atau Anda menggunakan laptop diluar batas durasi pemakaian hal ini lah yang menjadi salah satu faktor penting baterai laptop sering kali alami kebocoran cepat terkuras habis tidak seperti awal mula beli baru.

Orang mengiranya karena dikaitkan dengan usia laptop atau sudah usang yang mempengaruhi performa motherboard laptop dan baterainya.

Jika laptop sering digunakan melebihi batas secara berlebihan, maka akan membuat kondisi baterai rusak, mudah habis, bocor atau istilah apapun. Sebab itu lah pergunakan laptop dengan bijak.

Pahami betul kondisi laptop seperti halnya sebuah anggota keluarga yang perlu kasih sayang juga. Senyum!

4. Serampangan Cabut Pasang Charger Laptop

Yang sering dilakukan banyak pengguna laptop lainnya adalah sering sembarangan saat menggunakan chargeran laptop. Seringnya mencabut colokkan charger secara serampangan. Bukannya baterai berumur panjang malah baterai jadi drop performanya jadi turun.

Jika memang indikator laptop menyala ditandai munculnya icon baterai di pojok layar kanan bawah, maka tidak perlu pikir panjang mencolokkan charger tanpa harus menunggu mati total.

Begitupun ketika sudah full 100% baterainya maka langsung cabut chargernya. Hal ini sangat diperhatikan untuk merawat performa baterai laptop agar tak mudah rusak nantinya.

5. Keseringan Memakai Laptop sambil di Charger

Penguna laptop yang masih awam dalam hal perawatan laptop masih banyak yang melakukan hal sepele (kurang bagus) ini berujung akibat fatal sering memainkan laptop sambil colokan charger menancap ke laptop.

Hal ini sangat tidak diperkenankan pada saat bekerja atau menjalankan tugas, kecuali Anda memang berniat beli Laptop baru (kebanyakan duit).

Akan lebih baik jika Anda menunggu full baterainya terlebih dahulu barulah digunakan kembali. Apabila keseringan mengisi ulang baterai laptop sambil digunakan, maka potensi kerusakan bateri dan gampang rusak menjadi sangat besar.

Caratekno sangat menyarankan Anda perlu perhatikan Petunjuk ini dan ekstra hati-hati jika laptop Anda ingin awet dan tahan lama kecuali memang sengaja mau dirusak atau sudah ada budget beli laptop baru. Itu bebas terserah Anda.

Cara ini penting agar nantinya baterai pada laptop Anda tidak mengalami masalah, sehingga tetap dalam kondisi yang baik. Pergunakanlah laptop Anda dengan bijak dan kayak seperti halnya anggota keluarga!

5 Perkara Kecil Jadi Besar yang Bikin Baterai Laptop Boros 5 Perkara Kecil Jadi Besar yang Bikin Baterai Laptop Boros Reviewed by Ihsan on October 27, 2023 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.