5 Cara Mudah dan Gratis untuk Meningkatkan Skill Komputer Anda

Caratekno – Era modern dan serba canggih ini komputer suatu hal yang lazim ditemukan dimana saja untuk membantu dan mempermudah proses kerja ummat manusia.

Karena itu anda penting untuk menguasa kemampuan (skill) dibidang teknologi komputer. Anda harus paham apa saja hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) komputer dan aksesorisnya.

Anggap saja ini sekarang adalah kemampuan dasar dan wajib anda kuasai jika ingin lebih unggul.

Saat ini para karyawan yang diterima di perusahaan diutamakan yang memiliki kemampuan komputer baik operator atau teknisi. Maka itulah jika anda ingin melemar kerja segera kuasai ilmu komputer.

Nah, berikut 5 tips yang berhasil Caratekno rangkum untuk rekan tekno, apa saja?

1. Kenali apa yang ingin anda pelajari

Setelah anda identifikasi kemampuan apa yang ingin diupgrade dan mau dipelajari, segera dedikasikan waktu untuk menguasai ilmunya. Jika anda sedang mengincar pekerjaan coba lihat joc deskripsinya apa dulu, baru setelah itu cocokkan dengan kemampuan anda sekarang apakah sudah cukup atau kurang? nah begitu caranya.

Tips: Temukan bocoran deskripsi pekerjaan incaran anda, skill apa saja yang perlu anda kuasai.

Coba gali informasi belajar dan skill terkait pekerjaan dari forum dan networking anda yang relevan. Sebagai contoh anda ingin pekerjaan sebagai accounting, cari software apa yang digunakan, teknik apa yang sering digunakan, dan sebagainya.

Tidak yakin harus mulai belajar dari mana, coba petakan kembali skill yang lebih jelas, seperti desain grafis, input data, analisis, web developer, programmer, operator sebab kemampuan-kemapuan tersebut bergantung pada jenis kerjanya.

2. Mulai dari dasar dan yang paling mudah dulu.

Jangan sampai sudah belajar program komputer yang rumit ternyata cara menyalakan/mematikan komputer saja tidak tahu. Kan masalah ini! hehehe

Maksud saya mulailah dari hal sepele dulu, kemudian lanjut ke level berikutnya dan berikutnya hingga lebih rumit. Inilah fundamental belajar komputer yang benar.

3. Biasakan diri Anda dengan cara kerja komputer

Sudah dibicarakan sebelumnya fundamental belajar komputer adalah mulai dari dasar dulu, Lakukan secara terus menerus untuk belajar hal yang sama setiap hari, maka anda akan mudah menggunakan komputer dan tidak khawatir lagi.

4. Ambil peluang kursus online

Sekarang sudah sangat mudah dan banyak ditemukan kelas-kelas belajar komputer secara gratisan dan premium baik melalui kanal Youtube dan Website.

Segera temukan mentor belajar baik online atau offline, gabung dengan komunitas dan cari obroloan ringan yang bisa anda pelajari dari sana.

5. Terapkan pengetahuan komputer Anda

Nah, setelah kenyang dengan teori-teori belajar komputer saatnya praktekkan langsung tanpa harus selesai semua.

Sebab teori tidaklah berguna jika tidak dibuktikan dengan praktek komputer langsung. Coba terus dan jangan takut salah.

Perlu diinget seberapa kuat keinginan tujuan meraih cita-cita kerja impian, jangan sampai skill yang anda kuasai membuat anda salah tingkah nanti, Jujurlah pada diri sendiri level kemampuannya, jangan terlalu melebih-lebihkan agar mudah diterima kerja. Katakan apa adanya. Sedikit tips, carilah perusahaan yang memberikan tunjangan karir pendidikan, sehingga nanti anda bisa ambil peluang belajar lebih mendalam lagi sambil bekerja.

5 Cara Mudah dan Gratis untuk Meningkatkan Skill Komputer Anda 5 Cara Mudah dan Gratis untuk Meningkatkan Skill Komputer Anda Reviewed by Ihsan on October 08, 2021 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.