5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Caratekno – Saat menggunakan laptop sebagai perangkat super jinjing dan mudah dibawa kemana-mana tentu memiliki semua mouse internal yang disebut dengan pad sentuh (touchpad). 

Nah Touchpad laptop ini adalah perangkat tambahan input yang menyatu di dalam laptop yang digunakan untuk mengontrol dan menggerakkan kursor pada layar komputer, tanpa melalui mouse eksternal atau tetikus kabel. 

Pemilik laptop akan memakai gerakan jarinya untuk mengarahkan kontrol yang akan dimaukan pada layar laptop ditandai dengan perpindahan panah kursor. 

Perlu Anda ketahui posisi touchpad sendiri berada pada bagian bawah keyboard laptop. 

Seperti halnya input pada perangkat-perangkat pada umumnya, touchpad tak jarang juga akan mengalami masalah serius seperti gagal koneksi atau interaksi. Salah satuya touchpad yang tiba-tiba tidak berfungsi atau mengalami lag.

Penyebab lainnya kenapa touchpad laptop tidak bisa difungsikan karena bisa jadi tombol khusus touchpad tidak sengaja dinonaktifkan yang biasa ada di bagian keyboard atas berlogo tangan.

Jadi pastikan tombol ini tidak tersentuh, kecuali anda benar-benar tidak membutuhkan touchpad diganti dengan mouse wireless atau kabel.

Lalu caranya bagaimana mengatasi touchpad laptop yang tidak normal? Selengkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba. 

Langkah Pertama:

Nah, lanjut baca artikel dari CaraTekno ya?! Inilah caranya Silahkan Anda cek dulu tombol touchpad keyboard Anda Seperti ulasan sebelumnya, tombol touchpad keyboard tidak berfungsi bisa jadi karena tidak sengaja menonaktifkannya dengan tombol khusus. 

Adapun cara mengatasinya bisa Anda lakukan dengan cara tekan khusus pada keyboard kembali lewat kombinasi tombol keyboad. Biasanya tekan Fn + tombol fungsi. 

Hal Ini juga tergantung pada model, dan versi laptop Anda. Cabut seluruh mouse eksternal yang terhubung di laptop.

Langkah gampang lainnya yang mudah untuk bisa Anda lakukan dengan memperbaiki masalah touchpad yang tidak berfungsi di laptop yaitu dengan cara coba cabut cabut semua koneksi interface seperti mouse eksternal yang terhubung ke laptop.. 

Entah itu mouse yang terhubung melalui USB dan juga mouse Bluetooth. 

Beberapa laptop, yang memakai operasi sistem Windows dan macOS, mempunyai fungsi fitur otomatis menonaktifkan touchpad mouse eksternal terhubung dengan USB laptop.

Karena hal inilah yang menjadi penyebab utama touchpad pada laptop bisa berfungsi normal. Untuk memastikannya anda bisa coba, matikan laptop, cabut semua perangkat apapun serta aksesori yang tidak diperlukan yang terhubung, kemudian nyalakan kembali notebook atau netbook Anda.

Cek pengaturan touchpad di Windows Apabila Anda pengguna Windows, Anda bisa mengeceknya di pengaturan touchpad Windows.

Caranya: 

  • Cek pengaturan touchpad di Windows 10 Buka “Pengaturan”
  • Pilih “Device” Klik “Touchpad”
  • Cek pengaturan touchpad di Windows 11
  • Buka “Settings” Klik “Bluetooth & perangkat”
  • Pilih “Touchpad”
  • Jika Anda masih mengalami masalah, buka “Settings” > “Device” > “Mouse” dan klik “Additional Mouse Options”.

Jika langkahnya sesuai dengan petunjuk maka, Anda akan melihat tab yang berisi opsi seperti “Device Settings”, “Touchpad”, atau sejenisnya.

Lalu berikutnya aktifkan atau nonaktifkan touchpad sesuai kebutuhan. Kemungkinan inilah yang menjadi penyebab utama touchpad tidak berfungsi karena berada dalam mode nonaktif.

Coba aktifkan kembali dan periksa apakah touchpad berfungsi.

Cek apakah laptop mengalami lag atau hang saat komputer atau laptop mengalami lag bisa jadi hal ini yang menyebabkan touchpad ikut tidak berfungsi.

Cobalah untuk melakukan restart dengan mematikan dan menyalakan laptop kembali. Selanjutnya coba touchpad laptop Anda kembali.

Bisa jadi terdapat kabel yang rusak atau touchpad yang sudah aus. Dalam kondisi yang semisal ini, sangat direkomendasikan agar membawa laptop Anda ke service center atau menggunakan mouse eksternal saja, memang agak ribet sih.

Coba hubungi Service center Apabila setelah mencoba langkah-langkah sebelumnya touchpad masih saja tidak berfungsi, kemungkinan ada masalah pada hardware touchpad.

5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi 5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Reviewed by Ihsan on October 25, 2023 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.