Mengenal Fungsi Aplikasi CCleaner Pembersih Sampah Digital pada Komputer

Caratekno – Sampah memang menyebalkan bikin kotor ruangan, tidak sedap dipandang dan bau. Begitu pula dengan perangkat komputer yang banyak sampah software membuat komputer semakin tidak karuan kinerjanya.

Sampah digital tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja Anda harus segera tangani dengan cara membersihkan dengan perangkat lunak juga atau aplikasi.

Sebut saja aplikasi yang sangat mumpuni membersihkan sampah digital yaitu CCleaner.

CCleaner diketahui memiliki dua kegunaan utama

  • Pertama adalah untuk memindai dan menghapus file yang tidak berguna dan mengosongkan ruang.
  • Kedua, menghapus data pribadi seperti riwayat penelusuran Anda dan daftar file yang paling baru dibuka di berbagai program.

Singkatnya, fungsi CCleaner hampir sama seperti alat Pembersihan Disk bawaan Windows, yang mengosongkan ruang pada hard drive Anda dengan menghapus file yang tidak berguna seperti file sementara yang dibuat oleh program, file Internet sementara untuk Internet Explorer, log laporan kesalahan Windows, dan banyak lagi.

Anda dapat menjalankan CCleaner ini kapan saja untuk mengosongkan ruang disk pada komputer atau laptop Anda. Melansir dari ccleaner.com dan howtogeek.com, berikut informasi selengkapnya mengenai fungsi CCleaner yang menarik untuk Anda ketahui.

Mengenal CCleaner

CCleaner adalah alat pembersih dekstop yang dikembangkan oleh Piriform (perusahaan yang diakuisisi oleh Avast pada tahun 2017).

CCleaner adalah utilitas yang digunakan untuk membersihkan file yang tak diinginkan atau tak lagi digunakan dan entri Windows Registry yang tidak valid dari komputer.

CCleaner adalah salah satu pembersih sistem yang paling lama beredar di pasaran. CCleaner pertama kali diluncurkan pada tahun 2004.

Awalnya, ia dikembangkan untuk Microsoft Windows saja.

Tetapi pada tahun 2012, CCleaner versi macOS dirilis, disusul dengan versi Android yang rilis pada tahun 2014.

CCleaner adalah tools yang sedikit banyak berguna bagi perangkat Anda. Dan, CCleaner juga banyak merekomendasikannya untuk digunakan beberapa waktu ke belakang.

Meski demikian, perangkat ini bukanlah sesuatu yang sangat Anda butuhkan, namun tetap akan sangat membantu apabila Anda memilikinya.

Program-program itu seperti Microsoft Edge, Internet Explorer, Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, Windows Media Player, Google Toolbar, Netscape, Microsoft Office, Adobe Acrobat, McAfee, Adobe Flash Player, Sun Java, WinRAR, WinAce, WinZip dan GIMP, bersama dengan riwayat penelusuran, cookie, recycle bin, dump memori, fragmen file, file log, cache sistem, data aplikasi, riwayat formulir pelengkapan otomatis, dan berbagai data lainnya.

Fungsi CCleaner yang berikutnya mencakup

  • Pembersih registri untuk menemukan dan memperbaiki masalah di registri Windows, seperti referensi yang hilang ke DLL bersama,
  • Entri pendaftaran yang tidak digunakan untuk ekstensi file, dan
  • Referensi yang hilang ke jalur aplikasi. CCleaner 2.27 dan yang lebih baru
  • Menghapus ruang kosong MFT dari sebuah drive, atau seluruh drive.

Fungsi CCleaner juga dapat menghapus program atau mengubah daftar program yang dijalankan saat startup. Sejak versi 2.19, CCleaner dapat menghapus poin Pemulihan Sistem Windows.

CCleaner juga dapat memperbarui program dan driver komputer yang diinstal secara otomatis.

CCleaner juga memiliki browser web sendiri yang disebut CCleaner Browser.

Browser CCleaner disertakan untuk diinstal secara opsional di penginstal CCleaner, tetapi juga dapat diinstal dari situs webnya.

CCleaner Browser menghindari iklan, menghindari pelacakan, memiliki keamanan bawaan terhadap semua jenis malware, phishing, unduhan berbahaya, dan juga menghindari elemen yang tidak diinginkan seperti pop-up atau cache browser yang berlebihan.

Sumbernya: Dengan naskah editorial sendiri Fungsi CCleaner untuk PC

Mengenal Fungsi Aplikasi CCleaner Pembersih Sampah Digital pada Komputer Mengenal Fungsi Aplikasi CCleaner Pembersih Sampah Digital pada Komputer Reviewed by Ihsan on June 30, 2022 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.