Sejarah Penemuan Lampu Senter

Caratekno – Pada tahun 1890 Perusahaan American Ever-Ready, founder Condrat Hubert yang berasal dari kota New York menemukan sebuah alat penerangan portable dengan dilengkapi baterai kering sebuah penemuan baru di jaman itu.

Alat tersebut dikenal lampu senter atau flashlight jaman sekarang.

Hubert melakukan percobaan dengan berbagai alat dan bahan yang menghasilkan listrik hingga berhasil dan mematenkan Eveready lampu senter pertama tahun 1898.

Lampu senter Hubert terbuat dari bahan karton dan tabung fiber, lampu bohlam dan reflektor.

Karena pada awal mula dibuat, lampu bohlam yang kuno dan baterai yang lemah nyala lampu senter ternyata redup dan boros listrik.

Kemudian beberapa dekade kedepan era teknologi tahun 1970 bentuk lampu senter sudah mengalami perubahan signifikan, mulai dari bentuk, warna, dan ukurannya. Memiliki beragam fitur dan kegunaan.

Image credit flashlightmuseum.com

Berikut Timeline sejarah penemuan lampu senter

1898 – Lampu senter Ever Ready pertama kali diproduksi
1902 – Merek dagang Ever Ready pertama dikenalkan sebagai produk lampu senter
1906 – Nama merek Ever Ready kemudian di ubah menjadi satu kata Eveready

1910 – Eveready mengawali produk lampu bohlam tungsten
1926 – Eveready sebagai lampu senter pertama dengan gantungan kunci seperti model sekarang, memungkinkan pemakai bisa menggantung dan menyimpan dimana saja
1937 – Eveready mengenalkan produk senter dengan bohlam pre-focused, yaitu dilengkapi reflektor cahaya bohlam sorotan senter semakin efisien dan lebih terang

1937 – Eveready bekerjasama dengan V.K. Song & Co (Sonca) merakit lampu senter berbahan alumunium

1966 – Eveready mengeluarkan produk model baru berbahan thermoplastic dengan model, bentuk dan ukuran yang lebih beragam, produk masal juga lebih efisien

1967 – 1 tahun kemudian lagi-lagi Eveready membuat terobosan lampu senter yang baterainya bisa diisi ulang, pemakai bisa bekerja lebih totalitas tanpa kendala mendapatkan supplai baterai baru.

1968 – Eveready mengenalkan pertama kali lentera flourescent yang lebih efisien, dimana saat itu permintaan lampu bohlam sudah dianggap kuno mulai berkurang.

1970 – Lampu senter anti-air pertama dikenal oleh Eveready, senter bisa digunakan disegala medan dan cuaca serta lebih tahan lama.

1975 – Eveready mengenalkan lampu senter harga ekonomis seperti dikenal lampu senter jaman sekarang.

1983 – Eveready mengenalkan senter flourescent yang lebih efisien dimana penggunaan bohlam sudah berkurang

1984 – Eveready mengenalkan pertama kali senter 2D Halogen super terang lebih terang daripada lampu vacum tradisional bahan Krypton atau Xenon.

1986 – Eveready Squeeze mengenalkan senter fungsional dengan ukuran kecil, compatible cocok untuk dibawa dalam tas travel.

1996 – Energizer mengenalkan lampu LED pertama sebuah penyempurnaan dari generasi senter mungil sebelumnya. Sumber cayaha lampu LED dikenal lebih hemat, daya tahan lama, dan tidak perlu ganti-ganti lampu.

1997 – Kembali Energizer memperkenalkan lampu dengan merek dagang DoubleBarrel

1998 – Eveready merayakan ulang tahunnya yang ke-100 sebagai leadership produk lampu portable

2006 – Energizer mengenalkan produk dengan label Weather Ready sebuah lampu emergency yang tahan segala cuaca dan segala medan cuaca.

Weather Ready menawarkan fitur tahan lebih lama dari lampu emergency umumnya, lebih terang jarak pandang cahayanya serta ukuran baterai yang lebih besar.

Tahun yang sama pula Energizer menelurkan produk handalan baru ke market dengan label Energizer Hard Case Work, Energizer Hard Case Profesional, dan Energizer Hard Case Tactical. Masing-masing lini produk menjangkau target segmen pasar yang lebih khusus (segemen hardware, do-it-yourself, dan taktikal).

2007 – Terus berinovasi kembali Energizer mengenalkan baterai Energizer E2 Lithium khusus lampu senter untuk pegiat outdoor ekstrem yang dirancang untuk performa maksimal, tersedia baterai ukuran AA dan AAA.

2010 – Energizer meluncurkan battery produk baru tahan lama serta desain kemasan yang lebih baik

2013 – Energizer mengenalkan Light Fusion Technology sebuah lampu peralatan portable unik bentuk flat tipis tidak seperti senter pada umumnya.

2014 – Energizer dengan model Energizer Hard Case Professional adalah model senter yang terberat dan besar, cahaya LED lebih terang, tahan lama, dirancang untuk segala medan dan pekerjaan menantang lainnya.
unveils the toughest flashlight you will ever need.

Referensi: Energizer Flashlight History

Sejarah Penemuan Lampu Senter Sejarah Penemuan Lampu Senter Reviewed by Ihsan on June 02, 2020 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.