Cara Bikin Charger Massal Baterai Lithium Ion Jenis 18650

Anda memiliki banyak baterai jenis 18650, biasanya baterai ini digunakan untuk lampu senter SWAT/Police, rokok elektrik, baterai laptop, mainan remote control, mainan airsoft, dan lain sebagainya.

Karena karakteristiknya menghasilkan tegangan DC 3,7 Volt jadi tidak bisa menggunakan charger baterai seperti jenis Ni-Cd atau Ni-MH yang ukuran AA atau AAA tegangan 1,2V – 1,5V. Tentu beda sekali alat chargernya

Artikel CaraTekno kali akan kembali mengulas charger khusus jenis 18650 menggunakan modul charger TP-4056 yang mudah dibeli di toko terdekat atau bila kesulitan anda tanya saya dimana belinya.

Proses pengisian baterai tergantung besar kapasitasnya baterai sendiri kurang lebih waktu 1-3 jam.

Modul yang digunakan hanya bisa digunakan 1-by-1 saja (1 modul charger untuk 1 baterai 18650).

Modul ini memang dirancang khusus untuk isi ulang sel lithium, jika dirumah ada banyak baterai jenis ini sebaiknya jumlah modulnya disesuaikan dengan banyak baterainya.

Kalau ada 5 baterai maka modul chargernya juga 5, agar sekali isi ulang kelima baterainya full bersamaan.

Modul dan tempat charger dirangkai di atas papan bidang.

Oia. ada tambahan nilai plusnya modul ini, ibarat seperti tangki air bila tersisi penuh maka saklar otomatis pemutus aliran listrik pompa mesin air tidak meluber tumpah.

Nah, begitu juga modul ini sudah dilengkapi dengan auto charging proteksi, sangat aman terhindar dari kerusakan. 

Setelah menyiapkan modul charger skill selanjutnya yang dibutuhkan adalah menyolder yang benar agar modul tidak cepat rusak karena.

Perhatikan benar-benar letak polaritas baterai dan modul jangan sampai terbalik dapat menyebabkan kerusakan modul bahkan baterai meledak.

Jika pengkabelan jalur rangkaian sudah disolder Anda pastikan sudah 100% benar tidak keliru. 

Nyari Charger Chat ke WA

Selanjutnya proses pengetesan

Silahkan siapkan kabel charger micro USB untuk proses charging modul TP-4056 beserta power supply 5V USB 2-3A. Reff

Cara Bikin Charger Massal Baterai Lithium Ion Jenis 18650 Cara Bikin Charger Massal Baterai Lithium Ion Jenis 18650 Reviewed by Ihsan on June 15, 2020 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.