Charger Aki

Kebanyakan dari kita melupakan baterai sepeda motor, mobil, truk dalam jangka waktu lama tidak dipakai.  Aki yang ditinggalkan lama akan berakibat baterai kering dan kosong.

Secara tidak langsung sering menyalakan kendaraan akan merawat aki kering (SLA) dan memperpanjang usia pemakaiannya.

Sel-sel baterai akan terus berfungsi bila sering diberi muatan-muatan listrik dan pengosongan muatan secara berulang-ulang.

Mengenal Jenis Charger Baterai

Trickle Chargers – Pengisi daya baterai akan secara perlahan dan mantap mengisi ulang baterai 6V dan 12V untuk mengisi kembali ke muatan penuh, yang sangat bagus untuk baterai yang habis. Namun, pengisi baterai trickle tradisional sering memerlukan operasi manual dan tidak tahu kapan harus berhenti mengisi daya, Kekurangan jenis charger ini ialah melanjutkan sampai kabel charger dicabut atau terputus.

Membiarkan baterai yang terhubung ke pengisi daya trickle terlalu lama dapat menyebabkan pengisian daya berlebihan, menyebabkan kerusakan pada baterai. Beberapa pengisi daya trickle ada fungsi otomatis untuk beralih ke mode-float setelah baterai terisi penuh.

Float Chargers – Tidak seperti trickle charger,jenis ini tidak mengisi daya baterai secara langsung melainkan hanya perawatan saja. Meskipun tidak dapat mengisi ulang baterai yang mati, namun charger ini dapat digunakan dan kiri terhubung ke baterai tanpa risiko pengisian daya yang berlebihan. Type charger ini akan mengambang secara otomatis mati ketika baterai sudah terisi penuh.

Multi-step atau Smart Chargers – Pengisi daya ini sepenuhnya otomatis. Charger ini akan melalui serangkaian langkah untuk mendiagnosis kebutuhan baterai dan kemudian mengisinya sesuai kebutuhan aki saja, memungkinkan pengguna untuk hanya memasangnya sewaktu-waktu, memastikan ada koneksi yang baik secara otomatis.

Menggabungkan karakteristik dari pengisi daya trickle dan float, serta kemampuan untuk melakukan penyesuaian “pintar” selama proses berlangsung, charger ini dapat memulihkan baterai yang sangat kosong dan menjaga tingkat voltase yang aman tanpa risiko pengisian daya yang berlebihan atau merusak baterai.

Pengisian Mudah Dilakukan

Smart Charger seperti merek charger SunPro ®, merupakan charger multi-step yang menawarkan tingkat kenyamanan, kemanan dan kecepatan untuk proses pemeliharaan baterai jenis SLI atau SLA. Dengan secara teratur menghubungkan mobil, truk, sepeda motor, atau kendaraan powersport lain ke dalam salah satu pengisi daya ini, Anda akan dapat memaksimalkan kinerja baterai Anda dan memperpanjang masa pakainya.

Menggunakan komponen aktif dan canggih, pengisi daya ini dengan cepat mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan baterai Anda, kemudian mulai mengisinya dengan kecepatan hampir dua kali lipat dari apa yang dapat dilakukan oleh pengisi linear lainnya. Selanjutnya, mereka kompatibel dengan baterai 6V dan 12V, dirancang untuk keamanan, dapat melindungi baterai Anda terhadap kelainan yang tak terduga dan menawarkan pemeliharaan yang dioptimalkan untuk kondisi cuaca dingin dan panas.

Bersiap untuk Mengisi

Sebelum kita masuk ke cara mengisi baterai mobil atau kendaraan lain di rumah, Anda harus tahu cara mempersiapkan untuk mengisi daya baterai.

Sangat mudah sebenarnya untuk proses pengisian baterai secar manual. Bahkan sebelum Anda memulai, jika Anda harus mengeluarkan baterai dari kendaraan untuk mengisi daya, pastikan Anda memiliki peralatan yang memadai untuk pekerjaan itu. Beberapa baterai mudah. Namun, beberapa berada di bawah atau di spatbor dan beberapa bahkan berada di bagasi atau di bawah kursi tergantung pada merek dan model kendaraan Anda.

Cara Jumper Baterai Mobil

PERHATIAN: Pastikan semua aksesori mati dan lampu, termasuk lampu interior, mati. Jika Anda memiliki sesuatu di dalamnya, itu dapat menyebabkan baterai melengkung saat Anda sedang bekerja dengannya.

Terlebih dahulu lepaskan kabel negatif atau ground terlebih dahulu. Warna kabel Ini selalu warna hitam kecuali seseorang mengganti kabel dengan warna yang salah. Jika Anda melihat di bagian atas baterai, Anda dapat melihat mana yang – kabel ground akan memiliki tanda negatif (-) dan daya atau kabel positif akan memiliki tanda plus (+).

Bersihkan terminal baterai dengan sikat pembersih terminal dan campuran soda kue dan air untuk menetralisir asam baterai. Jika terminal baterai dan jepitab kabel memiliki banyak penumpukan asam, pakailah pelindung mata dan masker sehingga korosi di udara tidak akan menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda. Jangan menyentuh wajahmu sampai setelah kau mencuci tanganmu.

Jika baterai memiliki tutup yang dapat dilepaskan, hati-hati saat cungkil tutup dan periksa ketinggian air. Jika ada sel yang terlihat rendah, tambahkan air suling saja untuk menambahkannya dan berhati-hati untuk tidak memenuhi isi baterai. Sebagian besar baterai saat ini “bebas perawatan” sehingga Anda tidak akan dapat membukanya untuk memeriksa tingkat asam.

Menghubungkan Pengisi Baterai

Ikuti petunjuk untuk pengisi daya khusus Anda. Instruksi dasar untuk sebagian besar pengisi daya aki meliputi:

  • Pastikan pengisi baterai mati.
  • Kaitkan kabel positif pada pengisi daya ke terminal positif pada baterai.
  • Kaitkan kabel negatif pada pengisi daya ke terminal negatif pada baterai.
  • Atur pengisi daya ke saklar pengisian paling lambat.
  • Hidupkan pengisi daya dan atur timer.
  • Saat melepas pengisi daya, matikan dulu, lalu lepaskan kabel positif kemudian negatif.

Berapa Lama Anda Harus Mengisi Baterai Mobil?

Jika tegangan baterai di bawah 11,85 dan pengisi daya mengeluarkan nominal muatan 5-Amp, akan diperlukan waktu sekitar 12 jam untuk mengisi penuh baterai dengan 400 hingga 500mA. Baterai yang sama akan memakan waktu sekitar 6 jam untuk terisi penuh jika laju pengisian daya adalah 10 amp. Semakin rendah tegangan rangkaian terbuka dalam baterai, akan semakin lama waktu yang diperlukan untuk mengisi daya baterai.

Jika sel-sel baterai telah buruk, baterai tidak akan memiliki muatan sehingga tidak akan terisi dengan baik. Dalam hal ini, bawalah baterai atau kendaraan Anda dengan baterai Anda ke Pusat Perawatan Mobil setempat sehingga perbaikan lebih jauh dapat ditangani oleh ahlinya.

 

Untuk memudahkan Anda cara mengisi ulang bateri atau membuat rangkaian charger aki atomatis sendiri, bisa lihat panduan di bawah

BAB 1

TIPS MEMILIH CHARGER AKI

Kini tersedia banyak peralatan charger aki kering atau basah yang tegangannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kebutuhan sumber energi alternatif seperti sel tenaga surya, tenaga angin, dan air membutuhkan tenaga penyimpan cadangan berupa battery yang bisa habis sewaktu-waktu bila tidak diisi ulang.

BACA ARTIKEL >

BAB 2

PRINSIP KERJA CHARGER AKI

Punya aki bekas nganggur tidak terpakai di rumah daripada tidak digunakan mending dimanfaatkan buat yang lain. Bagaimana jika aki yang mau digunakan tersebut drop alias tegangannya tidak semestinya (di bawah 12 VDC), nah artikel ini saya suguhkan kepada rekan tekno semua untuk membuat charger aki otomatis yang mudah cara pembuatannya.

BACA ARTIKEL >

BAB 3

DIY CHARGER OTOMATIS

ECU (Electroni Control Unit) merupakan otak kendaraan untuk mengontrol tegangan suplai mulai dari pengapian, suplai bahan bakar, kelistrikan mobil, sistem cetral lock, dan sebagainya.

Kondisi aki yang prima sangat penting untuk menjaga sistem ECU ini tetap optimal fungsinya untuk klakson, lampu, audio-video, dan perangkat elektronik lainnya.

BACA ARTIKEL >

BAB 4

KUMPULAN RANGKAIN CHARGER AKI

Untuk battery yang lemah sebaiknya pergunakan peralatan pengisian yang telah direkomendasikan, sebab bila tidak bukannya umur baterai panjang justru mempercepat rusaknya.
Aki kering atau battery kering dikenal dengan istilah SLA (Sealed Lead Acid) biasa digunakan pada motor keluaran terbaru, UPS, dll selain praktis dan tahan lama battery juga tidak tumpahnya cairan bahaya baterai. Terdapat 2 jenis tegangan keluaran battery 6V dan 12V sedangkan untuk arus tergatung kebutuhan mulai 6000mAh.

BACA ARTIKEL >

You May Also Like

About the Author: caratekno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.