Cara Mengisi Ulang Baterai Lithium-Ion Type 18650 Menggunakan Modul Charger TP-4056

1 x Modul TP4056 lithium battery charger 5V 1A

TP4056 adalah modul untuk mengisi baterai isi ulang Lithium (Li-ion rechargeable battery) 1 Ampere yang dilengkapi dengan 2 lampu indikator, masing-masing menunjukkan status saat mengisi ulang (LED merah) dan saat baterai sudah terisi penuh (LED biru).

Modul ini menggunakan IC TP4056 yang merupakan IC pengisi ulang linear untuk baterai lithium-ion sel tunggal dengan arus dan tegangan yang konstan yang dilengkapi dengan sistem pengaturan suhu (thermal regulation). Tegangan pengisian konstan di 4,2 Volt (akurasi 1,5%), ideal untuk digunakan mengisi ulang baterai bertegangan 3 ~ 3,7 Volt.

Fitur lainnya dari IC ini adalah pemantau arus, pengunci tegangan kurang (under-voltage lockout), pengisi ulang otomatis, dan dua status pin yang mana pada modul ini dihubungkan dengan LED indikator.

Modul ini dapat digunakan untuk mencharge 1 baterai lithium maupun beberapa baterai lithium yang disusun secara pararel.

 

Simak terus artikel ini ya.. oia nanti beberapa video eksperimen akan saya bagikan berupa video di channel YouTube jangan lupa subsribe klik ini untuk mensupport blog dan channel CaraTekno agar lebih semangat berbagi dan berkarya tentang ilmu-ilmu pengetahuan lainnya.

OK lanjut ya

 

 

Spesifikasi:

  • Input: micro USB (kabel output HP pada umumnya)
  • Tegangan input: 4.5-5.5V
  • Tegangan stop cas penuh: 4.2V
  • Arus cas maximum: 1000mA / 1A
  • Output: Bat+ and Bat- (tidak boleh terbalik)
  • Terdapat 2 lampu indikator:
  • merah – sedang cas
  • biru – sudah penuh

Cara pakai:

1. Micro USB dihubungkan ke output charger handphone
2. Kutub Baterai Li-Ion dihubungkan ke B+ untuk kutub positif dan B- untuk kutub negatif

Peringatan:

Jika output keluaran dipasang terbalik pada kutub +/- baterai yang akan dicharge dapat merusak IC chip modul ini.

Cara Mengisi Ulang Baterai Lithium-Ion Type 18650 Menggunakan Modul Charger TP-4056 Cara Mengisi Ulang Baterai Lithium-Ion Type 18650 Menggunakan Modul
Charger TP-4056 Reviewed by Ihsan on August 22, 2017 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.