Rangkaian Power Supply Universal Menggunakan IC 78xx

Mungkin kali ini beberapa artikel kedepan yang akan saya bahas di caratekno adalah seputar rangkaian power supply saja.

Kenapa?

Sebab dari pantauan trafik terbesar adalah power supply, power bank, dan lampu led. Nah, yang akan saya kedepankan dahulu yaitu power supply dulu ya.. artikel lainnya harap bersabar.

Rangkaian power supply ini sudah seolah menjadi rangkaian pokok power supply siapapun pasti pernah membuatnya.

Power supply dari keluarga seri 78xx ini sangat digemari anak sekolah teknik elektronika dan perguruan tinggi teknik.

Mengingat pentingnya rangkaian ini sangat dianjurkan saat perakitan bagi pemula harus didampingi oleh seniornya atau yang sudah paham ilmu elektronika praktis.

Bagian inti power supply terdiri dari jembatan diode rectifier, stabilator tegangan seri 78xx dan jenis transistor universal PNP.

Beban arus yang sanggup di suplai maksimal 5A untuk transformatornya. Untuk pengaturan arus output sebesar 1A dilakukan oleh transistor pengatur kestabilan tegangan kode fisik TO-220 dengan beban kerja komponennya sebesar 200mA.

Berikut gambar rangkaiannya:



Agar transistor dan komponen stabilator tegangan berfungsi dengan baik tegangan keluaran trafo wajib di atas 4V. Kapasitor C1 ini yang sekaligus mengatur besar output arusnya. Silahkan gunakan kapasitor 1A/1000uF sedangkan untuk arus 5A anda gunakan nilai kapasitansi 4700uF.

Sangat dianjurkan kedua komponen transistor dan IC dipasangkan dengan heatsink alumunium tebal agar tidak cepat rusak.
Rangkaian Power Supply Universal Menggunakan IC 78xx Rangkaian Power Supply Universal Menggunakan IC 78xx Reviewed by Ihsan on July 09, 2017 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.