Cara Mengganti Baterai Power Bank yang Sudah Nge-drop

Banyak rekan caratekno yang masih bingung, bertanya ke saya ketika akan membeli modul power bank DIY jenis baterai yang digunakan untuk modul powerbank buatan sendiri.

Jawab:
Baterai yang digunakan jenis Li-ion tegangan 3,7 Volt kapasitas arus 600-6600mAH yang bisa diisi ulang seperti battery ponsel umumnya.

Jenis baterai li-ion ini ada yangbentuk bulat (type 18650) biasa digunakan untuk senter polisi, r*k*k elektrik, baterai laptop, dan lampu emergency.

kalau bentuk pipih datar biasa digunakan pada ponsel/ smartphone Anda bisa menggunakan salah satunya atau bahkan bisa digabung keduanya dengan tetap menjaga tegangan stabil di 3,7V

Nah, untuk mengganti baterai powerbank yang sudah lemah anda bisa mengganti dengan mengambil baterai bekas laptop ukuran 18650 yang tidak digunakan lagi. Anda bisa membuka pembungkus baterai lama dan ambil isi baterainya seperti nampak gambar di bawah ini.

Tips:

  • Agar pemasangan tidak terjadi kesalahan perhatikan kutub (+) dan kutub (-) baterai dan pasanglah baterai secara seri jangan dipasang secara paralel. 
  • Kapasitas baterai bisa ditambahkan berapapun banyaknya baterai asal tegangan tetap 3,7V – 4,3V
  • Jika baterai 18650 sulit ditemukan, silahkan ganti dengan baterai ponsel 3,7V semua type battery.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *