Cara Memasang Kabel Listrik 220V Untuk 1 Lampu dengan 2 Buah Saklar Secara Terpisah

Ada pertanyaan bagaimana cara memasang satu lampu dengan dua buah saklar apabila dipasang ditangga rumah bagian atas dan bawah?

Sebenarnya ini pertanyaan yang mudah dijawab tapi rada rumit juga dijelaskan. Tidak semua orang bisa membuat jalur pengkabelan kelistrikan seperti ini.

Saya coba memberikan penjelasan singkat melalui gambar biar lebih jelas dan mudah.

credit image www.electricalonline4u.com

Nampak jelas sekali penjelasan dari gambar di atas tanpa perlu saya jelaskan lagi sebenarnya.

Tapi untuk memperjelas lagi, coba saya uraikan singkat saja ya.

Begini cara kerjanya 2 saklar 1 lampu

N = kabel ground/ netral warna Hitam
L = kabel phase warna merah

PERHATIAN: Kabel N dan L ini terpisah jangan sampai hubung singkat, tegangan 220VAC. Anda bisa mencari kabel L ini dengan obeng testpen. Yang akan kita otak-atik adalah kabel merah/phase.

Switch kita sebut saklar 1 di bawah dan saklar 2 di atas, saat bapak ingin naik ke atas melalui tangga lampu keadaan mati, kemudian Bapak menyalakan saklar 1 maka lampu ON lampu akan nyala.

Setelah bapak sampai di lantai atas barulah ingin mematikan lampu tangga agar hemat listrik, tanpa harus turun untuk matikan lampu di saklar 1, beliau cukup menekan saklar 2 posisi OFF maka lampu akan padam.

Sistem ini bisa diterapkan ditempat apa saja yang membutuhkan dua saklar jarak jauh dengan sebuah objek listrik (lampu, peralatan elektronik rumah tangga, dll)

Semoga artikel singkat, jelas, padat, sederhana, mudah, praktis, dan ngasal ini bisa membantu Anda memasang peralatan kelistrikan dirumah tanpa harus memanggil tukang listrik ya… Sukses

You May Also Like

About the Author: caratekno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.