Mudahnya: Dual Boot Windows-Linux

Windows 10 bukanlah satu-satunya sistem operasi yang bisa anda installa di komputer. Linux juga dan dioperasikan hanya dari USB drive tanpa modifikasi OS yang sudah berjalan, tetapi anda dapat menginstalla di PC digunakan bersamaan seperti pada dua komputer.

Install Linux di samping Windows sebagai dual boot system bisa memberikan pilihan OS komputer sesuai keinginan anda. Kebanyakan user idealnya operasikan Linux setelah kemudian menginstall Windows hanya dengan reboot sistem.

Image: pcworld.com
Selalu install Linux setelah install Windows
Jika menginginkan dual boot, waktu yang tepat untuk installa Linux sebaiknya setelah install Windows. Jadi sebaiknya jika harddisk masih kosong lakukan installa Windows kemudian install Linux.

Ketika Anda menginstal Linux setelah Windows, installer Linux tahu bagaimana berurusan dengan Windows, mengubah ukuran partisi, serta menentukan boot loader dengan opsi yang memungkinkan Anda untuk memilih Windows pada saat booting.


Bootloader menunjukkan kedua Linux dan Windows pilihan pada sistem dual-boot.
Ketika Anda menginstal Windows setelah Linux, Windows mengabaikan Linux sebagai opsi kedua, tidak tahu bagaimana untuk mengubah ukuran partisi, serta menimpa Linux boot loader dengan sendirinya. Anda harus memperbaiki sistem Linux boot loader sebelum Anda dapat boot kembali ke sistem Linux Anda lagi. Ubuntu wiki memiliki petunjuk untuk memperbaiki boot loader Anda, jika itu diperlukan. Pastikan Anda hanya menginstal ulang Linux, juga. Tapi sebaiknya penginstallan Linux setelah Windows.

Cara mengatur sistem dual boot
Proses instalasi dual-boot cukup sederhana dengan distribusi Linux modern. Ini hanya seperti menginstal sebuah distribusi Linux pada umumnya, Anda akan melihat pilihan tampilan yang begitu mudah untuk setup.

Pertama, memilih distribusi Linux Anda. Download dan membuat media instalasi USB atau burning ke DVD. Boot pada PC yang sudah terpasang Windows Anda mungkin perlu tenggang waktu dengan pengaturan Boot Aman pada komputer Windows 8 atau Windows 10. Menjalankan installer, dan ikuti petunjuk. Pastikan untuk memilih opsi yang menginstal sistem Linux secara bersamaan Windows, atau memilih opsi partisi manual dan membuat partisi Linux bersama yang Windows jika Anda merasa nyaman dengan itu. Jangan memilih opsi yang akan menimpa sistem Windows dengan Linux menjadi satu yang mengakibatkan Windows rusak.


Misalnya, installer Ubuntu menawarkan "Install Ubuntu bersama Windows" pilihan yang ditawarkan menu saat instalasi LINUX. Anda harus memilih berapa banyak ruang kapasitas cadangan untuk sistem Linux Anda. Biasanya, Anda akan mengubah ukuran partisi Windows Anda untuk membuat ruang kapasitas untuk Linux, dan setiap ruangan Anda mengalokasikan untuk Linux akan diambil dari Windows. Terserah Anda berapa banyak ruang yang Anda inginkan untuk Windows dan Linux-jika Anda hanya menggunakan Linux, untuk ukuran ini mungkin tidak membutuhkan ruang besar. Kecuali, jika Anda berencana untuk menginstal banyak game Steam atau menggunakannya sebagai sistem utama Anda, maka ukurannya harus diperbesar lagi.

Pada poin ini, installer Linux harus cukup baik dan mampu mengubah ukuran partisi Windows NTFS tanpa merusaknya. Tapi hal yang penting agar anda selalu backup file penting Windows Anda dalam apa pun agar hal buruk tidak terjadi. Tentu saja, installer Linux hanya akan dapat mengubah ukuran partisi Windows Anda untuk membuat ruang jika partisi Windows memiliki jumlah yang layak ruang bebas di atasnya. Jika Anda memiliki PC dengan beberapa hard drive, Anda juga bisa hanya meninggalkan Windows yang diinstal pada salah satu hard drive dan menginstal Linux yang lain hard drive yang terpisah, itu akan lebih baik. Tetapi satu harddisk pun tidak jadi soal karena Windows dan Linux bisa bersamaan jika dilakukan instalasi yang benar.


Memilih sistem operasi Anda dan berbagi file
Beralih bolak-balik antara sistem operasi secara sederhana. Hanya reboot komputer Anda dan Anda akan melihat menu boot. Gunakan tombol panah dan Enter untuk memilih Windows atau sistem Linux Anda. Ini akan muncul setiap kali Anda boot komputer Anda, meskipun sebagian besar distribusi Linux boot entri default setelah sekitar sepuluh detik jika Anda tidak menekan tombol apapun. Jika Anda memiliki komputer modern dengan speedy solid-state drive, pengalihan antara Linux dan Windows harus cepat.

Linux memberikan Anda akses mudah ke file Windows Anda, dan Anda akan melihat partisi Windows Anda muncul di file manager Linux desktop Anda sehingga Anda dapat dengan mudah menelusuri dan mengakses file Windows Anda. Sebaliknya, Windows tidak menyediakan akses mudah ke file sistem Linux. Kebanyakan distribusi Linux menggunakan sistem file ext4, sehingga Anda akan memerlukan utilitas pihak ketiga yang mendukung sistem berkas ext4 pada Windows jika Anda ingin mengakses sistem file Linux dari Windows.

Sebuah konfigurasi dual-boot juga penting untuk gamer PC yang ingin menjalankan Linux. Setiap kali Anda menemukan sebuah permainan yang hanya mendukung Windows, Anda hanya dapat me-reboot untuk bermain di Windows dengan kinerja maksimum tanpa diperlukan tweaking. Semoga informasi sederhana ini bermanfaat dan membantu.
Mudahnya: Dual Boot Windows-Linux Mudahnya: Dual Boot Windows-Linux Reviewed by Ihsan on August 21, 2015 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.