Cara Upgrade Frimware TP-LINK Wireless TL-MR3220

Sejak beli pertama kali bulan februari 2014 kemarin baru kepikiran sekarang ini saat artikel ini di buat untuk upgrade Wireless Router di ru... thumbnail 1 summary

Sejak beli pertama kali bulan februari 2014 kemarin baru kepikiran sekarang ini saat artikel ini di buat untuk upgrade Wireless Router di rumah saya. setelah saya cek merujuk situs resminya TP LINK ternyata upgrade firmwarenya sudah terlewati dua kali release update itu artinya firmware wireless saya sudah jadul.

tplink

Saya pilih TL-MR3220 3G / 3.75G Wireless Router N sebab yang saya butuhkan koneksi langsung device dengan semua modem 3G/4G GSM/CDMA sehingga 1 modem-1pulsa untuk semua perangkat/gadget saya yang ada di rumah, cukup murah dan hemat mengingat pekerjaan saya memang sangat membutuhkan koneksi internet. Dengan menghubungkan modem UMTS / HSPA / EVDO USB ke router, hotspot Wi-Fi langsung siap dipakai kalau belum yakin silahkan cek situs resmi TP-LINK type ini.

 

image

Oke langsung saja ke pembahasan inti cara upgrade firmware type N ini

  • Pastikan terlebih dahulu versi hardware dengan sofware caranya lihat bagian barcode belekang dengan website download. download firmware di sini. Kesalahan ini dapat menyebabkan tidak berlakuknya garansi pabrik.
  • Setelah download firmware dari situs resmi, ekstrak filenya sebesar 3.5MB
  • JANGAN upgrade firmware via koneksi wireless
  • JANGAN matikan power supply perangkat dan kabel Ethernet sebelum selesai upgrade
  • Backup setting database, untuk antisipasi bila error

Step 1:

Login ke perangkat TP-LINK seperti biasa ketika di address bar di Google Chrome, Firefox, Internet Explore http://192.168.0.1 UserName: admin dan password: admin secara default.

image

Step 2:

System Tools –> Firmware Upgrade, kemudian klik tombol Browse pilih versi firmwware terbarunya di dalam folder.

image

Step 3: Klik tombol Upgrade, Proses upgrade memakan waktu kurang lebih 3 menit, jika sukses di perangkat akan reboot otomatis.

Step 4: Setelah reboot perangkat sukses, klik Status dan lihat versi terbarunya

image

Step 5: Sangat disarankan utnuk melakukan restorasi ke model pabrik untuk merasakan efeknya. Klik System Tools –> Factory Defaults, kemudian klik Restore

image

Step 6: Selesai…

1 comment

Silahkan komentar yang baik ya...!

Temukan ILMU TEKNO lainnya. Jangan sampai kelewatan, daftarkan emailmu disini: GRATIS Ebook 30 LED Project

* indicates required