Cara Membuat Charger USB Portable Menggunakan Battery 9V

Tak terelakkan lagi kebutuhan hampir semua orang akan butuhnya charger portable untuk menyertai kegiatan di luar rumah mereka. Gadget seolah kebutuhan pokok yang tidak akan ada habisnya untuk dikonsumsi, atas dasar inilah saya mencari ide untuk mencoba ide sederhana yang bisa bermanfaat untuk anda gadget lover.

Harga sebuah charger portable atau umum disebut dengan power bank sangatlah mahal untuk sebagian orang, tidak semua bisa merogoh koceknya, dengan artikel ini saya harap anda tidak perlu khawatir lagi ya bepergian jauh keluar rumah. Anda bisa setiap saat charger iphone, android, atau smartphone anda… sampai puas.

OK, lanjut saja ya. tanpa panjang lebar berikut komponenya yang perlu anda siapkan

  • Type A Female USB port
  • Lemparan papan PCB sekupnya
  • IC LM7805
  • Resistor 160 ohm (optional)
  • C1 100uF/ 50v
  • C2 0.1
  • Led 2,2v 240mA (optional)
  • 9v battery clip
  • Switch ON/OFF

Perhatikan gambar rangkaian dibawah ini, gambar rangkaian menggunakan saklar (sw) dan menggunakan led indikator berwarna hijau.

 Atau anda bisa tentukan pilihan tanpa menggunakan keduannya, sehingga gambar rangkaian tampak terlihat simple sekali

Tempatkan komponen seperti terlihat pada rangkaian di atas ya… 

Setelah pemasangan komplit hasil bentuknya terlihat kecil dan bisa dicangking kemana saja tanpa banyak makan tempat bukan. Bila anda masih bingung jangan sungkan konsultasikan dengan saya ya…

Instruksi lengkap Cara Membuat Charger USB Portable Menggunakan Battery 9V, download klik disini

You May Also Like

About the Author: caratekno

27 Comments

  1. aku juga ingin dirakitkan cass portable dengan daya outputnya menjadi 2 bagian USB. bagian pertama dengan daya 1000mAh dan bagian kedua 2500mAh dan ada pengingat lampu lednya pada saat baterai dicass portablenya sudah lemah memancarkan cahaya berwarna merah dan pancaran berwarna biru menandakan bahwa baterai dicass portable itu masih bisa digunakan. saya mau pakai baterai sanyo AA 1.2V dgn 21000mAh sebanyak 8 biji jadi total daya yang ada 9.6V dgn 168000mAh. soal harganya email ke e2ward008@gmail.com ya bro. ditunggu infonya. thx bro…

  2. Gan saya coba bikin, kok malah arus yg keluar kurang dari 5v ya?? Saya coba ganti capasitornya pake yg 25v. Udah mendingan besar tp belum sampe 5v. Itu gimana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.