Cara Menggabung Aki/ Baterai Secara Seri atau Parallel

Caratekno.com - Bagaimana kabar liburan rekan Tekno hari ini? Semoga tetap semangat. Kali ini artik... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Bagaimana kabar liburan rekan Tekno hari ini? Semoga tetap semangat. Kali ini artikel sederhana ini membahas tips umum yang mungkin bukan cara baru setidaknya memberikan informasi kepada Anda yang tidak tahu atau lupa cara menggabungnya.

Timbul pertanyaan seperti ini "Bagaimana cara menghubungkan aki ganda untuk memperbesar arus bukan tegangan?". Jawabannya sangat mudah sekali silahkan simak ilustrasi gambar di bawah ini untuk mempermudah jawabannya.

Cara menggabung secara Seri
Saat aki mobil atau motor dihubungkan secara seri makan yang bertambah adalah tegangannya sedangkan Arusnya tetap seperti semula yang satu aki. Caranya: cukup (+) aki 1 disambung dengan (-) aki 2). Apabila di ukuran tengangan (-) aki 1 dengan (+) aki 2. Maka di dapat jumlah tengangan yang meningkat.



Cara menggabung secara Parallel
Ketika menggandeng dua aki secara parallel maka arusnya (Ampere Hours) meningkat sedangakan tegangannya tetap seperti satu aki. Cara parallel ini banyak dijumpai pada cell-cell laptop, baterai bank, sehingga aki lebih lama kinerjanya. Caranya: cukup sambungkan (+) aki 1 dan aki 2, (-) aki 1 dan aki 2.


PERHATIAN: 

  1. Saat menggabung aki perlu diperhatikan adalah polaritas satu battery jangan terhubung singkat bisa meledak. 
  2. Gunakan perlatan yang aman seperti kabel SNI dan jepitan.
  3. JANGAN gabung aki untuk kapasitas besar apabila kendaraan tidak mendukungnya, ikuti panduan kendaraan/ peralatan elektronik.
  4. Sebaiknya gunakan baterai yang kapasitasnya dan tegangannya sama.
  5. Cara jumper parallel ini bisa untuk charger aki mobil secara darurat. Silahkan: Emergency! Cara Cepat Pengisian Aki Mobil Mati.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!