Cara membuat Charger Aki Otomatis untuk Aki Kering & Basah

CaraTekno.com - Pernahkan rekan tekno semua mengalamai ketika moil akan dinyalakan pagi hari sulit ... thumbnail 1 summary
CaraTekno.com - Pernahkan rekan tekno semua mengalamai ketika moil akan dinyalakan pagi hari sulit sekali mesin hdup, Jangankan menggerakkan dinamo starter klakson saja dan lampu enggan bunyi/nyala.
Ini berarti aki mobil anda sudah tekor.

Artikel kali ini saya akan mengurai beberapa masalah utama kenapa aki bisa tekor dan solusiya akibat pemakaian jangka panjang.

ECU (Electroni Control Unit) merupakan otak kendaraan untuk mengontrol tegangan suplai mulai dari pengapian, suplai bahan bakar, kelistrikan mobil, sistem cetral lock, dan sebagainya.
Kondisi aki yang prima sangat penting untuk menjaga sistem ECU ini tetap optimal fungsinya untuk klakson, lampu, audio-video, dan perangkat elektronik lainnya.

sumber gambar dari Izukuichi Image

Bagaimana cara mencharger/isi ulang Aki? Apakah aki bisa di charger?

Tentu saja bisa

Aki dapat di charger atau di isi ulang karena aki memiliki lebih dari satu sel elemen (multi cells). Cara mengisi ulang aki sangat mudah, anda tinggal memasang kutub (+) charger ke (+) pada Aki, dan (-) charger pada (-) Aki.
Artikel lainnya: Pengisian aki itu sistemnya otomatis seperti tandon air
 Emergency! Cara Cepat Pengisian Aki Mobil yang Mati

Untuk membuat charger aki sendiri, perhatikan gambar skema di bawah ini :



Lama waktu pengisian tergantung dari besarnya arus yang supplai oleh trafo. Namun, arus (Ampere) tidak mesti besar cukup disesuaikan dengan kebutuhan aki. Bila hal ini diabaikan akan berakibat jelek bagi aki itu sendiri kering/basah.

Secara logika begini uraiannya, semakin besar arus yang masuk maka akan semakin cepat pengisian aki, akibatnya dalam jangka pendek aki yan seharusnya bisa digunakan lama akan cepat rusak. Begitu juga bila arus terlalu kecil waktu pengisian cukup lama tentu saja aki jadi awet. Maka adengan rangkaian ini bisa menyesuaikan arus pertengahan yang sesuai kondisi aki.

Untuk menghitung berapa lama pengisian aki dengan charger yang kita buat, kalian bisa gunakan rumus di bawah ini :

Jika rekan tekno menggunakan trafo dengan arus 3 Ampere. Sedangkan aki yang akan di cas mempunyai spesifikasi 12Volt, 30Ah. Jadi berapa lama waktu yang digunakan untuk mengisi aki sampai penuh?

Jawab:

= 30Ah/3A + 20%(inefisiensi) = 10 + (10*20%) = 10 + 2 = 12 Jam


Jadi untuk menentukan berapa lama waktu untuk mengisi aki terserah anda, jika anda ingin pengisian cepat maka gunakan charger aki dengan arus yang agak besar. Tetapi ingat! arus output dari charger tidak boleh lebih dari 20 % dari arus yang tertera pada aki (Ah) agar aki tidak cepat rusak. Misal dari contoh kasus diatas dengan spesifikasi aki 12 V 30 Ah, arus charger aki yang digunakan tidak boleh lebih dari 6 ampere.
Apa maksud dari angka 20% itu?

Baca Juga: Charger aki yang auto ON/OFF bikin awet battery

Angka 20% tersebut merupakan rumusan inefisiensi yang sudah standart dari pabrik pembuat aki lama pengisian hingga penuh.

Rangkaian charger aki otomatis telah dilengkapi kontroller pemutus rangkaian otomatis sistem cut off, apabila aki telah penuh terisi akan terputus kontak pengisian.

Rangkaian yang lebih sederhana hanya menggunakan penyearah ganda dua diode terpasang pada trafo CT dan trafo non CT (center tap) menggunakan empat diode penyearah.

Pemasangan Traffo CT dan non CT

Cara membuatnya adalah :
  1. Pilih trafo dengan arus sesuai dengan kebutuhan
  2. Ubah nilai kapasitor menjadi minimal 6.000uF/ x volt (pilih tegangan kapasitor sedikit diatas tegangan kerja adaptor, misal 6.000uF/25 volt untuk output 15-18 v) agar charger tidak terlalu drop saat di beri beban aki.
  3. Tegangan output usahakan lebih tinggi sedikit dari tegangan aki (kisaran 13-15Volt jika aki yang akan di cas memiliki tegangan 12 V).
  4. Tambahkan LED indikator sebagai penanda bahwa rangkaian sudah ON, dengan cara LED di pasang pada output adaptor dan diseri dengan R 1K agar tidak terbakar.

Di bawah ini akan saya tunjukan charger aki sederhana buatan sendiri dengan komponen sebagai berikut;
- Tranformator CT 3 A
- Tegangan 15 V
- Penyearah dengan 2 dioda + Led indikator

Skema rangkaian yang saya gunakan tanpa sistem pemutus arus otomatis dengan trafo-CT 3 Ampere :
skemacharger aki sederhana.

Bagian penyearah, LED indikator dan Kondensator Filter

  • Daftar komponen : 
  • Trafo 3 A 1
  • Doida penyearah IN4148 2 
  • LED 3 V 1 
  • R 1k 1
  • Kapasitor 3300uF/25 V


Gambar di bawah ini gambar charger aki tanpa sistem pemutus arus otomatis:



Charger aki yang sederhanya hanya menggunakan ELCO sebagai filter dan LED indikator

Bagi Rekan Tekno yang ingin menambahkan sistem pemutus arus menggunakan relai, silahkan tambahkan rangkaian berikut setelah output adaptor cas aki yang telah sobat buat.

Rangkaian charger dengan relay pemutus otomatis, gambar di ambil dari elektronikdot.blogspot.co.id/2014/09/cara-membuat-charger-aki.html

Saya sampai disini cara pembuatan charger aki yang menggunakan pemutus otomatis ataupun yang tidak menggunakannya silahkan pilih rangkaiannya sesuai kebutuhan aki Anda.

Baca Juga: Charger aki otomatis yang menggunakan relay

Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat bagi semuanya. Jangan lupa pantau terus caratekno.com untuk artikel-artikel berikutnya, silahkan subcribe email anda untuk mendapatkan info artikel lainnya. Selamat Berkarya!

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!