Charger Otomatis ON/OFF Sesuai Permintaan Aki/Baterai

Caratekno.com - Langsung saja ya saya bahas rangkaiannya tanpa perlua penjelasan yang lebar, charge... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Langsung saja ya saya bahas rangkaiannya tanpa perlua penjelasan yang lebar, charger aki otomatis ini akan langsung ON (menyala) ketika aki telah berkurang arusnya. Kelebihannya antara lain dapat digunakan untuk baterai/ aki kering SLA (lead acid) maupun aki basah. Cara otomatis ini sangat menguntungkan sekali meski sederhana namun tetap menjaga keawetan umur aki itu sendiri alias tidak cepat -soak-.

Perlu anda ketahui bahwa proses pengisian ulang aki yang salah secara terus menerus mengakibatkan overcharge pada tegangan dan arus akibatnya usia aki tidak lagi panjang.

Nah, inilah fungsi charger cerdas ini yaitu bekerja apabila aki "meminta" untuk diisi ketika saat lemah saja.

Silahkan anda baca juga Rangkaian pengisi aki kering, aki basah, dan baterai

Pengaturan otomasi ini semuanya dikendalikan oleh switching jarak jauh atau lebih umum dikenal relay. Relay akan memutus jalur jala-jala PLN 220VAC sebelum masuk transformator ketika aki telah melebihi tegangan 14 Volt.

Ketika kondisi tegangan drop dibawah 11.5 Volt, relay akan beraksi dengan menghubungkan jalur AC untuk posisi charge kembali ke transformator. IC1 sebagai Op-Amp (operational amplifier) sebagai pembanding sekaligus pembaca level tegangan baterai.

Tips Setting dan cara perawatan mesin charger aki yang benar
  1. Posisi tidak dicharger pergunakan lampu bohlam mobil 12 Volt hingga tegangan drop pada 11,5V.
  2. Ukur terminal voltase aki menggunakan multimeter menunjukkan tengangan 11,5V. Sambungkan aki ke output rangkaian ini.
  3. Atur knop putar VR2 hingga relay berbunyi -klik- dan LED hijau posisi menyala (ON). 
  4. Saat proses mengisi ulang selama 15 menit pantau dulu tegangannya.
  5. Ketika voltase aki/baterai meningkat sampai 14 Volt, atur VR1 hingga relay berbunyi -klik- (OFF), dan LED hijau padam.
  6. BERHATI-HATILAH saat mengatur VR1 dan VR2 dengan perbedaan keduanya hanya 3 Volt saja antar posisi ON dan OFF.
  7. Sekarang mesin charger aki otomatis untuk mobil/motor kita siap digunakan.
Charger baterai otomatis ON demand sumber referensi 

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!