Cara Mengatur Pencahayaan Kamar dengan Lampu Tidur yang Unik

Caratekno.com - Kamar tidur dianggap sebagai tempat istirahat dan relaksasi setelah sepanjang hari lelah beraktifitas, tapi jika Anda terla... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Kamar tidur dianggap sebagai tempat istirahat dan relaksasi setelah sepanjang hari lelah beraktifitas, tapi jika Anda terlalu banyak memikirkan pekerjaan-pekerjan Anda tentu hal ini tidak baik penyebab tidur kurang nyenyak.

Kegiatan seperti membaca, belajar, atau hanya menonton televisi semua aktifitas yang memerlukan pencahayaan, baik diarahkan pada area tertentu atau hanya sebagai latar belakang. Meskipun kamar tidur berbeda dalam hal tata cahaya dan memerlukan rencana penerangan lampu tidur yang unik, inilah yang perlu Anda ketahui untuk memilih pencahayaan terbaik untuk kamar tidur Anda.

Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pencahayaan untuk ruang pribadi ini. Kamar Inilah wilayah rumah kita yang paling privasi dimana kita sering  menikmati waktu pribadi kita sendiri atau dengan orang yang kita cintai.


Tidak hanya ditujukan untuk kamar tidur dengan lampu tidur yang unik, kamar tidur biasanya juga tempat Anda berpakaian, memilih pakaian Anda dan juga tempat Anda duduk meringkuk dengan buku bacaan yang bagus, menambah wacana, dan rileks.

Memilih pencahayaan kamar tidur yang tepat memainkan peran penting dalam kenyamanan Anda, belum lagi kemampuan Anda untuk memilih pakaian yang sesuai.

Sebagian besar kamar tidur memiliki lampu langit-langit tengah yang sering berfungsi untuk menerangi seluruh ruangan. Tentu saja lampu yang tergantung di tengah langit-langit kamar saja tidak cukup untuk segala aktifitas tentu masih dibutuhkan pencahayaan lainnya, nanti kita akan bahas.

Tata Pencahayaan Ruang

Penerangan dari sekitar ruang berasal dari matahari merupakan yang terbaik tidak bisa digantikan lampu apapun.

Beberapa rancangan lampu standart 3 - 4 buah digabung dengan hiasan beserta kipas angin di langit-langit kamar membuat udara semakin sejuk.

Terkadang, kamar tidur yang lebih besar perlu dirancang lebih kreatif, dilengkapi tata letak pencahayaan yang tersembunyi di sela-sela langit-langit sehingga lampu semakin eksotis selain itu tata pencahayaan semakin modern minimialis untuk menghemat ruang terkesan bersih.

Seiring dengan persiapan peralatan, Anda juga harus memperhatikan kualitas lampu yang akan dipasang nanti. Temperatur lampu yang hangat (sekitar 2700K) akan membantu menciptakan suasana nyaman di kamar tidur Anda karena lebih lembut dan mudah pada mata daripada cahaya terang yang menyolok silau.

Anda bisa menambahkan saklar dimmer lampu sebagai pengatur kecerahan cahaya, memungkinkan Anda menurunkan instensitas cahaya ke cahaya yang nyaman dan santai saat hari mulai gelap.

Jika Anda menghabiskan banyak waktu di kamar Anda, kami juga menyarankan untuk membeli lampu LED atau CFL hemat energi untuk membantu Anda menghemat tagihan listrik bulanan.

Lampu yang dipusatkan cahayanya untuk area yang digunakan beraktivitas seperti membaca, menulis, membaca smartphone, dll seperti lampu sorot atau lampu tidur unik di meja atau dilantai menghadap kursi baca atau lampu meja sederhana yang bertumpu pada meja samping tempat tidur.

Jika Anda memiliki meja di mana Anda menulis atau mengakses komputer Anda, Anda bisa pertimbangkan lampu meja multi arah  yang dapat dengan mudah Anda fokuskan ke area baca.


Warna lampu temaram yang kuning hangat sangat bagus membuat mood jadi ideal pilihlah lampu led atau CFL warna warm white seperti lampu pijar agar tidak bengkak tagihan listriknya.

Aksen pencahayaan

Lampu dekorasi sebenarnya tidak masalah tidak dipasang di ruangan, akan tetapi bila ditambahkan tentu memberikan akses dekorasi ruangan rumah atau kantor yang luar biasa saat malam hari.

Sebab bisa menonjolkan elemen artistik di ruangan. Beberapa cara populer untuk menggabungkan pencahayaan aksen di kamar tidur termasuk menggantung lampu kecil-kecil seperti lampu pohon Natal di sekitar jendela atau kerangka tempat tidur Anda, atau menancapkan lampu tidur di ruang anak-anak.

Jika ruangan Anda memiliki karya seni atau fitur arsitektural yang keren, Anda dapat menampilkannya dengan lebih baik dengan lampu sorot. Bisa juga menggunakan lampu LED untuk lampu latar TV Anda. Jangan ragu untuk bermain-main dengan warna dan intensitas cahaya yang berbeda. Pencahayaan aksen seharusnya bersifat kreatif bebas jadi bersenang-senanglah menemukan kreasi warna yang cocok!

Ide Pencahayaan Kamar Tidur

Berikut beberapa yang perlua anda tanyakan pada diri sendiri ketika ingin menambahkan lampu-lampu di kamar tidur dengan lampu tidur yang unik, keren dan sesuai fungsi untuk kenyamanan.

1. Apakah saya melihat cukup baik saat mencari, memilih dan mengenakan pakaian?
2. Apakah ada cahaya di lemari?
3. Apakah ada lampu baca individu di setiap sisi tempat tidur?
4. Apakah ada sumber cahaya di atas?
5. Apakah saya memiliki cukup cahaya untuk menentukan warna pakaian di laci saya?
6. Apakah saya memiliki sumber cahaya di dekat pintu?
7. Sudahkah saya memasang gerai di lokasi yang nyaman saat membangun / merenovasi kamar tidur saya?
8. Bisakah saya mengisi sudut gelap (sisi-sisi) dengan sumber pencahayaan portabel?
9. Apakah saya memiliki dimmer yang terpasang pada sumber cahaya di atas?
10. Apakah ada lampu di meja rias untuk membantu make up?

Untuk panduan lengkap memilih, mengatur, dan menempatkan lampu  Anda bisa merujuk ke formplusfunction.com

Cara Memilih Lampu LED Terbaik untuk Setiap Ruangan di Rumah Anda

Sering anda mendengar jika sorotan sinar matahari lebih menyehatkan dan memberikan pancara energi, tapi apakah anda tahu jika cahaya lampu juga memberikan manfaat yang sama?

Lampu yang memancarkan gelombang cahaya biru menghasilkan serotonin , yang membuat kita fokus, terjaga, dan tetap waspada. Untuk jenis lampu biasa yang tidak memancarkan gelombang cahaya biru memungkinkan otak kita menghasilkan melatonin, yang membuat kita rileks, mengantuk, dan tertidur lelap.


Bola lampu yang lebih rendah menghasilkan putih hangat, mirip dengan nyalanya api atau sinar matahari, sementara bola lampu dengan suhu menengah menghasilkan putih netral, dan lampu bohlam dengan jenis pijar memiliki pancaran sinar yang lebih tinggi menghasilkan cahaya cool-white day light atau lebih mirip dengan pancaran cahaya matahari siang hari yang putih bersih.

Ini juga merupakan kesalahpahaman umum bahwa kecerahan bola lampu diukur dalam Watts. Watts sebenarnya mengukur penggunaan energi, sementara Lumens mengukur kecerahan .

Jadi, anda harus bedakan watt dan lumen ya...

Karena anggapan selama ini kalau wattnya lebih besar cahaya terangnya lebih kuat. Sebenarnya tidak seperti ini untuk lampu led pasti dikenal istilah warm white (putih hangat kekuningan) dan cool white day light (putih cerah).

Lampu LED untuk Penggunaan Kamar Tidur

Maraknya Lampu LED untuk Kamar Tidur Di kamar tidur kita sudah tidak asing lagi kita jumpai dimanapun sebab lampu led sudah mulai menjamur dengan harga terjangkau, tentu ada kualitasnya juga.

Kebanyakan dari kita menginginkan suasana santai, tenang, dan nyaman.

Menghindari gelombang cahaya biru di kamar tidur akan menjaga ritme sirkadian Anda agar tidak membingungkan cahaya di kamar tidur Anda dengan cahaya alami di luar. Hal ini memungkinkan otak Anda untuk menghasilkan melatonin yang dibutuhkan untuk tidur yang nyaman.

Apakah Anda senang membaca di malam hari?

Jika Anda memiliki lampu baca di samping tempat tidur atau berencana akan membelinya, sorotan lampu kebiruan atau netral lebih baik untuk membaca buku-buku kita tadi, karena warna putih sejuk menciptakan kontras yang tinggi dengan halaman sehingga tidak membuat lelah mata ketika membacanya.

Intensitas cahaya yang disarankan - 1.500 sampai 4.000 Lumens
Suhu Warna: 2700-3000K


Pencahayaan LED untuk Penggunaan Rumah dan Kantor

Lampu penerangan LED  untuk Home Office kita ingin cahayanya sangat baik lampu memaksimalkan kemampuan kita untuk menjadi produktif di tempat yang disediakan. Menempatkan lampu putih sejuk di kantor yang meniru siang hari akan meningkatkan produksi serotonin sehingga Anda tetap fokus, waspada, dan berenergi.

Pastikan memilih tempat yang tidak akan membuat mata capek lelah yang tidak diinginkan ketika menatap layar monitor komputer Anda.

Mungkin Anda ingin mempertimbangkan jeni lampu LED Desktop yang menawarkan pencahayaan sorotan yang baik dan kemampuan untuk mengganti suhu warna sesuai permintaan.

Intensitas cahaya yang disarankan - 3.000 sampai 6.000 Lumens
Suhu Warna:  3000-5000K


Pencahayaan LED untuk Penggunaan Ruang Tamu

Ruang tamu yang nyaman dan enak untuk para tamu kita memungkinkan tamu teduh santai

Entah Anda sedang menonton film, atau mengobrol dengan teman, penting untuk memiliki perpaduan sumber cahaya di ruang keluarga agar bisa menyesuaikan diri dengan momen apa pun. Seperti di kamar tidur, ada baiknya untuk menghindari terang benderang karena tidak baik untuk kualitas tidur, sebab cahaya biru terang memancarkan lampu yang menciptakan serotonin dan memberi kita energi.

Untuk dekorasi jenis Lampu sorot yang dapat disesuaikan dapat ditunjukkan di dinding untuk menerangi karya seni, foto keluarga, atau hanya untuk mengurangi silau pada TV.

Memposisikan lampu sorot di dinding atau langit-langit juga merupakan cara terbaik untuk menghilangkan bayangan yang tidak diinginkan. Lampu LED model 3-Way baru dapat digunakan di semua lampu meja tiga arah yang mungkin Anda miliki di ruang tamu Anda.

Intensitas cahaya yang disarankan - 1.500 sampai 3.000 Lumens
Suhu Warna: 1000 - 3000K

Pencahayaan LED untuk Penggunaan Ruang Makan

Pencahayaan LED untuk Penggunaan Ruang Makan Saat makan, menyantap makanan enak bersama keluarga atau tamu, kita tidak ingin pencahayaannya terlalu terang dan menjengkelkan, dan kita tentu tidak ingin kurang terang karena lampu penerangan redup remang-remang sehingga membosankan


Sesuaikan pencahayaan sinar sesuai waktunya, Entah itu makan siang atau makan malam, apalagi ada lampu yang dilengkapi  overhead dimmable memungkinkan pengaturan kecerahan yang sempurna setiap saat. Kami merekomendasikan nada lembut ke netral untuk ruang makan yang menciptakan suasana yang sempurna.

Selain itu, pertimbangkan lampu LED untuk perlengkapan lampu gantung yang biasa digunakan di ruang makan, kini banyak sekali lampu lampu LED yang menawarkan warna dan output cahaya yang indah.

Intensitas cahaya yang disarankan - 3.000 sampai 6.000 Lumens
Suhu Warna:  2200-3000K

Lampu LED untuk Penggunaan Dapur

Pada intinya dapur seperti ruangan kerja juga yang membutuhkan penerangan ekstra, sehingga pilihlah lampu LED. Terkadang banyak dari kita memulai aktifitas dapur dimulai pagi hari di dapur untuk persiapan berangkat kerja atau sekolah sebagai untuk sarapan, sehingga lampu terang pancaran  biru di atas meja akan membantu membuat kita waspada dan terjaga saat sarapan pagi.

Jika Anda juga memiliki meja di dapur Anda, lampu dilengkapi peredup (dimmable) dengan suhu warna yang lebih hangat dapat menciptakan suasana yang menyenangkan untuk menyeimbangkan lampu biru terang di atas meja dapur.

Dapur juga dapat dipasang penerangan pinggiran tersembunyi yang sangat indah dengan led aksen redup kuning seperti lampu bohlam jaman dulu yang menambah kesan romantis.

Intensitas cahaya yang disarankan - 4.000 sampai 8.000 Lumens
Suhu Warna:  2700-5000K

Lampu LED untuk Penggunaan Kamar Mandi

Lampu untuk Penggunaan Kamar Mandi mesti terang tapi tidak redup seringnya kamar mandi sering digunakan dimulai pagi hari saat matahari belum terang sebelum kita pergi ke sekolah atau bekerja, kebanyakan kita bersiap-siap dengan melihat ke cermin kamar mandi.

Idealnya, kita ingin penerangan datang dari sekitar cermin dan bukan lampu di langit-langit. Menggunakan lampu terang akan memastikan kita tidak melewatkan bercukur atau mengacaukan makeup kita.

Karena banyak dari kita memulai aktifitas setiap hari dengan mandi bersih, memasang penerangan yang bagus dipermukaan pinggiran cermin sangat bagus untuk melihat menghadap ke cermin.

Sedangkan untuk lampu atas sebaiknya menggunakan lampu berbentuk bola besar agar lampu lebih terang dan semakin jelas melihat cermin.

Intensitas cahaya yang disarankan - 4.000 sampai 8.000 Lumens
Suhu Warna:  3000-5000K

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!

Temukan ILMU TEKNO lainnya. Jangan sampai kelewatan, daftarkan emailmu disini: GRATIS Ebook 30 LED Project

* indicates required