Mengetahui Sejarah Terciptanya Laptop Komputer Mungil

Jaman semakin modern peralatan juga semakin canggih dan praktis. Komputer desktop juga tidak lagi memaku di atas meja kerja namun juga bisa dijinjing kemanapun juga dengan kemampuan kinerja yang setara.

Ya.. itulah komputer portable atau notebook atau laptop, beda halnya dengan netbook yang kemampuannya dibawah notebook/ laptop.

Laptop memiliki kemampuan yang sejajar dengan komputer PC pada umumnya keunggulannya ialah bisa di “tenteng” kapan dan dimana saja. Sebab, sumber daya yang dibutuhkan menggunakan baterai jenis NiMH, NiCd, atau Liion daya tahannya bisa dipakai beberapa jam. Sedangkan listrik hanya digunakan saat isi ulang (recaharge) battery saja atau battery sudah lemah.

Beda halnya dengan komputer desktop rumahan, listrik selalu dicolokkan ke komputer saat digunakan. Jika listrik padam bisa menggunakan UPS (uninterruptible power system) sebagai sumber daya cadangan.

Bagian-bagian hardware laptop memiliki spesifikasi yang tinggi layaknya sebuah komputer desktop antara lain:

  • Keyboard
  • Mouse tracker
  • Speaker/ Mic
  • LCD Monitor 14-17 inchi
  • CD/DVD ROM
  • Harddisk
  • Memory 
  • VGA
  • Port koneksi lainya

Sejarah singkat laptop

Tepatnya tahun 1975 sebuah komputer personal rumahan diciptakan dengan nama IBM 5100 yang disebut-sebut sebagai laptop pertama kali di dunia. IBM 5100 ini memiliki spesifikasi berat 25 Kg, layar tabung CRT hitam putih berukuran kecil, prosessor PALM 1,9Mhz, dengan RAM 64KB.

Kemudian selang beberapa tahun, sekitar tahun 1981 terciptalah komputer praktis era yang lebih bagus. OSBORNE 1 dikembangkan oleh Adam Osborne, memiliki berat separohnya IBM 5100, floppy drive 51/4″, dan sudah memiliki operasi sistem sendiri harga yang dilemparkan ke pasar seharga $1,795.

Merasa terasaingi IBM kembali melahirkan perangkat baru IBM PCD (PC Division) di tahun 1984. Kemudian selang 2 tahun kembali mempercanggih laptopnya IBM PC Convertible dengan berat separoh dari OSBORNE hanya 5,4 Kg untuk menaikkan pamornya di dunia teknologi komputer.

Kemudian 1994 muncul jenis IBM ThinkPad 775CD yang sudah memiliki CD-ROM secara integritas.

Tahun 1989 Pesaing lain Apple dengan Machintosh Portable seharga $6500, mungkin karena harganya selangit tapi kemampuan sama akhirnya Mac Portable tidak laku. Tidak kapok dengan persaingan pasar, tahun 1991 mengeluarkan andalannya hingga tercipta varian terbaru seperti PowerBook 100, PowerBook 140, dan PowerBook 170 dan ternyata sangat disenangi dan diterima dengan baik di tengah-tengah pasar laptop hingga sekarang dengan kelas tersendiri.

You May Also Like

About the Author: caratekno

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.