Tips Merawat dan Cara Solder

Bagi sebagian teknisi peralatan semacam soldering sangat penting. Kualitas cara solder an akan diketahui dengan pemakaian solderan yang baik juga. Selain itu ujung solder juga ikut mempengarhui bagus/ tidaknya hasil solder.

Tips Menjaga ujung solderan besi tidak korosif
Toko peralatan elektronika menyediakan berbagai jenis solder dengan harga dan type beragam. Bagi saya itu tidak masalah asal, harga murah atau mahal sama saja tergantung bagaimana kita merawat dan menggunakannya.

Seperti tulisan kemarin cara solder  yang benar. Kali ini saya akan memberikan tips merawat mata ujung solder agar awet.
  1. Gunakan ujung solder dari crystal, karena bahannya kuat dan tahan karat
  2. Pilihlah solder yang memiliki panas antara 35-40 watt, jangan terlalu panas, menyebabkan komponen mati terbakar, jangan pula panasnya yang kurang.
  3. Gunakan pasta solderan, yang bagus buatan Jerman, bentuknya seperti cream putih, berfungsi untuk memberikan sifat lengket terhadap komponen.
  4. Jangan gunakan mata ujung solder untuk melubangi plastic, kalaupun terpaksa cepatlah digosok denga pasta, kemudian dibersihkan.
  5. Gunakan pegangan solder khusus, solder holder berfungsi sebagai pengaman ketika solder tidak digunakan.
Tips Merawat dan Cara Solder Tips Merawat dan Cara Solder Reviewed by Ihsan on June 24, 2012 Rating: 5

1 comment:

  1. Merawat mata tetap sehat adalah kewajiban setiap manusia, karena mata adalah aset terpenting tubuh, tapi dengan perkembangan zaman, dengan layar dimana-mana, semoga mata kita tetap bisa dijaga dengan baik. :)

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.