10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Pada Windows 7 Secara Mudah Siapapun Bisa Melakukannya

Ada pertanyaan dari rekan-rekan: Bagaimana cara mengatasi laptop lemot pada windows 7?

Jawabnya:

Tentu sangat menjengkelkan saat komputer PC dibutuhkan untuk keperluan mendesak saat rutinitas kantor ternyata PC kinerjanya lemot, waduuuh!.

Biasanya ciri khas yang nampak jika komputer sedang lemot mendadak berhenti proses (hang) mouse kursor juga tidak merespon gerakan tangan.

Bila masalah laptop lemot seperti ini jangan sungkan-sungkan untuk segera lakukan reboot, biasa seringnya laptop bisa teratasi jika kasusnya tidak parah.



Lain jika halnya sebab lambat PC akibat dari system software dan hardware itu sendiri, nah disini diperlukan sedikit cara untuk mengatasi laptop lemot pada windows apapun.

Silahkan disimak caranya.

Cari, telusuri, dan hilangkan aplikasi sofware yang terlalu besar yang menguras Memory

Tanpa disadari PC yang lemot akibar dari terlalu berlebihannya beban kerja memory.

Coba Anda perhatikan aplikasi apa saja yang terlalu makan memory. Contohnya aplikasi yang digunakan memakan jatah ruang memory hingga tidak ada ruang bebas lagi untuk CPU memproses aplikasi yang lainnya.

Solusi singkatnya Anda bisa menambah slot memory atau meng-upgrade kapasitas harddisknya.

Nah, bagaimana cara menemukan sumber masalah penyebab laptop windows 7, 8, 9, 10 menjadi lemot?

Buka Task Manager, bisa dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+Shift+Esc untuk membuka cepat. Pada Windows 8, 8.1, dan Windows 10 membuka Task Manager silahkan klik pada tulisan "CPU", Mempry, dan "Disk" di header atas untuk sort listr aplikasi yang sedang digunakan.

Apabila terlihat aplikas tidak wajar menguras memory segera close aplikasinya, bila tidak mengefek lakukan proses "end Task" saja.

Menutup program-program System Tray yang tidak dibutuhkan

Pertama kali terinstal sistem operasi komputer terasa ringan sekali, sebab tidak banyak program tray nongol di pojong kanan bawah.

Biasanya aplikasi ini akan menyertai muncul saat start up sistem operasi dan program yang telah terinstall ini akan berjalan tersembunyi dibalik layar (seolah memantaunya).

Cara menonaktifkannya ialah klik kanan pada salah satu program yang tidak ingin muncul, kemudian tutup/close/exit. Rasakan bedanya setelah mode log off.

Disable Startup Program

Sama seperti tips di atas untuk Windows 7, men-disable program di menu startup manager melalui task Manager. Caranya sama klik kanan pada program di jendela Task Manager atau tombol cepatnya Ctrl+Shift+Esc. Perhatikan saat menonaktifkannya jangan sampai keliru ya.

Hilangkan Efek Animasi

Mengurangi efek animasi pada komputer dapat memperingan kinerja komputer yang lemot, terutama untuk komputer-komputer jadul.

Lain halnya jika komputer Anda dengan spesifikasi tinggi tidak jadi soal menggunakan efek animasi.

Caranya untuk menonaktifkannya?

Caranya mudah tekan saja kombinasi tombol Windows+X atau masuk ke Control Panel area jika Windows 7 pilih System pilih Advance system setting dan atur settingannya pada Performance.

Pilihlah sesuai centang yang dibutuhkan/dihilangkan animasi efeknya.

Untuk lebih mudahnya biar gak repot pilih salah satu cek list di atas nanti pengaturan lainnya mengikuti secara otomatis.

Bila ingin kembali ke settingan efek animasi semula cukup pilih ceklist default. Coba saja rasakan bedanya.

Maksimalkan browser web

Nah tidak hanya sistem operasi saja yang dioprek untuk kinerja laptop/ PC.

Bahkan browserpun bisa dibuat tidak lemot dengan cara yang sederhana, caranya mengatur ekstensi atau plugin browser di menu Add-on manager.

Nah, mulai sekarang gunakan plugin terpenting saja buang ekstension tidak perlu agak kecepatan browsing internet Anda lancar jaya.

Lacak secara dini indikasi bahaya Malware dan Adware

Penyusup komputer yang mengintai di belakan layar sungguh menakutkan.

Jika komputer sudah tersusupi dengan malware laptop akan lemot kinerjanya, sebab aplikasi jahat ini akan memberikan bocoran rutinitas sang pemilik kepada hacker jika terhubung online.

Tangkal bahaya malware dan adware dengan aplikasi antivirus yang terbaru.

Banyak developer antivirus memberikan gratisan hingga beberapa bulan. Nah, manfaatkan kesempatan ini.

Bentuk langkah pencegahannya lakukan proses scanning pada komputer/laptop dengan antivirus tersebut.

Secara otomatis malware akan terlacak kemudian dikarantina jika berbahaya untuk kebaikan laptop/PC.

Perhatikan ruang kosong harddisk laptop

Jika data-data penuh sesak tersimpan di harddisk bisa jadi ini salah satu sebab yang membuat laptop lemot tanpa Anda sadari.

Untuk mudah dan amannya data-data dipindahkan ke harddsik lain agar harddisk lama menjadi lega kembali.

Defrag Harddisk

Jika masih menggunakan type harddisk dengan cakram piringan manual, proses defrag masih dirasa sangat wajib, lain hal bila menggunakan media penyimpan semisal Solid State hampir dipastikan hal ini tidak memberikan dampak apa-apa.

Proses defrag bisa diatur untuk jadwalnya atau bisa dilakukan secara manual seminggu sekali atau sebulan sekali.

Banyak tersedia tool untuk defrag Anda bisa pilih yang gratisan, berbayar, atau aplikasi bawaan dari Windows.

Caranya buka Windows Explorer, pilih salah satu drive yang ingin di defrag, klik kanan, pilih properties kemudian klik Defrag.

Proses defrag ini membutuhkan beberapa menit bahkan jam tergantungan besaran filenya.

Unistall Program yang Menganggur

Seberapa seringkah Anda menggunakan program tertentu?

Berapa banyakkah program yang tidak terpakai di komputer Anda?

Nah, jika terlalu banyak program terinstall di laptop/PC namun hanya sedikit software yang Anda pergunakan sebaiknya segera Uninstall software-software mubadzir tadi agar tidak menyita ruang harddisk laptop.

Silahkan masuk ke Control Panel, Program and Features, kemudian pilih software yang akan dibuang klik kanan pilih uninstall.

Kenapa mesti membuang program-program nganggur tadi?

Sebab pogram tadi memenuhi system service, autostart entri, berproses tanpa disadari, dan banyak faktor lainnya yang menyebabkan kineraja melambat.

Install Ulang Windows

Opsi ini adalah opsi pamungkas artinya adalaha jalan terakhir satu-satunya mengembalikan windows laptop seperti baru lagi.

Cara ini ditempuh apabila segala cara poin diatas tidak manjur, sudah lakukan ini dan itu tapi tetap saja laptop lemot tidak karuan.

Sungguh mengganggu produktifitas kerja.

Windows 7 kembali segar biasanya laptop juga menjadi lebih cepat kinerjanya, konsekuensinya adalah Anda harus repot membackup file data penting ke tempat aman, dan menginstall program-program yang akan digunakan.

Untuk windows versi terbaru semacam Windows 8, 8.1, dan Windows 10 lebih mudah lagi untuk install ulang ada tombol layaknya android "Reset to Factory" atau "Reset Your PC".

Cukup mudah kan untuk kembali ke windows baru bahkan windows terbaru bisa mengamankan file tanpa perlu membackupnya.

Jika masih menggunakan harddisk mekanik bentuk cakram piringan saya sarankan upgade ke SSD (solid state drive).

Semoga tips sederhana cara mengatasi laptop lemot pada windows 7 ini bermanfaat bagi anda semua.

https://www.howtogeek.com/228570/10-quick-ways-to-speed-up-a-slow-windows-pc/


10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Pada Windows 7 Secara Mudah Siapapun Bisa Melakukannya 10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Pada Windows 7 Secara Mudah Siapapun Bisa Melakukannya Reviewed by Ihsan on March 02, 2017 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.