IPTEK: Cara Kerja Printer Dot Matrix dan Keunggulannya

Caratekno.com - Printer dot matrix sebagai printer pendahulu dari ink jet dan laser jet hingga seka... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Printer dot matrix sebagai printer pendahulu dari ink jet dan laser jet hingga sekarang masih digunakan sebagai pengganti mesin ketik yang telah punah. Printer dot matrix sering ditemukan di perkantoran untuk mencetak rekapan kertas ganda yang tidak bisa dilakukan oleh printer tinta inkjet dan laser.

Era tahun 1970-an dan 1980-an merupakan era emas saat printer dot matrix diciptakan dan untuk komersial. Namun kejayaannya pun mulai memudar saat printer inkjet dan printer laser ditemukan pada tahun 1990-an.

http://www.tech2u.com.au/training/tech2u/introcomp/output.html

Namun bagaimanpun juga keunggulan printer cetak manual ini tidak bisa tergantikan begitu saja oleh printer-printer modern yang semakin canggih sebab penggunaannya khusus bidang tertentu yang tidak bisa pada printer tinta otomatis, yaitu dapat mencetak dokumen dua kertas atau lebih sekali cetak.

Prinsip Kerja Printer
Secara prinsip sederhana cara kerjanya mirip mesin ketik yaitu mencetak huruf-per-huruf dengan hentakan pada pita tinta kemudian huruf tertulis pada kertas. Akan tetapi printer dot matrix lebih mudah untuk di custome bentuk huruf dan karakternya tidak seperti mesin ketik yang hurunya permanen tidak bisa diubah-ubah.

Hasil cetakan printer matrix juga dipengaruhi oleh pin dan pita tintanya, juga suaranya sangat berisik saat proses "menulis" tidak seperti printer inkjet dan printer laser

Media Kertasnya
Kebanyakan printer matrix menggunakan kertas feed (continuous-feed) yang pinggirannya terdapat lubang-lubang penapak kertas biasa digunakan pada kertas tagihan (invoivce) kertas surat pengiriman barang,

Ukuran dan Kerapan Jarum Pin
Kualitas hasil cetakan printer dot matrix sangat penting dipengaruhi oleh jumlah dan ukuran pin pada print head (memang seberapa bagusnya dot matrix tetap tidak sehalus hasil inkjet dan laser kualitas cetakannya)


http://content.answers.com/

Jumlah jarum pin pada dot matrix sebanyak sembilan buah yang bergerak sendiri-sendiri untuk membentuk sebuah titik karakter. Printer yang canggih memiliki pin lebih kecil dan lebih banyak sampai 24 jarum pin sehingga hasil cetakannya halus dan detil.

Penggunaan Era Modern
Jaman yang semakin pesan informasi dan teknologi ini perangkat printer inkjet dan laser yang lebih detil cetakannya mudah dengan harga terjangkau mulai menggeser printer dot matrix di kantor dan di rumah sejak pertengahan tahun 1990an. Sedangkan sisanya masih tetap menggunakan printer dot matrix untuk keperluan bisnis, perkantoran, toko, gudang, surat-menyurat yang membutuhkan cetak rangkap ganda yang sering menggunakan print continuous feed.

Untuk lebih mudah memahami prinsip kerjanya silahkan simak video berikut ini, jarum pin di gantikan dengan ujung pena.


Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi yang penasaran prinsip kerja printer "berisik" ini.

Sumber artikel
http://smallbusiness.chron.com/use-dot-matrix-printer-win2000-officexp-workstation-60006.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Dot_matrix_printing
http://mimech.com/printers/line-printer-technology.asp
http://yourbusiness.azcentral.com/dotmatrix-printer-work-3831.html

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!