Rangkaian Lampu Led Luxeon 3W 700mA dengan Battery 18650 5200mA

Caratekno - Lampu LED Luxeon ini memang sangat super terang sekali dan hemat energi , Luxeon yang di... thumbnail 1 summary
Caratekno - Lampu LED Luxeon ini memang sangat super terang sekali dan hemat energi, Luxeon yang dilengkapi heatsink  (pendingin). Ragam penggunaan yang multi fungsi lampu senter police, lampu otomotif, lampu penerangan rumah tangga, lampu emergency, dan sebagainya.

Meski sudah dilengkapi dengan pendingin alumunium di penampangnya untuk meredam panas yang diakibatkan bila tegangan dan arus yang digunakan melebihi batas, tak jarang luxeon akan cepat rusak dan mati bila digunakan melebih tegangan secara terus menerus.

Luxeon_007

Pemakaian driver LED Luxeon input DC 12V atau input AC 220V sangat dianjurkan, tidak disarankan penggunaan LED ini langsung tanpa driver LED, saya sudah menulis panjang lebar bagaimana cara membuat driver yang disarankan ini meski buatan sendiri silahkan baca di sini, tegangan yang dikeluarkan rangkaian sangat pas dan sesuai operasional LED.
Street-light-using-LUXEON-LEDs-lights-588x392

Mungkin sebagian anda bertanya, apakah mungkin Luxeon 3 Watt langsung di gunakan tanpa driver menggunakan battery 18650 3.7 Volt 5200mA?Saya katakan berdasarkan analisa saya. Bisa! asalkan Lednya yang digunakan tidak dipasang single melainkan harus dirangkai paralel agar arus yang digunakan tidak berlebih yang menyebabkan heatsink Luxeon PANAS bahkan bisa MATI. Silahkan perhatikan gambar rangkaian dibawah ini berdasarkan:

7x-hpl3w-700ma

Gambar diatas saya ilustrasikan menggunakan LUXEON 700mA agar tegangannya tetap 3.7 Volt, maka yang harus dipecah adalah arus sebesar 5200mA agar terbagi rata ke tiap-tiap led, sehingga panas bisa diminimalkan.

Anda bisa juga menggunakan Battery Nokia BL-5C 3.7 Volt 1400mA. Semoga rangkaian diatas bermanfaat untuk anda dirumah.

3 comments

  1. led luxeon 1 watt aja sdh terang apa lagi 3watt. led luxeon 3watt dikasih 450ma sngt terang apa lagi 700ma.

    ReplyDelete
  2. Klo pke batre nokia bl 5c 1000 mah led luxeon y pke single aman gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. amas asal dikasih resistor buat jaga-jaga biar g cepat panas..

      Delete

Silahkan komentar yang baik ya...!