Cahaya Super dari lampu LED Super Terang

Proyek pengerjaan lampu kali ini, menggunakan sebuah lampu Pijar super terang yaitu LUXEON tersedia ukuran 1 Watt hingga 5Watt dengan arus konstan 350mA hingga 700mA. Rangkaian yang diterapkan sangat sederhana hanya menggunakan IC LM317 resistor dan sebuah battery 9V.
hpl-led-driver
Cahaya yang dipancarkan juga cukup terang ketika di kegelapan malam. Apalagi lampu Led yang digunakan cukup banyak sekali lebih dari 5 set LED super terang. Sangat cocok digunakan untuk lampu penerangan emergency yang murah meriah dan hemat power atau bisa juga digunakan sebagai lampu sorot hanya ditambahkan lensa plus holdernya ukuran 20mm.

Ide sederhana ini sangat mudah dilakukan tanpa menggunakan peralatan adaptor tegangan 220 VAC, cukup battery 9V saja.
hqdefault
Penerapan utama lampu ini bisa untuk lemari pakaian, kamar mandi, lemari makanan yang membutuhkan penerangan otomatis tanpa saklar manual. Cara kerjanya ketika pintu terbuka akan menekan tombol toggle on/ off sehinga rangkaian terhubung dan lampu led menyala begitu sebaliknya. Lebih jelasnya perhatikan gambar dan komponennya.
driver_led_lm_3172
Komponennya:
  • Battery 9V
  • Saklar SPDT
  • Resistor 3,9 ohm
  • IC Regulator LM317
  • LED Luxeon
Jadi dengan membuat rangkaian driver ini anda bisa menggunakan LED super terang  yang hemat buatan anda sendiri di rumah. Rekan Tronika punya masalah cara pembuatannya silahkan ajukan komentar saja di blog kumpulan ilmu hari ini.
Cahaya Super dari lampu LED Super Terang Cahaya Super dari lampu LED Super Terang Reviewed by Ihsan on November 18, 2013 Rating: 5

15 comments:

  1. met pagi boos kalo rangkaian di atas bsa pake aki 12 volt ga?

    ReplyDelete
  2. pake aki 12 volt bisa asal nilai resistornya sedikit dinaikkan, lbh amannya coba gunakan trimpot untuk ngukur tegangannya berapa atau gunakan rumus, dia rtikel ini sdah ada ko coba aja searching. terima kasih

    ReplyDelete
  3. Itu led nya yg jenis hpl ya pak? Untuk 1 rangkaian dengan input btre 9 v bsa dipakai untuk berapa lampu lednya?

    ReplyDelete
  4. @tony sultoni

    iya mas itu jenisnya HPL silahkan lihat http://goo.gl/mTi2WB

    ReplyDelete
  5. Satu lampu harganya berapa ya.....

    ReplyDelete
  6. @bagong asellolay

    dijual perpack isi 10pcs

    1W 75rb
    3W 120rb
    5W 275rb

    ReplyDelete
  7. kalau utk kamar mandi, begitu pintu dibuka lampu nyala.. begitu pintu ditutup, lampu mati? gelap donk. pas dlm kamar mandi khan pintu ditutup.

    ReplyDelete
  8. kalo inputnya 5v bisa gak ?

    ReplyDelete
  9. di kamar gw, pkai luxeon 1watt 1 buah. gw pkai powersupply bekas booster tv tegangan 12v, gk pkai driver, heatsink cuma pkai uang logam. led nya sdh 2 bln aman aman saja meski dinyalain 14 jam per hari.

    ReplyDelete
  10. gw nyalain led luxeon dg charger se, charger langsung putus resistornya..

    ReplyDelete
  11. Di gambar aslinya diatas resistornya 2 mas. Tapi di petunjuk gambar dibawah resistornya 1

    ReplyDelete
  12. Terimaksih banyak artikelnya sungguh membantu...saya mw minta tolong,skemtik driver hpl 3 watt untuk 12 volt,trmakasi...

    ReplyDelete
  13. kalau driver led lluxeon 10 wat 700mA untuk 12 v gmn?
    mohon pencerahan

    ReplyDelete
  14. mas make led hpl 10w bt motor tanpa driver masih aman.
    rasanya pngen coba ke 20w sampai 50 w klu mke tegangan 12v apa ajh yg d perluin ya karena led yg di atas 10w hrus tegangan 22v trims jawabnya ya

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.