Cara Cepat Memasang Kabel LAN Straight atau Cross

Saatnya sekarang belajar lagi bagaiamana cara memasang kabel LAN (local area network) atau yang bias... thumbnail 1 summary
Saatnya sekarang belajar lagi bagaiamana cara memasang kabel LAN (local area network) atau yang biasa disebut kabel lan yang biasa menggunakan connector RJ45 yang sudah umum terpasang pada perangkat networking apapun semacam, port hub, lan adapter, ethernet adapter, modem ADSL, wifi router, dll.

Langsung saja yuk sima cara cepat belajar memasang kabel LAN yang paling sering digunakan sebelumnya, tolong anda siapkan bahan-bahan yang biasa digunakan saat pemasangan jaringan seperti di bawah ini.

Tester koneksi RJ45

 Alat ini biasa digunakan oleh teknisi jaringan sebagai pengujian baik atau tidaknya RJ45 yang selesai dirakit, sehingga tidak ada putus asa setelah kabel terpasang semua. Alat ini memaksimalkan kinerja pemasangan. bersifat opsional saja.



Tang Crimping RJ45


Bukan sekedar tang biasa yang mencabut paku, tapi tang ini khusus untuk menekan pin-pin ke kabel jaringan. Sekaligus bisa untuk memotong dan mengupas kulit penampang kabel.

Konektor RJ45

Konektor RJ45 ini memiliki perang penting sebagai penghubung antar dua perangkat berbeda yang akan mengirim dan menerima data apapun dan kemana saja.

Kabel Cross


Kabel cross digunakan pada saat kita mau menyambungkan computer ke computer lain,atau kabel ini ini digunakan kalau kita mau menghubungkan 2 komputer atau hub ke hub, dengan kata lain kabel cross di gunakan untuk menyambungkan dua perangkat jaringan yang sama.perbedaan kabel cross dari kabel straight cuma terletak dari kabel nomer 1 dan 3 dan 2 dan 6, kita tinggal menukar saja kedua kabel itu.



  • Hubungkan 2 komputer secara langsung Seperti Modem ADSL ke Router.
  • Sambungkan port LAN router ke sebuah switch / hub ‘s normal port. (Biasanya digunakan untuk memperluas jaringan)
  • Hubungkan 2 switch / hub dengan menggunakan port normal di kedua switch / hub.
  • Hubungan antara 2 komputer tanpa menggunakan Hub (Hanya dari Ethernet PC 1 ke Ethernet PC2), untuk menghubungkan 2 komputer tanpa hub, tidak bisa menggunakan sambungan Stright
  • Untuk membuat kabel crossover anda dapat melakukan dengan cara, kedua sisi Ujung (sisi A dan sisi B) kabel memiliki pengaturan kawat dengan mengikuti warna yang berbeda. Lihat Tabel dan gambar cara sambungan ke dua ujung kabel.
Dalam pembuatan kabel crossover Anda dapat menggunakan Crimper ini untuk melakukannya. dan jika Anda masih tidak yakin jenis kabel yang akan digunakan coba lihat urutan kabel pada jaringan yang sudah bekerja.

Kabel Straight

  Kabel Straight digunakan pada saat ingin menghubungkan antara computer dan hub ataupun sebaliknya.Dengan kata lain metode ini digunakan ketika kita akan menghubungkan 2 komputer ataupun lebih,tapi melalui perantara seperti hub ataupun switch.Sebenarnya susunan kabel straight tidak harus persis seperti dibawah ini, susunanya warna bisa ditukar sesuai selera anda. Susunan warna dibawah ini merupakan standar yang sering digunakan di Indonesia.


  • Hubungkan komputer ke switch / hub ‘s normal port.
  • Sambungkan komputer ke kabel / port LAN modem DSL‘s.
  • Hubungkan port WAN router ke kabel / port LAN modem DSL’s.
  • Menghubungkan port LAN router ke switch / hub ‘s uplink port. (Biasanya digunakan untuk memperluas jaringan)
  • Koneksi dua switch / hub dengan salah satu switch / hub menggunakan port uplink dan yang lainnya menggunakan port biasa.
  • Jika anda ingin membuat sambungan kabel Stright kelihatannya lebih mudah untuk memasangnya, karena Kedua sisi ujung kabel (sisi A dan B) kabel memiliki pengaturan kawat dengan warna yang sama. Seperti tabel dan gambar dibawah ini.

Maksimal Panjang kabel LAN yang bisa di pasang yaitu sepanjang 100 M karena jika lebih dari 100 Meter maka transfer data berjalan lambat dan lama. Jadi disarankan jika ingin memasang kabel LAN lebih dari 100 Meter kita harus memakai Switch / Hub dalam menghubungkannya.

LANGKAH LANGKAH CRIMPING KABEL STRAIGHT DAN CROSS.

Cara Crimping Kabel UTP ke RJ-45

  1. Kupas kulit kabel selebar 2 cm.
  2. Susun rapi delapan kabel yang terdapat didalam sesuai dengan gambar dan penjelasan diatas.
  3. Luruskan kabel yang masih kusut.
  4. Ratakan ujung kabel dengan memotong nya menggunakan tang crimping.
  5. Setelah yakin urutan warna benar dan ujung kabel sudah rata, masukan kabel kedalam konektor RJ-45 , pastikan ujung kabel menyentuh ujung RJ-45, dan jepitlah menggunakan Tang Crimping.
  6. Setelah menyelesaikan kedua ujung kabel, uji menggunakan Lan tester, jika semua lampu menyala, berarti kabel tersebut telah di crimping dengan benar dan bisa digunakan. Cara Crimping Kabel UTP ke RG-45  Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet Gampang !

Begitulah cara crimping kabel, thanks for reading :)

sumber dengan sedikit tambahan dan perubahan: http://jaringandasar.blogspot.com/2012/11/kabel-lan-straight-dan-cross.html

2 comments

  1. Wah Post Ini Membantu Sekali.. Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya Arigatou!! ^_^
    http://aikawafaith.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. terimakasih banyak gan informasinya

    salam Rajalistrik.com

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!