Cara Tepat Upgrade Audio Rumah Tangga

Caratekno – Buat pecinta audio tentu suara-suara sangat sensitif dan memukau, apalagi bagi pecinta musik dan film. Sangat mempesona ketika mendengarkannya menggunakan perangkat audio yang modern.

Terus apakah kita perlu membeli perangkat audio yang mahal-mahal seperti konser atau seperti studio film?

Ga perlu!

Anda bisa sedikit memeriksa dan mengubah konsep desain tata letak audio anda di rumah.

Siap?!

Kita mulai ya dari tips sederhana, silahkan baca dan simak terus artikel ini hingga tuntas.

1. Cara Murah

Periksa kualitas audio

Tidak bisa disebutkan berapa banyak yang mengeluh suara musiknya jelek, bisa jadi anda tidak memeriksanya terlebih dahulu kualitas audinya itu sendiri. Bisa jadi sinyal streaming yang lemah.

Lokasi Speaker aktif

Banyak kasus audio berbeda kualitas suaranya ketika beda tempat, terkadang ditempat lain terasa lebih kencang suaranya, lebih mantul dentuman bassnya, atau ketika diposisikan di sudut lain kadang suaranya jadi rada aneh, kurang “nendang” dan efek suara berubaha.

Coba anda pindah-pindahkan speaker aktif dirumah Anda cari posisi terbaik.

Ada juga speaker yang tambah mantap suaranya ketika ditambahkan speaker tweeter. Anda tahu kan speaker jenis ini. Sebenarnya speaker pada umumnya sudah dirancang khusus merespon frekuensi suara rendah dan suara tinggi.

Karena menjadi satu itulah kondisi suara nada tinggi akan kalah dengan suara rendah (alias dentuman bass).

Maka untuk membantu suara memunculkan peran frekuensi tinggi ini, anda bisa menambahkan speaker tweeter.

Saya berani jamin audio rumah akan semakin jozz..

Pindahkan perabotan yang menghalagi

Ruangan anda sangat berperan penting mempengaruhi kualitas suara. Kadan pantulan suara ini akan sangat terasa ketika mikrofon feedback dengan benda maka suaranya akan mengerikan dan memekakkan telinga.

Nah, karena itu anda segera tempatkan audio dengan tata letak yang pas. Anda perlu coba berkali-kali untuk mendapatkan suara yang pas.

Biasanya tidap ruang memiliki karakter sendiri karena beda perabotan disekitarnya, bisa jadi suara terlalu treeble atau bahkan terlalu bass.

Sedangkan dinding sangat mudah memantulkan gelombang suara, jika suara dipantulkan balik ke arah kita saat proses rekaman suara, anda bisa menambahkan perangkat peredam suara (bisa dari bahan busa).

Jika tidak ada alat peredam suara anda bisa menambahkan perabot penghalang lainnya seperti rak buku atau furniture lainya. Agar gelombang suara memantul ke arah lainnya, tidak kembali ke arah microphone.

2. Cara Profesional

Jika anda memiliki dana lebih cara ini memang tidak murah namun ya namun hasil suara yang sangat bagus. Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang sudah terbukti efektif meredam suara.

Biasanya busa model cangkang telur anda bisa membelinya di marketplace harga kisaran Rp100rb – Rp 500rb.

Busa khusus ini sangat baik ditempatkan pada dinding-dinding yang dapat memantulkan suara.

GRATIS UPDATE TERBARU ARTIKEL CARA/TIPS/HOW TO/DIY TERBARU, Masukkan email Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.