10 DIY Ide Membuat Sendiri Alat Penyaring Udara Sederhana di Rumah dari Barang Bekas

Caratekno – Apa anda sering mengalami alergi? Bisa jadi bukan masalah dari dalam diri anda, melainkan dari lingkungan udara yang kurang sehat.

Nah sebagai solusinya anda bisa memasang alat pembersih udara yang dapat menyaring udara kotor menjadi udara bersih dan sejuk.

Untuk membuat seusai ukuran yang diinginkan anda bisa menyesuaikan dengan bahan-bahan yang ada.

Yuk kita kreasi sendiri inilah 10 cara membuat penjernih udara dengan bahan yang murah meriah dari sekitar rumah yang bisa anda manfaatkan seperti kardus, plastik

Apa saja….

1. DIY Penjernih Udara

How to Make Air Purifier
Img by itsoverflowing

Penjernih udara bikinan sendiri ini cukup baik jika dikerjakan dengan rapih.

Bikin penjernih udara ini dapat mengurangi alergi akibat udara kotor. Anda bisa membuatnya dengan kotak bekas bisa dibuat dari bekas kaleng cat ukuran 20 inchi.

Sangat cocok untuk jadi bingkai kipas angin nantinya.

Motor dinamo kipas anda bisa membeli baru kisaran harga kurang lebih 50 ribu-70 ribuan di toko komponen elektronik. Cara buatnya

2. DIY Kotak Penjernih Udara

DIY Box Fan Air Purifier

Jika anda tidak menyukai bentuk penjernih pada poin 1, Anda bisa membuat filter dari bahan yang lebih baik filter HEPA ukuran bingkai 20 inchi x 20 inchi x 1 inchi.

Anda bisa siapkan dengan dana yang murah sekali memanfaatkan barang-barang bekas dari rumah akan menekan harga semakin hemat. 

3. Bikin Penjernih Udara Pipa PVC

Make an Air Purifier on the Cheap

Membuat sendiri penjernih yang bagus harga murah tapi tidak murahan dan bagus.

Filter udara ini tidak kalah dalam hal menyaring udara kotor, debu, penyebab alergi dari dalam rumah atau ruangan. Anda cuma butuh PVC pipa ukuran diameter 3″ dan kipas angin casing CPU 12V, serta adaptor 12V dengan saklarnya.

Ukuran yang tidak terlalu pajang desain sangat bagus tidak memakan tempat.

Silahkan rakit kipas ke dalam pipa PVC, selengkapnya coba anda baca disini. 

4. Penyaring udara dari Kardus Bekas

Make Air Purifier from Cardboard at Home

Punya kardus bekas tebal yang masih bagus sisa kemasan produk, jangan anda keburu buang.

Nanti bisa anda buat sebagai bahan utama penjernih udara ini yang sangat keren.

Potong lembaran kardus 4 lembar ukuran 19″ x 27 dan 2 lembar ukuran kardus 19″ x 19″. Bagian atasnya ada kipas CPU ukuran diameter 3″. Jika anda bingung mau seperti apa nanti jadinya coba anda simak saja di sini Youtube 

5. Air Purifier Meja

Homemade Desktop Air Purifier

Bikinan sendiri penyaring udara bisa ditempatkan di atas meja untuk menjaga kualitas udara saat bekerja.

Bahan dasar kayu hardboard yang dicat putih elegan dengan bahan 2 kipas angin CPU 2 buah 24V, power supply 12V, Booster tegangan, 10K Ohm Potensiometer, 3K Ohm Resistor, bahan filter MDF dan beberapa bahan lainnya agar lebih jelas saat pemasangan coba anda lihat disini ya..

6. DIY Penjernih udara karbon aktif

DIY Activated Carbon Air Purifier

Mungkin ini bisa dibilang penjernih udara bikinan sendiri yang terbaik menurut saya, Alat ini diklaim mampu menyedot asap, udara kotor, dan debu udara yang menyebabkan alergi.

Anda butuh ember besar bisa bekas kaleng cat besar, jika memungkin beli ember plasti besar yang baru dan bagus harga kisaran 50rb-100rb di toko perabot plastik.

Bagian sisi-sisi dilubangi untuk masuk udara, tempatkan kipas angin listrik besar menghadap ke atas.

Jangan lupa masukkan karbon aktif ke dalam ember sebagai komponen inti penjernih udaranya. Youtube

7. DIY Penyaring Udara dengan UV

Penyaring ini dibuat dari kipas angin CPU bekas yang sudah tidak digunakan lagi. Untuk kerangkanya sendiri anda bisa buat dari kardus tebal yang masih bagus. Setelah kotak kardus dibuat, masukkan kipas kedalam kotak dan berikan lampu led UV. Biar mudah dipahami coba deh tonton dulu

8. Membuat Penjernih Udara dengan Air

Nah, kali ini kita akan mencoba berkreasi pembasmi kuman dan penjernih udara menggunakan air. Air sangat bagus dan cepat menjernihkan udara dan kotoran debu. Yang anda butuhkan cuma 2 buah botol plastik bekas sebagai penampungnya dan kipas angin blower mini 12VDC, Sangat efektif menangkap kotoran kedalam air. Youtube

9. Listrik Menjernihkan Udara

Cara menjernihkan udara dengan aliran listrik, Sepertinya baru denger ya istilah ini? Tapi kalau tidak dibutktikan sendiri benar tidaknya listrik 220VAC bisa menjernihkan udara tidak akan tahu, ya kan?! Secara teori dan konsep ION listrik menangkap partikel debu. Nah, untuk lebih jelasnya Anda bisa perhatikan cara membuatnya.

10. DIY Kotak Pembersih Udara dan Debu

img by itsoverflowing.com

Mempunyai penjernih udara dan kotoran debu dengan harga terjangkau, tidak susah membuatnya. Anda bisa memasang filter udara sisaan yang bisa anda dapatkan atau membelinya secara terpisah kemudian memasangnya di kotak filter udara ini. Kotak kayu sebagai penombang kipas box besar Youtube

KESIMPULAN:

Hidup sehat dengan membuat lingkungan bersih dan murni dengan filter debu udara. Mulailah terlebih dahulu dengan meningkatkan kualitas udara yang Anda hirup di rumah Anda.

Pembersih udara buatan sendiri bisa sebagai untuk penyaring udara ketika Anda perlu menghilangkan bau asap, debu, kotoran, dan bau dari udara rumah Anda.

Bahan-bahan yang mudah didapat seperti filter kipas angin kotak, kipas angin komputer bekas pakai, filter udara yang bisa dibuat layakanya produk berkualitas meski buatan sendiri.

Selamat Berkarya.

 

GRATIS UPDATE TERBARU ARTIKEL CARA/TIPS/HOW TO/DIY TERBARU, Masukkan email Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.