Lampu Penunjuk Arah dan Lampu LED Kedip

Caratekno – Rangkaian ini adalah sirkuit lampu penunjuk arah sepeda yang menggunakan komponen murah yang bisa anda beli di toko komponen Sirkuit ini bekerja dengan cara yang sangat berbeda dan nyaman untuk dioperasikan.

Rangkaian indikator arah sepeda bekerja dengan baterai 9 Volt dan pada dasarnya adalah satu set dua osilator independen (multivibrator astabil) yang dibangun di sekitar empat transistor daya rendah dan beberapa komponen pasif.

Rangkaian lampu arah sepeda

Masih bingung seperti apa cara kerjanya?

Kedua osilator gelombang persegi (dibangkitkan oleh komponen transisitor T1 dan T2 dan transistor T3 dan T4) menggerakkan empat LED merah (masing-masing LED1 dan LED2, dan LED5 dan LED6), yang berkedip untuk menunjukkan arah belokan. LED cahaya stabil tambahan (LED3 dan LED4) digabungkan untuk menunjukkan status kerja.

Cara Kerja Lampu Sinyal Arah Sepeda

Ketika saklar S1 ke posisi “on”, suplai DC dari baterai diteruksn ke rangkaian osilator yang dibentuk oleh transistor T1 dan T2. Sekarang osilator sisi kiri mulai berosilasi dan indikator visual di kiri depan (FL) dan kiri belakang (RL) mulai berkedip pada kecepatan yang ditentukan oleh kapasitor timing C1 dan C2. Resistor R2 dan R3 membatasi arus operasi LED (LED1 dan LED2). Pada saat yang sama, LED hijau (LED3) mulai menyala untuk menunjukkan status arah saat ini.

Tindakan serupa terjadi di rangkaian osilator berikutnya yang dibangun di sekitar transistor T3 dan T4 ketika sakelar S2 dibalik ke posisi “on”. Indikator di kanan depan (FR) dan kanan belakang (RR) mulai berkedip, dan pada saat yang sama LED hijau (LED4) menyala untuk menunjukkan status arah.

Sakelar S3 digunakan untuk indikasi darurat. Ketika dibalik ke posisi “on”, kedua osilator mendapatkan catu daya melalui dioda D1 dan D2. Hasilnya, LED1 hingga LED6 mulai bekerja secara bersamaan. Pada kondisi ini semua LED berkedip kecuali LED3 dan LED4 yang menyala terus.

Perakitan Lampu Arah Sepeda

Setelah memasang sirkuit pada PCB secara umum, tutupi rangkaian dalam wadah/box praktis dan sesuaikan di sepeda sehingga sangat aman dan nyaman berkeliling.

Tekan sakelar S1 di sisi kiri, S2 di sisi kanan dan sakelar darurat S3 di tengah unit master. Sekarang tempatkan unit master ini di bagian atas bilah pegangan dan lakukan interkoneksi penting menggunakan kabel fleksibel. Hubungkan indikator depan (LED1 dan LED5) ke sisi kiri dan kanan pegangan dan demikian pula indikator belakang (LED2 dan LED6) dapat dipasang di rangka pembawa sepeda.

Untuk indikator arah, Anda dapat menggunakan simbol arah dan meletakkannya di tengah pegangan, lihat gambar di atas untuk referensi.

GRATIS UPDATE TERBARU ARTIKEL CARA/TIPS/HOW TO/DIY TERBARU, Masukkan email Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.