Tutorial

Selamat Datang di Blog Caratekno

Sebelum anda mempelajari lebih jauh ratusan artikel dalam blog Caratekno, alangkah lebih baiknya bila Anda mulai dari sini. Caratekno bukanlah blog rujukan utama atau artikel bacaannya bukanlah 100% murni dari  pemikirian penulis sendir, melainkan hasil rangkuman dan riset dari beberapa sumber yang sudah tersedia baik referensi online atau offline. Pada materi berikutnya akan saya usahakan semudah dan sesedehana mungkin untuk memahami tutorial atau panduan di Caratekno. Baiklah kita mulai panduan apa saja yang sudah tersedia, nanti materi akan terus bersambung dan selalu update setiap saat, jangan lupa subscribe email dan channel Youtube.

Belajar Arduino

Arduino adalah sebuah brand khusus tentang perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) untuk sarana belajar dan berbagai proyek level rendah bahkan level tinggi. Pada tujuannya pengenalan Arduino lebih sering ke praktek ketimbang teori. Sofware Arduinoe (IDE) wajib terinstall dalam komputer (PC/Laptop) berfungsi editor bahan kode script untuk workshop Arduino
  • Pengertian Arduino UNO Mikrokontroler ATmega328 – Arduino Uno adalah papan sirkuit berbasis mikrokontroler ATmega328. IC (integrated circuit) ini memiliki 14 input/output digital (6 output untuk PWM), 6 analog input, resonator kristal keramik 16 MHz, Koneksi USB, soket adaptor, pin header ICSP, dan tombol reset. Hal inilah yang dibutuhkan untuk mensupport mikrokontrol secara mudah terhubung dengan kabel power USB atau kabel power supply adaptor AC ke DC atau juga battery.
  • Tutorial Jam Digital Arduino Menggunakan Real Time Clock DS1307 – Mengingat permintaan tentang tutorial bikin jam digital menggunakan perangkat Arduino, caratekno akan coba berbagi pengalaman dan sedikit pengatahuan tentang dunia ardunio. Yuk mulai. RTC (real time clock) IC DS1307 sangat terkenal sebagai modul interface untuk jam digital, bentuknya sangat mungil kecil dan sangat bermanfaat sekali bagi siapa saja yang ingin membuat jam waktu, karena memang sangat praktis.
  • Cara Membuat Kabel Jumper untuk Arduino Male-to-male – Kabel jumper atau kabel penghubung tidak lepas perlengkapan untuk uji coba rangkaian di papan trainer (breadboard) warna putih yang terdiri banyak lubang-lubang komponen yang terhubung per kolom dan perbaris, nah, fungsi kabel jumper inilah yang akan menghubungkan kaki-kaki komponen IC, resistor, kapasitor, diode, dan komponen-komponen elektronika lainnya.

Tutorial Arduino Beserta Contoh Proyek

   

Membuat Lampu Hias

>> Baca artikel lampu hias lainnya

Membuat Charger Aki

>> Baca artikel charger lainnya

Membuat Inverter DC to AC

>> Baca artikel inverter lainnya

Membuat Charger Battery SLA Ni-Mh Ni-CD

Membuat Charger Battery NiCd-NiMH dari Tamiya Bekas