73 Proyek dan Rangkaian LED untuk Pelajar dan Hobi

Siapa yang tidak tahu lampu LED kecil ini, pasti sudah pernah melihatnya donk.

LED (Light Emiting Diode) seperti halnya diode biasa prinsip kerjanya, yakni menghantarkan, mensejajarkan dan menyetabilkan arus searah (DC).

Konsumsi tegangan LED antara 1,2V sampai 3,4 volt dengan arus konstan bervariasi juga 300mA sampai 1200mA.

Caratekno selama beberapa tahun ini sudah menulis puluhan artikel tentang lampu led cek saja sitemap blog caratekno jika tidak percaya, coba hitung ada berapa tulisan.

Nah, agar arsip tulisan tersebut tidak hilang dan mudah diakses kembali saya akan mencoba merangkum artikel tadi menjadi satu postingan saja sekaligus sebagai arsip.

LED sudah banyak menginspirasi banyak orang mulai digunakan sebagai aksesoris ruang, lampu penerangan, lampu petunjuk jalan, presentasi, hiburan, dan masih banyak lagi.

Semua rangkaian LED yang Caratekno sajikan ini sangat mudah dan gampang dibuat di rumah buat pelajar atau hobi elektronika.

update: 20-12-2018

Proyek & Rangkaian LED

Cara Merangkai LED Driver 20W 34Volt untuk HPL 1-3 Watt

Mungkin jaman dulu harga lampu TL/LHE tergolong mahal harganya ketika diawal-awal kemunculannya. namun setelah semakin banyak digunakan dari harga ratusan ribu Rupiah sekarang dapat dibeli dengan harga 5000-7000 Rupiah. Tak heran sepertinya lampu LED ini nantinya juga akan semakin murah merakyat.

Ragam jenis lampu LED sangat banyak di pasaran bebas, pilihan jenis led tergantung penggunaannya untuk apa. Misal, Led jenis strawhat sangat baik bila digunakan untuk lampu penerangan.

Bermain led tidak akan ada habisnya mau tau buktinya silahkan lihat gambar di bawah ini dan ikuti cara membuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.