Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Kecil 1,5 Volt Super Terang

Punya lampu CFL bekas atau rusak? Eit jangan keburu dibuang dulu ya sebab nanti akan dibutuhkan untuk tugas belajar kali ini.

Caratekno akan mengajarkan bagaimana cara membuat lampu penerangan sederhana dengan alat rumahan apa adanya dengan sumber catu tegangan cukup 1 buah battery 1,2 – 1,5 Volt saja.

Nah, penasaran kan yuk lanjut bacanya

Yang anda butuhkan bukan lampu CFL utuh namun hanya di ambil sebagian kecil komponen induktornya saja. Nanti akan dijelaskan cara buatnya.

image by myfolio.com

Eeee ngomong-ngomong rekan tekno sudah ngerti apa itu CFL? CFL biasa disebut dengan istilah Compact Fluoresecent Light ada yang berbentuk bulat dan tabung melingkar.

Biasanya pada lampu CFL bekas yang berprinsip kerjanya dengan cara switching sudah umum menggunakan kumparan/ gulungan induktor.

Baca dulu artikel tentang Pengertian Switching

Induktor bekas lampu tadi kita ambil. Nilai induktor yang dibutuhkan 100uH sedangkan yang terpasang pada komponen CFL bernilai 200uH.

Biasanya induktor jenis toroid (bentuknya bulat melingkar)

image by inductorchina.com

Cara mengurangi gulungan toroid

Untuk mencapai nilai induktor 100uH yaitu menggunakan kabel bawaan CFL yaitu kabel 24 AWG dengan diameter toroid 10mm kabelnya digulung sebanyak 10 kali.

Nilai terukur induktor 100uH

Cara membuat lampu super terang… next update

GRATIS UPDATE TERBARU ARTIKEL CARA/TIPS/HOW TO/DIY TERBARU, Masukkan email Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.