Cara Pasang Kabel Micro USB ke USB

Caratekno.com - Apa kabar rekan tekno semua? semoga tetap dalam keadaan sehat dan bugar hari ini me... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Apa kabar rekan tekno semua? semoga tetap dalam keadaan sehat dan bugar hari ini meski hari mendung di musim hujan. Tulisan saya kali ini tentang pengkabelan konektor USB ke micro USB atau sebaliknya.

Cara ini sering digunakan untuk merubah jack konektor aslinya USB dirubah menjadi jack konektor micro USB pada keyboard/mouse optic. Bisa juga diterapkan pada OTG bawaanya hanya mini USB-to-USB daripada membeli yang baru, tidak ada salah jika anda memanfaatkan barang bekas dirumah difungsikan kembali.


Seperti kasus gambar dibawah, saya ingin merubah konektor mini keyboard portable bawaan pabrik USB. Setiap ingin menggunakannya untuk smartphone atau tablet saya harus mencolokkan OTG USB/micro USB dulu ke device. Walhasil, OTG yang mungil sering ngilang entah kemana dimainin anak saya.

Silahkan simak ulasan: Membuat Keyboard Android plus Mouse USB Sendiri

Daripada harus repot lepas-pasang mending saya paten sekalian biar tidak lepas-pasang OTG terus.


Perhatikan terlebih dahulu pinout micro USB seperti nampak di atas:
  1. Ground
  2. NC
  3. Data +
  4. Data -
  5. +5V
Bagaimana jika tegangan drop di tengah kabel? Silahkan baca 3 USB Power Booster, Injeksi Tegangan Kabel USB


Jalur pasang kabelnya nantinya seperti di atas atau juga bisa lihat gambar di bawah ini


Terkadang letak kaki-kaki konektor harus ditest dengan multitester agar tidak salah pasang kabel menyebabkan error dikemudian. Apabila pemasangan ini berjalan sesuai rencana secara otomatis perangkat akan terkoneksi dengan baik ke device lainnya. Semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!