Membuat Keyboard Android plus Mouse USB Sendiri

Menggunakan tablet android 7 inchi yang dilengkapi keyborad Android plus mouse layaknya PC sangat me... thumbnail 1 summary
Menggunakan tablet android 7 inchi yang dilengkapi keyborad Android plus mouse layaknya PC sangat mengasikkan. Anda bisa leluasa mengetik tanpa salah pencet keyboard seperti menggunakan PC/ Netbook. Gerakan mouse yang sangat mendukung bila anda ingin menggambar desin menggunakan tablet.

Jari jemari tangan manusia yang besar dalam kondisi tertentu sangat merepotkan untuk menggambar atau menekan menu yang sangat kecil. Namun, mouse USB yang terhubung dengan tablet akan sangat memudahkan anda, tidak percaya?! Silahkan coba sendiri!

Untuk me-fungsikan hardware tambahan (keyboard android USB dan mouse USB) sangatlah mudah. Yang perlu anda siapkan sedikit peralatan dan kesabaran untuk membuatnya yang biasa menjadi luar biasa.

Alat dan bahan:
  • USB to PS2 kits
  • 2 USB Female
  • Heatsrink ukuran besar dan kecil
  • Solder listrik
  • Timah
  • Pisau cutter
Step 1:
Persiapkan konektor USB to PS2 yang sering digunakan untuk merubah koneksi mouse dan keyboard PS2 agar bisa digunakan USB jika PS2 motherboard PC rusak. Jika membeli baru kisaran harganya Rp 15ribu – 20ribu.

Step 2:
Bukalah bagian pembungkus modul sehingga akan tampak PCB rangkaian seperti ini

Step 3:
Lepaskan kabel konektor USB dan dua kabel konektor PS2, kemudian ganti dengan USB female yang telah kita siapkan.

Step 4:
Konektor USB male sebaiknya anda ganti dengan konektor mini USB male agar lebih mudah langsung digunakan di tablet anda. Anda harus memasangkan seperti pada gambar berikut ini. PERHATIKAN WARNA HIJAU – PUTIH!

Step 5:
Rapikan pengerjaan dengan menyematkan rangkaian kembali seperti semula, pergunakan perekat serbaguna heatsrink untuk memperkuat kabel sambungan.

Step 6:
Lakukan pengujian konektor dengan tablet Android 7 inchi, jika kursor mouse muncul di layar tablet dan led indikator numlock/ caps lock pada keyboard nyala berarti konektor telah berhasil dibuat.

Step 7:
Selesai. Kini anda memiliki perangkat tablet Android 7 inchi yang bisa digunakan dengan mouse dan keyboard Android.

Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman saya untuk mempermudah saat mengetik dan mendesain hanya dari perangkat tablet Android 7 inchi biasa.

5 comments

  1. ada hal yang saya mau tanyakan, apakah androidnya harus 7 inch , dan apakah tidak menggunakan software tambahan?

    ReplyDelete
  2. Mantap kreasinya sob, sayang sy belum punya andronya.

    ReplyDelete
  3. @tri agung

    smntr yang saya tahu cuma di tablet 7 inchi, dan tanpa aplikasi pendukung... langsung plug n go

    ReplyDelete
  4. @hendye subagja

    knp blm pnya mas bro??? semoga cepat beli andro ya

    ReplyDelete
  5. Apakah device harus support usb on the go?

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!