Cara Membuat Alat Dudukan Press Mesin Bor

Mesin bor sangat penting dan wajib dimiliki oleh seorang teknisi apapun pertukangan, bengkel, workshop, praktikum atau alat rumah tangga.

Saat akan mengebor material dengan sudut 90 derajat bila dilakukan secara manual hanya mengandalkan kekuatan tangan saja tidak terlalu presisi hasilnya.

Berbeda bila dilakukan dengan sebuah alat agar hasil bagus dan tidak merusak media bor.

5 Alasan kenapa menggunakan alat dudukan press mesin bor lebih mantap

  • Lubang pengeborang lebih akurat – Mengandalkan kekuatan tangan memang bisa tapi tidak akan rapih dan akurat lubangnya, dengan dudukan yang pas akan mengebor lebih mudah dan hasil yang akurat tidak lonjong atau rusak.
  • Mudah dan cepat – Melubangi material dengan tangan gampang dan cepat bila dilakukan sekali, tapi bagaimana jika lubang yang harus dibor butuh banyak mengandalkan tangan bukanlah solusi.
  • Gampang membuat pola – dudukan bisa digeser sesuai kebutuhan sedangkan mata bor permanen fokus melubangi material. Contohnya media bisa diukir dengan hanya mengeser dudukan bawah sedangkan mata bor mengukirnya.
  • Hasil pas dan chuck drill bisa diganti-ganti – bila menggunakan chuck 3/8″ bisa diganti dengan chuck dril 1/2″

Video di bawah akan diajari tutorial cara membuat dudukan bor press dari bahan bekas dan seperlunya dangan biaya cukup murah jika dikerjakan sendiri ketimbang beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.