Cermati Resiko Membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sebelum Anda Pahami 6 Hal Ini

Akhir-akhir kita melihat semakin banyak orang telah sadar dan menggunakan energi  solar untuk pembangkit listrik meski masih sekala kecil, namun diperkirakan tiap tahun akan bertambah penggunanya.

Listrik dari hasil pembangkit tenaga sebenarnya sama fungsi dan kegunaanya, hanya saja sekarang masih digunakan sebagai power alternatif selain listrik dari PLN.

Energi ini sangat cocok digunakan di area terpencil jauh dari pasokan listrik negara.

Image by: alibaba.com

Saking bagusnya listrik tenaga surya bahkan bisa digunakan untuk peralatan elektronik rumah tangga dan gadget seperti ponsel, mp3 player, kamera, komputer, laptop, dan sebagainya.

Konsumsi tegangan arus AC ini cukup efektif sekali manfaatnya untuk power supply arus DC skala kecil.

Namun dibalik bagusnya energi solar ini, bebas polusi  dan segudang manfaat lain, sayangnya hasil kestabilan pasokan listriknya masih sangat tergantung dengan matahari yang bersih dari penghalangnya seperti tertutup awan dan cuaca.

Jadi, untuk menggunakan tenaga surya anda harus tahu kerugian dan kuntungannya.

Solar inverter atau biasa disebut dengan photovoltaic solar inverter dengan bentuk yang lebar dengan ciri khas grid datar berfungsi untuk menangkap sinar matahari kemudian mengkonversinya ke tegangan listrik kemudian disimpan di dalam battery yang sudah disiapkan.

Fungsi battery ini sebagai backup apabila jeda matahari sangat lama seperti malam hari atau matahari tertutup awan.

Jadi meski tidak ada sinar surya sekian lamanya inverter solar masih tetap berjalan menghasilkan energi listrik.

Letak yang sangat baik tangkapan sinar adalah di atas atap rumah/gedung atau tanah lapang yang bagus paparan suryanya.

Saat malam hari battery/aki akan mensuplai listrik selama sel surya tidak ada penyinaran.

Mudah kan sistem kerjanya? tertarik menggunakannya?

Cara Kerja Sebuah Solar Inverter:

Nah, setelah anda sedikit mengetahui apa itu solar inverter, kini kita akan memahami prinsip kerjanya.

Solar panel atau panel surya bisa langsung menghasilkan listrik dalam jumlah kecil akibat efek paparan sinar matahari yang diserap kemudian kandungan elektron di dalam sel surya bergerak aktif dari kutub negatif ke positif secara simultan.

Hasil listrik arus dan tegangan DC kemudian inverter menjadi arus AC

Itu jika terjadi pada lempengan kecil sel surya, nah bagaimana jika kita memiliki panel surya yang banyak dan besar jumlahnya.

Sungguh ini adalah energi alternatif yang cukup bagus.

Inverter menghasilkan listrik berupa gelombang kota atau sinus sudah cukup untuk menyalakan sebuah peralatan elektronik, televis, lampu, motor, dan lainnya .

Memang sebuah inverter yang bagus dengan hasil gelombang pure sign wave/ sinus harganya masih tergolong sangat mahal bahkan mencapai puluhan jutaan rupiah.

Sebab, inverter ini listriknya benar-benar sempurna menyerupai pembangkit listrik besar dan modern milik PLN.

Namun, dalam artikel ini saya tidak membahas lebar masaha pure wave, hanya sebagian garis besar saja saya jabarkan disni.

Secara mendasar bahwa sebuah pembangkit listrik sederhana sudah mencukupi untuk konsumsi power supply peralatan elektronik di rumahan.

Jadi, silahkan konsultasikan terlebih dahulu dengan pakarnya jika ingin diterapkan pada listrik rumahan saja.

Bagaimana cara membuat solar inverter yang benar?

Sebenarnya energi dari matahari biayanya sangat murah, namun kita tetap membutuhkan perawalatan terbaik di awalnya saja.

Alat ini yang kita sebut sel surya merubah energi panas dari paparan sinar matahari ke dalam bentuk listrik.

Skema diagram alur sebuah inverter tenaga surya kredit: electronicshub.org

Skema rangkaian inverter yang sederhana

  • Seperti nampak pada gambar diagram listrik pembangkit matahari hanya membutuhkan sedikit komponen saja, tiap-tiap bagian memiliki peran dan fungsi masing-masing.
  • Sebaiknya transistor mesti ditempatkan pada heatsink alumunium agar tidak cepat panas. Isolator plastik mika jangan lupa agar tidak terjadi hubung singkat antar bodi alumunium dengan transistor.
  • Sebab hal ini sangat beresiko sekali bila transitor tidak diisolasi dengan ground.
  • Alangkah baiknya heatnik ini Anda tambahkan vetilasi di kotak dan kipas angin.

Skema Rangkaian Inverter Tenaga Surya:

Untuk memahami proses kerja sebuah solar inverter bisa anda pahami langkahnya.
Gerbang IC 4049 N1 & N2 sebagai osilator, yang menghasilkan gelombang kotak untuk inverter awal mulanya.

Sedangkan gerbang N3 sampai N6 sebagai buffer rangkaian ini saat beban kosong., begitu seterusnya secara simultan.

Nah, tegangan fase buffer kemudian diperkuat (amplifier) oleh transistor T1 & T2. Sedangkan transistor T3 & T4 mengatur perubahan naik turunya tegangan serta meningkatkannya sebagai output.

Keuntungan Pembangkit Sel Matahari:

Setelah kita mengetahui secara gamblang apa saja komponen solar inverter dan bagaimana cara kerjanya sampai menjadi aliran listrik yang bermanfaat untuk rumah tangga dan industri. Berikut saya jelaskan keuntungannya, kalau ada kurangnya tolong Anda tambahkan di kolom komentar ya..

  • Energy dari matahari tidak terbatas jumlahnya yang bisa mengurangi pemanasan global dan efek rumah kaca.
  • Energi matahari mengurangi ongkos produksi dan ongkos perawatan kelistrikan, karena itulah semakin banyak orang-orang mulai beralih fungsi menggunakan sel surya ini.
  • Solar inverter dapat merubah langsung arus  dan menyimpannya ke dalam aki. Hal ini semakin mempermudah proses penggunaan dan keawetan pasokan listrik.
  • Solar inverter versi rumahan yang kecil mudah digabungkan dengan solar inverter di pembangkit matahari jika ingin kapasitas listrik yang lebih besar lagi
  • Kegunaannya multifungsi menjadikan pembangkit paling efisien dan terbaik dari pembangkit lainnya. Karena mengkonversi arus DC ke AC sangat bagus sehingga cocok untuk konsumsi listrik komersial.
  • Inverter jenis ini sangat lebih murah dan efektif ketimbang generator pembangkit.
  • Selain dimanfaatkan untuk pembangkit listrik, sinar matahari juga bisa digunakan untuk memasak, pemanas air, penghangat ruang, kolam renang, dan lainnya.
  • Pembangkit surya ini sangat mantap ketimbang pasokan aliran listrik biasa, namun mengingat biaya maintenance tidak sedikit anggarannya. So, pertimbangkan dengan bijak.

Kerugian Inverter tenaga Surya:

  • Awalnya dibutuhkan ongkos pembuatan yang mahal untuk membangung pembangkit tenaga surya.
  • agar hasil listrik efektif panel surya diharuskan terpapar matahari yang kuat disarankan diletakkan ditempat yang mudah menjangkau sinar matahari dan tidak tertutupi oleh sesuatu.
  • Untuk hasil optimal dibutuhkan panel surya yang banyak dan tempat yang tidak sedikit.
  • Panel surya akan bekerja efektif jika matahari bersinar terang dan tidak tertutup awan.
  • Solar inverter baru bisa bekerja maksimal apabila sebelumnya aki sudah terisi penuh kemudian untuk proses chargingnya dengan bantuk panel surya. Nah, jika battery drop panel surya tidak menolong banyak.

Nah setelah kita pertimbangkan segala kerugian pembangkit listrik tenaga surya kita dapat menerapkan ketika peralatan ini benar-benar berfungsi di lokasi yang cocok seperti yang dijelaskan di atas dan memang jauh dari pasokan listrik atau memang tidak ada pembangkit listrik tenaga lainnya kecuali sinar matahari.

Jadi membeli perangkat PLTS ini hanya jika dalam kondisi prima dan sangat dibutuhkan. Jika tidak memenuhi syarat di atas dikhawatirkan buang-buang anggaran kecuali anda baru saja dapat warisan segunung :).

You May Also Like

About the Author: caratekno

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.