Cara Mengganti Icon Drive Windows 7 – 8 – 10

Caratekno – Kali ini Caratekno ingin mengulas cara praktis merubah tampilan icon harddisk/ drive pada Windows Explorer.

Tulisan singkat artikel ini bermula ketika tanpa sengaja icon drive terhapus akhirnya terbentuk icon gagal.

Cara cara gimana icon cantik kembali nongol akhirnya ditemukan cara cepat merubahnya.

Anda bisa gonta-ganti icon setiap hari bahkan karena memang caranya sangat mudah sekali.

Atau…

Terkadang merasa bosan melihat tampilan icon drive yang itu – itu saja setiap hari, ingin rasanya menggantinya dengan icon lain supaya tampil beda.

Nah, ada 2 cara untuk mengganti gambar tampilan icon yaitu dengan memanfaatkan file autorun.inf dan melalui registry.

Struktru file menggunakan autorun.inf

Seperti nampak gambar di atas anda bisa menerapak cara pertama dengan meletakkan file autorun.inf dan icon dari setup.exe (nama dan gambar file bisa dirubah-rubah sesuai selera)

Contoh kode autorun.inf

[Autorun]
open=setup.exe
icon=setup.exe,0

Tapi, disini saya hanya akan membahas yang melalui registry saja. Karena sebelumnya saya sudah menulis artikel cara mengganti icon flashdisk menggunakan file autorun.inf.

Sebelum memulai tutorial, berikut adalah hal yang harus dipersiapkan…

Drive yang ingin diganti iconnya (misal: drive C:)
File icon format “.exe .ico ” (misal: saya taruh di -> C:\icon_baru.ico)
Backup registry Windows (untuk jaga – jaga)

Mengganti Icon Disk Drive Windows 7 – 8 – 10 Melalui Registry

Menuju ke kolom Run dengan cara menekan Win+R dan ketikkan “regedit”, setelah itu klik tombol OK untuk memunculkan jendela Registry Editor.

Silahkan navigasi ke alamat registry HKEY_LOCAL_MACHINE –> SOFTWARE –> Microsoft –> Windows –> CurrentVersion -> Explorer -> DriveIcons.

Jika key DriveIcons belum ada, silahkan buatlah key baru dengan cara klik kanan pada Explorer lalu pilih New -> Key. Setelah itu, beri nama key tersebut dengan “DriveIcons” sehingga akan menjadi seperti gambar dibawah ini.

Silahkan buat lagi key baru pada DriveIcons, caranya sama seperti sebelumnya. Namun beri nama dengan huruf drive yang ingin diganti iconnya, misalkan “E”. Contohnya seperti gambar ini…

Kemudian buat lagi key baru dan beri nama “DefaultIcon”. Sehingga alamat registry menjadi seperti dibawah ini…

“HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\DriveIcons\E\DefaultIcon”

Pada key DefaultIcon di kolom sebelah kanan, klik 2x value yang bernama “(Default)”. Lalu ubah nilainya menjadi alamat file icon yang ingin digunakan, misalnya “E:\Icon_Drive_baru.ico”. Setelah itu klik OK dan tutup jendela Registry Editor.

Icon hasil akhirnya akan nampak seperti ini

Sebenarnya sampai disini kita sudah berhasil mengganti icon drive, untuk membuktikannya silahkan buka Windows Explorer dan lihatlah, icon drive sudah diganti…

Bagi Anda yang kesulitan mendapatkan file format .ico Anda dapat merubah format .jpeg .png .gif gambar apa saja yang anda mau dengan bantuan web converter image to ico

Online Image Convert

Merubah format gambar apa saja dengan sangat mudah secara online dan cepat ke bentuk format ICO. Ukuran maksimal format yang dapat dirubah sebesar 256 pixel. Jika gagal merubah format ukuran yang diinginkan makan converter secara otomatis merubah kedalam ukuran standart ico.

ICO Converter

ICO Convert adalah pembuat ikon dan generator favicon online gratis, dengan itu Anda dapat membuat ikon dari gambar png atau jpg, cukup unggah foto diri Anda, ubah ukuran dan krop, ubah ke bentuk yang Anda suka, tambahkan batas dan bayangan, dan simpan sebagai gambar PNG atau ikon Windows. Untuk mengkonversi PNG ke ICO, ICO ke PNG dengan cepat tanpa memotong gambar dan menerapkan gaya, silakan akses ke beranda lama.

Bagi Semoga artikel ringkas ini dapat membantu dan bermanfaat.

GRATIS UPDATE TERBARU ARTIKEL CARA/TIPS/HOW TO/DIY TERBARU, Masukkan email Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.