Belajar Mengenal Komponen-komponen Komputer

Sudah saatnya semua pembaca mengenal komponen-komponen komputer, hampir semua orang kini di jaman teknologi dan kemajuan telah menggunakan komputer.
komponen-komponen-komputer
Tidak semua orang yang bisa menggunakan komputer paham dan mengerti tetang seluk beluk dunia perangkat keras komputer.

  • Monitor, Informasi yang diproses oleh CPU akan ditampilkan secara interaktif melalui tampilan layar sehingga user dapat dengan mudah mengolah data. Tampilan layar tersedia berbagai ukuran 14, 15, 17, dan 21 inchi resolusi terendah untuk tampilan 800×600 pixel sedangkan standart tertinggi 1024×720. Berbagai jenis monitor CRT, LCD (, dan LED (light emitting diode)
  • Keyboard, perangkat input data berupa teks, angka dan simbol.
  • Mouse, sebagai pengarah/ pointer kursor yang ditandai dengan panah.
  • CPU, (Central Proccessing Unit) pengolah data yang biasa disebut komputer merupakan satu kesatuan yang terintegrasi (RAM, hardisk, motherboard, processor, dll)
  • RAM, (read access memory) biasanya berbentuk kepingan yang terpasang dalam slot memory SDRAM, DDR1, DDR2, dan DDR3.
  • Harddisk, perangkat keras bebentuk kotak yang dalamnya terdapat beberapa cakram keras yang menyimpan data hingga ratusan Giga byte, perangkat ini yang bertugas menyimpas semua informasi dan data user yang dibutuhkan.
  • Motherboard, Papan induk yang bertugas sebagai penampung segal perangkat dan akan diproses sesuai dengan karakter komponen komputer masing-masing.
  • Proccessor, merupakan otak dari segala sistem komputer terdapat dua vendor besar yang bermain di processor ini Intel dan AMD.
  • CD/DVD ROM, Membaca dan menulis kepingan cakram berupa CD atau DVD sebagai penyimpan media alternatif dari harddisk.
  • VGA, (video graphic adapter) tanpa adanya komponen ini segala informasi yang telah berhasil di proses oleh CPU tidak dapat ditampilkan ke layar monitor.
  • Sound Card, komponen yang bertugas mengeluarkan suara dari program
  • LAN Card, untuk membangun jaringan dengan komputer lain anda membutuhkan Local Area Network (LAN)
  • Kabel ATA/SATA, jenis kabel data yang biasa terpasang pada Hardisk dan CD/DVD ROM. ATA biasanya pipih lebar besar warna grey, sedangkan serial ATA lebih kecil berwarna merah terdapat pada produk-produk hardsik dan DVD ROM terbaru
  • Power Supply, perangkat catu dayainilah yang memberikan sumber tegangan untuk semua komponen-komponen komputer
  • Speaker komputer, sistem audio yang keluar dari sound card dengan jack audio 3.5mm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Belajar Mengenal Komponen Komponen Elektronika

Blog ini memang saya dedikasikan untuk rekan Tronika yang bertekad belajar Elektronika bersama, BUKAN berarti saya sebagai penulis blog ini lebih pandai dari rekan Tronika semua, sekedar berbagi ilmu saja.
belajar-komponen-elektronika
Seorang teknisi harus paham betul tentang setiap komponen dan fungsinya, sebelum mereka dikatakan mahir mereparasi setiap kerusakan. sengaja dalam pembahasan artikel tidak saya sebutkan fungsinya, dalam artikel selanjutnya akan saya tulis fungsi setiap komponen secara mudah.

RESISTOR
Resistor adalah komponen elektronik dua kutub yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi tegangan listrik di antara kedua kutubnya, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding dengan arus yang mengalir.
Resistor digunakan sebagai bagian dari jejaring elektronik dan sirkuit elektronik, dan merupakan salah satu komponen yang paling sering digunakan. Resistor dapat dibuat dari bermacam-macam kompon dan film, bahkan kawat resistansi (kawat yang dibuat dari paduan resistivitas tinggi seperti nikel-kromium). Jenis Resistor berdasar fungsinya terbagi menjadi 2, Resistor Tetap dan Resistor Variable diartikel selanjutnya saya jabarkan.[sumber Resistor: http://id.wikipedia.org]

KAPASITOR
Kondensator atau sering disebut sebagai kapasitor adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kondensator memiliki satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday. Kondensator juga dikenal sebagai “kapasitor”, namun kata “kondensator” masih dipakai hingga saat ini. [sumber Kapasitor: http://id.wikipedia.org]

Agar tidak kelewatan artikel terbaru belajar mengenal komponen silahkan anda bookmark website ini atau klik LIKE fan pages di facebook.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.