10+ Kreasi Unik Cara Membuat Lampu Hias dari Barang-barang Bekas - CaraTekno

10+ Kreasi Unik Cara Membuat Lampu Hias dari Barang-barang Bekas

Langit-langit kamar tidur adalah salah satu poin yang sering terlewatkan saat hendak menghias ruangan karena posisinya yang terlalu tinggi kerapkali dianggap menyusahkan untuk dihias. Alhasil, tampilan langit-langit sebuah kamar pun seringkali berakhir monoton.

Eits, jangan menyerah dulu ya sebab kami memiliki banyak ide sederhana yang dijamin mampu menjadikan langit-langit kamar tidur menjadi lebih menarik dengan membuat lampu hias gantung atau chandelier cantik dan unik.  Tanpa perlu berbasa-basi, mari mulai tutorial cara membuat lampu hias kamar gantung:


Usaha kreatif lainnya yang bisa Anda ditekuni agar mendapatkan penghasilan tambahan adalah membuat lampu tidur hias dari benang dan balon. Karya ini termasuk contoh handmade yang memiliki prospek bisnis dan usaha yang sangat menguntungkan dengan modal kecil.

Lampu tidur hias dari balon dan benang ini juga bisa dibuat secantik dan selucu mungkin dengan mengkreasikan berbagai macam karakter. Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah dicari dan harganya tidak mahal.

Lampu atau Bola Lampu adalah sebuah piranti yang memproduksi cahaya. Lampu biasanya digunakan untuk menerangi sebuah ruangan yang gelap yang membutuhkan cahaya dan juga dapat di gunakan di luar ruangan. Lampu pertama kali ditemukan oleh Sir Joseph William Swan.

Lampu Hias Bentuk Nanas Dari Botol Plastik Bekas


Lampu hias adalah salah satu produk yang biasanya digunakan sebagai hiasan untuk dekorasi ruangan dan juga bisa digunakan di kamar. Lampu hias sangat diminati bagi setiap orang yang ingin memberikan kesan beda pada ruangannya.

Saat ini memang sudah banyak peminat dari Lampu hias, namun masalah harga biasanya di banderol dengan harga yang cukup mahal bila kita ingin memilikinya.

Tapi tenang saja, buat anda yang mau sedikit kreatif dan ingin memiliki lampu hias dengan biaya yang irit dengan memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah anda. Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana Cara Membuat Lampu Hias Bentuk Nanas Dari Botol Plastik Bekas.
Berikut Cara Membuat Lampu Hias Bentuk Nanas Dari Botol Plastik Bekas

Ketika jaman dulu sebelum listrik menjadi sumber penerangan utama di malam hari, orang-orang menggunakan lampu minyak dan lilin sebagai sumber penerangan utamanya. Di Indonesia saat ini, di beberapa wailayah masih belum bisa menikmati enaknya pakai listrik, mereka pun masih pakai lampu minyak atau ada juga yang pakai genset atau listrik tenaga surya. Sementara di walayah yang sudah bisa menikmati listrik terkadang juga masih pakai lilin, bukan untuk penerangan, tapi sekedar untuk pemanis.

Anda pastinya mengenal minuman yang satu ini. Mizone adalah minuman yang cukup dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Botolnya memiliki desain yang unk dan warna yang eye-catching sehingga mudah dikenali di antara minuman-minuman yang lain. Botol minuman mizone yang berwarna biru ini juga membuatnya cocok dimanfaatkan menjadi hiasan atau prakarya yang menarik. Baca juga:  Gambar Rumah Minimalis 1 Lantai Tampak Depan

Apalagi botol bekas minuman mizone mudah didapatkan. Botol minuman mizone ini bisa kita ubah jadi lampu hias yang unik lho. Tepatnya lampu hias berbentuk seperti lampion. Wah, pasti terlihat bagus dan unik. Mau tahu bagaimana cara membuat lampu hias yang satu ini? Yuk kita kumpulkan semua bahan-bahannya!

Lampu Hias Benang 


Untuk membuat lampu hias dari balon dan benang, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
  • Balon karet atau bisa juga menggunakan balon plastik. Jika menggunakan balon plastik, dari segi biaya awal akan lebih mahal, namun dapat digunakan berulang kali.
  • Benang jahit atau benang nylon
  • Lem kayu (bisa menggunakan lem kayu merk Rajawali atau lem Fox)
  • Kain flanel (digunakan untuk hiasan)
  • Kuas
  • Gunting
  • Gelas plastik bekas minuman
  • Lampu bohlam minimal 5 watt
  • Stand lampu yang dilengkapi kabel dan colokan listrik. Bisa didapatkan di toko penjual lampu dan kabel listrik.
  • Pompa plastik jika tidak ingin meniup dengan mulut

Cara Membuatnya:
  1. Jika menggunakan balon karet, pompa atau tiup balon hingga mencapai ukuran kecil atau sedang, jangan terlalu besar agar lebih efisien dalam penggunaan benang dan lama waktu pembuatan.
  2. Jika menggunakan balon plastik, pompa balon hingga ukuran maksimal.
  3. Masukkan lem kayu ke dalam gelas plastik dan campur dengan air secukupnya, jangan terlalu encer.
  4. Setelah lem tercampur, gunakan kuas untuk melapisi seluruh permukaan balon karet dengan lem tersebut. Berbeda jika Anda menggunakan balon plastik, permukaan balon tidak perlu dilapisi lem. Bisa langsung dililitkan dengan benang agar setelah mengering balon plastik mudah untuk dikeluarkan.
  5. Lilit balon secara acak menggunakan benang hingga menutupi seluruh permukaan balon dengan sempurna.
  6. Setelah terlihat agak tebal, ulangi melapisi seluruh permukaan benang dengan lem kemudian lilit kembali dengan benang. Ulang terus hingga setidaknya 2 atau 3 kali, namun semakin tebal benang, maka lampu akan semakin redup.
  7. Langkah terakir, lapisi seluruh permukaan benang terluar dengan lem.

Lampu Botol Mizon

Bahan :
  • 12 botol plastik bekas minuman Mizone
  • 2 buah tutup botol bekas minuman Mizone
  • Benang kasur
  • Manik-manik dan rumbai-rumbai untuk hiasan
  • Gunting/cutter
  • Alat pelubang botol (bisa menggunakan alat lain, yang penting bisa untuk melubangi tutup botol)
  • Lampu kecil, lengkap dengan tempat lampu, kabel, dan colokan
  • Lem
Lalu, ini dia cara membuat lampu hias dari botol mizone :
  1. Langkah pertama, pastikan dulu semua botol mizone yang akan digunakan dalam keadaan bersih dan kering. Kemudian potong botol mizone kira-kira dengan perbandingan bagian atas dan bawah 1:2. Kita akan menggunakan potongan botol bagian atas.
  2. Ambil satu potongan botol Mizone, gunting menjadi 5 bagian yang sama lebarnya. Cukup digunting mencapai kira-kira 2-3 cm dari leher botol, atau di lekukan pertama seelah leher botol. Ulangi langkah ini untuk semua potongan botol Mizone.
  3. Lipat bagian bilah-bilah ini keluar sambil ditekan-tekan agar bentuknya tetap begitu. Lakukan juga untuk 12 potongan botol lainnya, sehingga kita akan memiliki 12 bentuk botol yang merekah seperti bunga.
  4. Tautkan ujung-ujung kelopak bunga ini dengan ujung dari kelopak bunga botol yang lain menggunakan staples. Susun sedemikian rupa agar membentuk menyerupai bola. Ada 6 kelopak bunga plastik untuk membentuk satu buah bola lampion. Jangan lupa taruh lampu di bagian dasar. Rekatkan dengan lem, dan biarkan kabelnya keluar melalui celah yang ada.
  5. Lubangi 2 tutup botol di tengah-tengah, masukkan benang kasur ke dalamnya. Gantungkan rumbai-rumbai di bagian bawahnya melalui ini. Pasang tutup botol pada mulut botol di bagian bawah. Sedangkan tutup botol satunya dipasang di bagian atas untuk menggantung lampu hias.

Chandelier stik es krim


Bahan yang diperlukan :
  • Holla hoop dengan 3 ukuran berbeda (masing-masing 2 buah), sesuai selera
  • Stik es krim panjang dengan jumlah secukupnya
  • Perekat super
  • Kawat atau tali untuk mengikat
  • Jepit jemuran secukupnya (jika diperlukan)

Cara membuat :
  1. Ambil sebuah stik es krim untuk memulai cara membuat lampu hias kamar gantung satu ini, kemudian posisikan sebuah holla hoop di masing-masing ujung stik es krim tersebut. Pastikan untuk menggunakan dua buah lingkaran holla hoop dengan ukuran yang sama besarnya.
  2. Lumuri kedua ujung stik es krim tersebut dengan perekat super agar lingkaran holla hoop menempel dengan stik es krim. ( Baca juga: Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar )
  3. Teruskan menempel stik-stik es krim tersebut secara berjajar mengelilingi sisa holla hoop yang belum terisi dengan stik es krim. Atur posisi sedemikian rupa agar stik es krim tertempel dengan rapi.
  4. Lakukan hal yang sama dengan dua pasang holla hoop lainnya yang Anda miliki.
  5. Agar cara membuat lampu hias kamar gantung ini makin mudah Anda dapat menggunakan bantuan penjepit jemuran untuk menahan stik es krim yang sudah ditempel agar dapat menempel kuat pada holla hoop.
  6. Diamkan beberapa saat hingga Anda yakin bahwa stik es krim telah menempel dengan kuat sebelum beralih ke tahap berikutnya.
  7. Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menggabungkan tiga rangkaian stik es krim tadi menjadi sebuah rangkaian utuh lampu hias kamar gantung.
  8. Ambil 4 hingga 5 batang stik es krim sesuai kebutuhan, kemudian tempel pada bagian dalam lingkaran holla hoop. Letakkan pada hulla hoop bagian bawah. Pastikan tiap stik es krim ditempel dengan susunan memnyerupai jembatan yang menghubungkan tiap sisi lingkaran hulla hoop.
  9. Lakukan hal yang sama pada sisa rangkaian ligkaran hulla hoop yang lainnya dan pastikan stik es krim tersebut telah menempel dengan kuat karena rangkaian jembatan tersebut akan digunakan sabagai rangka penghubung ketiga rangkaian hulla hoop yang telah Anda buat sebelumnya.
  10. Jika sudah, gabungkan tiga rangkaian lingkaran hulla hoop tadi dengan cara menempelkannya pada rangka jembatan yang telah dibuat sebelumnya.
  11. Sebagai sentuhan akhir, tambahkan beberapa tali pengikat pada bagian teratas rangkaian stik es krim hulla hoop tadi agar tudung lampu hias tersebut dapat dikaitkan atau dipasangkan pada lampu kamar gantung Anda.
  12. Cara membuat lampu hias kamar gantung dari stik es krim pun telah selesai dan siap untuk digunakan.
Agar tampilan lampu hias stik es krim terlihat menarik, Anda dapat mewarnainya dengan warna favorit Anda. Selain itu Anda juga dapat menambahkan lumuran perekat super beberapa kali pada seluruh permukaan tudung lampu hias tersebut agar stik es krim semakin terekat kuat. Hmmm, ini merupakan sebuah cara membuat lampu hias kamar gantung yang sangat menarik ya!

Chandelier lampu natal


Bahan yang diperlukan :
  • Satu buah lingkaran hulla hoop (ukuran sesuai selera)
  • Rangkaian lampu hias kerlap-kerlip (biasa digunakan untuk hiasan pohon natal atau 17an)
  • Selotip bening ukuran kecil (jika diperlukan)
  • Tali atau kawat
Cara membuat :
  1. Cara membuat lampu hias kamar gantung yang pertama adalah dengan mengambil sebuah lingkaran hulla hoop, kemudian melilitkan lingkaran tersebut dengan menggunakan rangkaian lampu hias yang biasa terdapat pada pohon natal atau juga saat perayaan 17an. Usahakan untuk memilih rangkaian lampu yang memiliki ukuran bohlam kecil agar hasilnya lebih lembut.
  2. Susun sedemikian rupa rangkaian lampu tersebut dengan panjang untaian yang beragam agar hasilnya terlihat lebih alami. ( Jangan lewatkan: Kombinasi Warna Cat Dinding Biru Kamar)
  3. Pada bagian lampu yang menempel di badan lingkaran hulla hoop, dapat Anda perkuat dengan menggunakan tali atau juga selotip bening agar untaian lampu tersebut senantiasa berada pada posisi yang stabil dan tidak mengalami pergeseran atau bahkan terlepas dari lingkaran hulla hoop.
  4. Jika sudah, tambahkan beberapa tali atau kawat pada badan lingkaran hulla hoop agar rangkaian tersebut dapat dikaitkan atau digantungkan pada langit-langit kamar tidur Anda.
  5. Cara membuat lampu hias kamar gantung dari lampu natal pun telah selesai dan siap untuk digunakan. Well, sungguh menarik ya!

Chandelier Renda


Bahan yang diperlukan :
  • Kap lampu bekas
  • Renda
  • Perekat super
  • Tali atau pita

Cara membuat :
  1. Ambil sebuah kap lampu bekas yang sudah tidak terpakai. Usahakan yang memiliki bentuk kerucut atau juga dapat menggunakan bentuk lain sesuai dengan selera.
  2. Ambil renda, kemudian ukur dan potong renda sepanjang satu lingkaran penuh sesuai dengan diameter kap lampu yang Anda gunakan. Lakukan beberapa kali sesuai dengan jumlah tumpukan renda yang Anda inginkan.
  3. Dengan posisi kap lampu terbalik (diameter terbesar berada pada bagian atas), mulai tempelkan potongan-potongan renda yang telah Anda buat tadi.
  4. Lumuri pinggiran renda serta bagian kap lampu yang akan Anda tempeli dengan renda. Buat sedemikian rupa agar permukaan renda tidak menempel sepenuhnya pada kap lampu. Bagian renda yang tidak dilumuri dengan lem biarkan tergantung untuk memberikan efek rumbai-rumbai.
  5. Ulangi hal tersebut hingga seluruh permukaan kap lampu telah tertutupi oleh tempelan renda.
  6. Anda dapat memperkuat tempelan renda tersebut dengan memberikan jahitan manual menggunakan bantuan jarum tangan serta benang yang sewarna dengan renda atau juga senar transparan yang berukuran kecil.

Tahapan akhir yang dibutuhkan adalah dengan menambahkan tali atau pita pada bgian atas kap lampu agar dapat digantungkan pada langit-langit kamar Anda.Voila, cara membuat lampu hias kamar gantung dari renda pun selesai dan siap untuk digunakan.

Chandelier kupu-kupu


  • Bahan yang diperlukan :
  • Lingkaran hulla hoop
  • Senar bening atau tali
  • Plastik mika bening
  • Gunting
  • Alat tulis
  • Jarum atau paku

Cara membuat:
  1. Gambar kupu-kupu berukuran keci hingga sedang (sesuai selera) pada plastik mika bening sebanyak mungkin (sesuai selera).
  2. Jika sudah langkah kedua cara membuat lampu hias kamar gantung adalah dengan meotong plastik mika tersebut sesuai dengan bentuk kupu-kupu yang telah dibuat sebelumnya, sisihkan.
  3. Potong senar atau tali dengan panjang sesuai selera, namun pastikan agar ukurannya mencukupi saat ditalikan pada lingkaran hulla hoop dan mampu menampung beberapa lembar kupu-kupu mika yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Jika sudah, mulailah meronce kupu-kupu bening tadi pada tali-tali yang telah Anda buat
  5. Setelah semua kupu-kupu telah teronce dengan rapi, ikatkan salah satu ujung tali roncean tadi hingga memenuhi badan lingkaran hulla hoop.
  6. Agar ikatan terlihat rapi, Anda dapat menutupnya dengan menggunakan lem atau juga melapisi badan lingkaran hulla hoop tersebut dengan menggunakan pita dengan warna sesuai selera.
  7. Jangan lupa menambahkan tali agar chandelier kupu-kupu tadi dapat digantungkan.
  8. Cara membuat lampu hias kamar gantung kupu-kupu dari plastik mika pun telah selesai dan siap untuk digunakan.

LAMPION CHANDELIER


Bahan yang diperlukan :
  • Cardboard/Karton kardus
  • Lem super
  • Kain yang menerawang
  • Tali
  • Beberapa manik-manik dengan lubang besar
  • Alat tulis
  • Gunting
  • Pembolonog kertas

Cara membuat:
  1. Cara membuat lampu hias kamar gantung ini sebenarnya cukup mudah, yaitu diawali dengan membuat 4 buah persegi panjang menyerupai bingkai foto dengan ukuran 19cm x 31cm dengan menggunakan cardboard atau karton kardus.
  2. Saat membuat lubang di bagian tengah karton kardus, pastikan untuk menyisakan pinggiran karton kardus sepanjang 2cm.
  3. Buat lubang-lubang kecil di seluruh pinggiran bingkai tersebut dengan menggunakan bantuan pembolong kertas. Atur posisi lubang sedemikian rupa agar tidak terlalu menepi, sisihkan.
  4. Berikutnya, buat 4 buah potongan kain dengan menyesuaikan ukuran bingkai yang dibuat sebelumnya. Anda juga dapat menggunakan bahan tipis lainnya asal tembus cahaya lampu. Tempelkan potongan kain tersebut pada bingkai dengan menggunakan lem super, jangan sampai menutupi lubang yang dibuat dengan pembolong kertas.
  5. Satukan keempat bingkai tersebut dengan menggunakan bantuan tali seperti ketika mengikat tali sepatu, dengan memulainya dari bagian paling atas. Tambahkan hiasan berupa manik-manik dibagian akhir ikatan.
  6. Cara membuat lampu hias kamar gantung berbentuk lampion pun selesai.

CROPPED BUTTERFLY CHANDELIER


Bahan yang diperlukan :
  • Lingkaran hula hoop ukuran diameter 30cm atau sesuai selera
  • Kertas karton warna putih atau sesuai selera
  • Alat tulis dan penggaris
  • Gunting
  • Cutter atau pisau pemotong
  • Lem super

Cara membuat :
  1. Potong kertas karton dengan ukuran lebar 21cm dan panjang 96cm atau sesuai selera sebagai langkah pertama cara membuat lampu hias kamar gantung. Pastikan panjang kertas tersebut mampu menutupi keliling lingkaran hula hoop yang digunakan.
  2. Buat garis pembatas selebar 1- 2cm pada masing-masing sisi kertas pada kertas yang telah dipotong tersebut. Bagian ini akan digunakan untuk melekatkan kertas pada lingkaran hula hoop.
  3. Gambar bermacam kupu-kupu di bagian tengah kertas karton sebanyak mungkin. Pastikan untuk memberikan jarak antara satu gambar dengan lainnya.
  4. Dengan menggunakan cutter atau pisau pemotong lainnya, buat potongan mengikuti gambar kupu-kupu. Pastikan untuk menyisakan bagian tengah atau badan kupu-kupu agar tidak ikut terpotong.
  5. Lipat sayap kupu-kupu yang telah terpotong tadi kearah luar.
  6. Tempelkan kertas karton tersebut pada lingkaran hula hoop menggunakan lem super pada lipatan kertas di sisi atas serta pada pertemuan ujung sisi kertas.
  7. Cara membuat lampu hias kamar gantung dengan model Cropped Butterfly pun selesai dan chandelier siap untuk digunakan.

Lampu Nanas Botol Plastik


Bahan Bahan:
  • Lampu
  • Botol Plastik Bekas
  • Sendok plastik
  • Kertas polio warna hijau
  • Lem
  • Pisau/Gunting
  • Obeng
  • Tang
  • Tiang untuk mendirikan lampu
  • Pylox/Cat Warna Kuning
Cara Pembuatan:
  1. Pertama potong botol menggunakan Gunting/Pisau seperti bentuk gambar dia atas
  2. Selanjutnya cat/pylox kepala sendok dengan warna kuning atau sesuai selera anda ,
  3. Lalu setelah kering, potong bagian kepala sendok menggunakan tang/gunting
  4. Setelah itu susunlah dan tempel sendok-sendok tersebut secara beraturan hingga berbentuk seperti nanas
  5. Untuk memberi motif daun, gunting polio yang sudah dipersiapkan tadi seperti contoh gambar di bawah ini.

  6. Pasang lampu dan tiang agar bisa berdiri dengan tegak
  7. Dan kini lampu hias bentuk nanas dari botol plastik bekas siap untuk digunakan.

Lampu Hias Lilin Elektronik

Bahan dan Alat untuk Membuat Lampu Hias Lilin Elektrik
  • Kertas HVS
  • Lem tembak
  • Kardus bekas
  • Lilin
  • Lampu led
  • Baterai
  • Saklar
  • Solder

Tutotial Cara Alat untuk Membuat Lampu Hias Lilin Elektrik
  1. Untuk membuat sendiri lampu hias lilin elektrik ini, pertama-tama buat gulungan dari kertas HVS putih menyeruai lilin seperti gambar di bawah ini.
  2. Pasang lampu led pada sebuah potongan kertas kecil seperti gambar di bawah ini, dan selder sebuah resistor dan kabel kemudian bungkus dengan seloip agar tidak konslet.
  3. Lem kertas kecil yang telah dipasang lampu tadi pada gulungan kertas HVS yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Potong sisa kertas dipinggirnya menggunakan gunting.
  5. Hasilnya seperti ini.
  6. Buat sebuah kotak kecil dari kardus yang dilem menggunakan lem tembak seperti ini. Kotak kardus ini akan menjadi dasaran dari lampu hias lilin elektrik ini.
  7. Baca lainnya: Cara Membuat Pelindung Kabel dari Botol Bekas
  8. Pasang gulungan kertas HVS tadi pada sebuah potongan kardus seukuran dengan kotak tadi yang disampingnya telah diberi saklar.
  9. Rangkai kabel dari led dan saklar pada sebuah baterai.
  10. Masukkan baterai pada kotak tadi dan pasang gulungan HVSnya pada bagian atasnya.
  11. Agar lampu hias lilin elektrik ini terlihat lebih realistik, beri tetesan lilin pada bagian bodinya secara menyeluruh.
  12. Hasilnya setelah ditetesi dengan lilin akan seperti ini.
  13. Sekarang buat tiruan api dengan cara leletkan lem tembak pada lampu led dibagian atas lednya.
  14. Sekarang tingal dicoba saja lampu hias lilin elektrik ini.
  15. Hasilnya setelah ditetesi dengan lilin akan seperti ini.
  16. Sekarang buat tiruan api dengan cara leletkan lem tembak pada lampu led dibagian atas lednya.
  17. Sekarang tingal dicoba saja lampu hias lilin elektrik ini.

http://www.usahakreatif.net/usaha-kreatif/membuat-lampu-hias-benang-balon/
http://www.belirumahminimalis.com/2017/08/Cara-Membuat-Lampu-Hias-Kamar-Tidur-Gantung.html
http://www.ciptaantangan.com/2016/09/cara-membuat-lampu-hias-bentuk-nanas.html
http://tutorcaramembuat.blogspot.co.id/2017/08/cara-membuat-lampu-hias-llilin-elektrik.html

Shares

0 comments:

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!


Top