Ketahui 6 Penyebab Laptop Mati Sendiri

Caratekno.com - Apa yang akan Anda lakukan bila laptop kesayangan satun-satunya mati tiba-tiba? Tent... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Apa yang akan Anda lakukan bila laptop kesayangan satun-satunya mati tiba-tiba? Tentu saja kejadi seperti seperti horor bagi Anda dan merasa khawatir dengan data-data di dalam harddisk jika rusak atau hilang.


Apalagi jika laptop sebelumnya tidak terjadi masalah fatal seperti terjatuh dan semisalnya, lagi saat asyiknya nonton film tiba-tiba si-lepi tidak mau ON. Waduh bisa gempar nih.

Nah, untuk mengurangi kekhawatiran perlu Anda ketahui penyebab laptop mati sendiri, saya akan ulas satu-persatu dengan gaya bahasa saya sendiri.

Sebelum menuduh laptop secara berlebihan. Pahami dulu kondisi laptop Anda saat ini, mengapa dia mati secara tiba-tiba seperti itu? Barangkali laptop tersebut tengah mengalami kondisi seperti pada poin-poin di bawah ini.

1. Apakah laptop nyala terus-terusan tidak pernah "tidur"?

Jika Anda menjawab IYA berarti kesalahan bukan pada laptopnya tetapi akibat kecerobohan Anda sendiri sebab laptop sebagai mesin butuh pendinginan processor dan istrirahat dari kerja kerasnya, Jadi seperti manusia juga latop butuh istirahat setiap saatnya.

Tips: sebaiknya shut down/ matikan laptop/notebook anda jika tidak digunakan rentan waktu lama, JANGAN sering hibernate. PENTING!

Apalagi laptop dipaksakan melakukan kerja berat melebihi beban kemampuan sesuai spesifikasinya dijamin seratus persen laptop Anda akan cepat rusak dan mati selamanya. Jadi sebelum menggunakannya sebaiknya perlu anda pahami tugas anda apa? dan spesifikasi laptop seperti apa?
Tips: Silahkan istirahatkan laptop selama kurang lebih 3 jam, agar saat akan menggunakannya lagi, laptop sudah berada dalam kondisi prima.
2. Apakah Windows sering Restart sendiri atau Gagal loading?

Sebenarnya tidak seratus persen masalah penyebab laptop mati sendiri disebabkan oleh hardware komputer. Bisa saja 90% kerusakan disebabkan oleh sofware yang rusak, sistem operasi yang cacat (corrupt). Penyebab rusak ini bisa saja dari susupan virus dan serangan malware yang menghapus sebagian data vital sistem operasi, sehingga komputer akan rusak dan ujung-ujungnya menyerang kesehatan harddisk gudangnya data.

Solusinya: lakukan scanning harddisk bermasalah pada komputer yang sehat untuk mendeteksi virus. lakukan repair sistem, pilihan terakhir install ulang.

3. Laptop mati sendiri karena Banyak kotoran dan debu menempel di dalamnya?

Kotoran atau debu yang menempel pada bagian dalam laptop akan mengakibatkan berbagai masalah. Jika laptop dalam kondisi seperti ini maka laptop akan mengalami overheat. Jika kotoran atau debu ini sampai masuk ke bagian kipas (pendingin laptop) dan saluran pembuangan udara, maka laptop akan cepat panas, dan akhirnya laptop mati secara tiba-tiba.

Tips: Bongkar casing laptop, lalu bersihkan secara lembut menggunakan kuas. Hati-hati dengan komponen-komponen pada laptop. Jika Anda tidak yakin untuk membersihkannya sendiri, silahkan meminta bantuan kepada teman Anda yang berpengalaman dengan hal semacam ini.

4. Laptop tiba-tiba mati saat Anda bermain game?

Main board adalah hardware yang peranannya cukup sentral di laptop. Kejadian ini sering menimpa laptop yang telah tua. Selain itu, penyebab main board rusak karena sering laptop sering digunakan secara terus-menerus dalam durasi yang lama.

Mainboard rusak tidak dapat dideteksi begitu saja, Anda harus membawanya ke service untuk mengetahuinya. Jika mainboard laptop rusak sebaiknya saya sarankan Anda membeli Laptop baru saja sebab harga mainboard seharga laptop baru. Pertimbangkan hal ini baik-baik.

5. Apakah RAM laptop tidak bermasalah?

Banyak kasus kegagalan booting diakibatkan kerusakan memory fisik yang tertanam di dalam mainboard laptop. Sebenarya kasus kerusakan RAM ini sangat jarang sekali mengingat RAM jarang mati, mungkin saja kaki-kaki slot kotor atau berkarat.
Tips: Cabut kepingan RAM bersihkan kaki-kakinya dan slot memory di mainboard dengan alkohol pembersih, kemudian setelah bersih dan kering masukkan kembali ke tempat semula.
RAM adalah tempat penyimpanan data-data di dalam komputer. Jika RAM sampai bermasalah, jangankan mengoperasikan laptop, masuk booting saja tidak akan terjadi. Dalam kalimat lain, program computing tidak akan berjalan seperti biasanya.

6. Laptop mati sendiri akibat pasta prosesor kering

Pasta processor sebagai media penghantar panas ke heatsink alumunium apabila pasta ini mengering atau berkurang bisa jadi transfer panas terhambat. Pada kasus tertentu laptop mati setelah sekian menit akibat overheat (pemanasan berlebihan hawa panas terjebak tidak bisa keluar casing ) akibat pasta yang terlihat sepele ini. Laptop tua pasta processornya sudah mulai mengering akibat hawa panas

Panas berlebih ini bisa lebih panas dari air mendidih, akibat itu komponen penting sebelahnya akan terimbas panas yang akan membuat laptop crash.

Jika memang penyebab laptop tiba-tiba mati karena hal ini, maka yang perlu dilakukan adalah membeli pasta prosesor lalu mengoleskannya pada prosesor laptop secara merata. Namun, jika Anda tidak ahli dalam melakukan hal ini, silahkan minta bantuan teman yang memahami persoalan bagian dalam laptop.

Semoga artikel sederhana cara mengetahui penyebab laptop mati sendiri atau laptop sering mati sendiri bermanfaat bermanfaat bagi Anda dirumah dan di kantor,

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!