Bagaimana Cara Mempercepat Komputer yang Lambat Tanpa Harus Upgrade Hardware

Caratekno.com - Kebutuhan komputansi di era modern nan canggih ini sangat mendesak sekali bahkan te... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Kebutuhan komputansi di era modern nan canggih ini sangat mendesak sekali bahkan terkadang melebih makan dan minum. Saking pentingnya sebuah komputer untuk mengirim pesan email ke partner bisnis, membuka halaman website untuk memasarkan produk dan mencari informasi penting kecepatan komputer mengakses sangat diutamakan sekali.

Komputer cepat/ best-registry-cleaner.net 

Ibarat orang komputer itu seperti istri kedua.... heee... (hanya bercanda)

Nah, karena penting sekali menggunakan komputer untuk kegiatan harian, kecepatan proses CPU juga jangan diabaikan, beruntung Anda bertemu dengan artikel semacam ini sebab saya akan membantu memecahkan masalah yang ternyata sederhana.

Nah, yuk simak saja cara meningkatkan kinerja komputer menjadi lebih kencang.

Sebelum dikupas tuntas apa saja sih faktor yang dapat meningkatkan performa komuter?

Berantas segera Adware dan Malware

Adware dan malware menjadi pertimbagan utama penyebab computer menjadi berat dan lambat.

Jika komputer sudah tertanam adware biasanya ditandai dengan seringnya muncul iklan-iklan pop-up atau notifikasi tidak jelas

Sedangkan untuk malware biasanya sering ditimbulkan akibat Anda sering mendownload program-program yang merusak dan tidak jelas dan tidak diketahui kemunculannya (penyusup).

Nah, kabar baiknya sekarang banyak program bagus yang gratis untuk memburu malware-malware jahat di komputer.

Legakan ruang kosong Harddisk

Harddisk sangat berdampak besar sebagai penyebab turunnya performa kecepatan komputer Anda jika overload processornya.

Turunya speed processor sangat mudah diketahui yakni lambatnya proses baca-tulis data pada harddisk.

Sebenarnya tool bawaan Microsoft sudah tertanam berfungsi membersihkan sampah data yang menumpuk pada harddisk.

Caranya?

Klik tombol Start > kemudian pilih > All Programs > klik Accessories > System Tools > Disk Cleanup
Jika Anda masih belum puas dengan fasilitas tool tersebut Anda bisa menggunakan software gratisan yang mumpuni jika ada dana lebih saya sarankan mencoba versi Pro.

Bagaimana cara kerjanya?

Software perbaikan harddisk semisal ini akan menghitung berapa besaran kapasitas ruang kosong harddisk kemudian software menemukan jumlah file-file yang terbekukan atau file yang tidak terpakai untuk Anda tentukan dibuang atau tidak.

Jika data sampah ini telah benar-benar bersih biasanya harddisk akan lebih ringan proses baca-tulisnya.

Tapi jika Anda masih ragu dengan data tadi apakah masih dibutuhkan atau tidak sebaiknya data di back up ke harddisk eksternal.

Speed Up Hard Disk

Tambah satu hal lagi. Harddisk yang tidak dirapikan tata letak datanya (baca: defrag) juga menjadi penyebab lainnya komputer jadi lambat.

Harddisk Anda apabila telah di defrag maka letak penyimpanan data akan rapi sesuai nomer pengurutan besar data, urutan nomer, urutan tanggal dan lainnya.

Ibarat sebuah perpustakaan yang penempatan buku berantakan pengunjungnya akan malas untuk berkunjung kembali atau enggan mencari buku bacaannya.

Berbeda apa bila perpustakaan tersebut nyaman, sejuk dan koleksi bukunya rapi dan bagus, tentu saja pengunjung betah dan cepat menemukan koleksi buku-buku meski jutaan judul buku.


Jadi lakukan defragment harddisk paling tidak sebulan sekali insyaa Allah masalah komputer lambat dapat terselesaikan.

Baca juga: Belajar Mengenal Komponen-komponen Komputer

Program Start-up 

Hal penting lainnya langkah meningkatkan speed CPU diantaranya mengurangi jumlah program komputer yang berjalan bersamaan. Apabila memang komputer lama terasa berat janganlah memaksakan menjalankan aplikasi lebih dari satu bersamaan.
Tips: idealnya satu aplikasi saat satu penggunaan jenis pekerjaan.

Scan Virus

Masalah virus sekarang banyak software anti virus gratis yang bagus membasmi virus penyerang komputer. Apabila virus-virus ini tidak dimusnahkan ibarat tubuh akan sakit bila tidak cepat diobati.

Proses scanning virus komputer biasanya memakan waktu kurang lebih 45 menit -1 jam tergantung kapasitas harddisk dan jumlah data.

Scan Registry Windows Registry

Sebagai langkah solusi terkahir mengantisipasi lemotnya komputer adalah Windows registry yang overload.

Fungsi registry ini sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh sistem operasi Windows sebagai penyimpan informasi kunci software saat instalasi program sehingga tiap-tiap komputer memiliki keunikan key registry.

Sama seperti tool lainnya, software bagus yang membenahi key registry berantakan versi gratis juga banyak semisal RegCure dan CCleaner.

Program registry akan mencari dan membenahi file-file penting yang secara efisien. Cobalah dan rasakan bedanya.

Baca juga: 8 Cara Cepat Mendinginkan Komputer atau Laptop

Kesimpulan

Setelah semua cara di atas anda lakukan dengan benar, kini paling tidak komputer akan lebih cepat ketimbang sebelumnya.

Lakukan Restart PC dan cek hasilnya, ulangi beberapa langkah di atas beberapa kali seminggu untuk meningkatkan performa komputer.


Jadi jika suatu ketika komputer terasa turun kecepatan prosesnya, jangan tiba-tiba langsung memutuskan komputer terlalu tua atau sudah tidak layak lagi, cobalah beberapa tips sederhana di atas untuk memperbaiki sendiri di rumah tanpa harus mengganti komputer baru atau membawa ke tukang service komputer.

Nah, masih bingung tiba-tiba komputernya lemot? Cara apa yang tepat untuk perbaikan? Kini Anda sudah tahu cara sederhana di atas. Semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!