8 Cara Cepat Mendinginkan Komputer atau Laptop

Komputer juga seperti halnya manusia, bila kepanasan dan terlalu berat bebannya maka akan panas dan ... thumbnail 1 summary
Komputer juga seperti halnya manusia, bila kepanasan dan terlalu berat bebannya maka akan panas dan "sakit". Nah, dari itulah artikel ini dibuat agar tidak memberatkan komputer/ PC/ CPU (central processing unit) baik yang desktop ataupun yang portable (baca: laptop). Bisa juga panas komputer disebabkan karena overclocking yang melebihi kemampuannya sehingga panas berlebih. Panas pada processor dapat menyebabkan kerusakan parah pada hardware yang lain.


Mari kita simak tips mendinginkan komputer dengan cepat dan efektif

Cooling pad
Cooling pada bentuknya yang pipih datar sangat cocok untuk mendingikan bawah permukaan laptop yang panas, dengan sirkulasi udara yang baik tentu panas akan berkurang


Thermal paste
Pernah saya alami ketika komputer Pentium 4/ AMD 4 tahun silam tiba-tiba mati sendiri, saya coba hidupkan selang beberapa menit kemudian mati lagi... wah kalau seperti ini terus berulang tentu yang akan rusak adalah harddrive/ harddisk saya. Benar saja, harddisk ikut ngadat alias bad sector akibat proses shutdown yang salah.

Setelah saya bongkar tidak ada kerusakan berarti pada semua hardware, dan ternyata thermal paste penyalur panas prosessor ke fan processor kurang. Kasus terpecahkan setelah di tambahi sedikit pasta pendingin.

Bersihkan debu
Meski kipas berputar optimal, tegangan, dan hardware normal tetapi banyak debu tentu sangat menghambat proses pendingan. Segera bersihkan dengan blower bisa juga menggunakan kompressor tekanan sedang.

Heatsink
Pasang heatsink berbahan alumunium yang lebar, besar (bila perlu) agar panas cepat

Buka casing komputer
Casing terbuka tentu sirkulasi udara panas keluar lebih cepat, tetapi hati-hati jangan sampai kena tumpahan cairan bila komputer berada di bawah


Matikan komputer
Badan terasa capek dan penat, berati anda butuh istirahat agar badan segar dan bisa melanjut aktivitas berikutnya. Nah, begitu pula dengan komputer butuh dimatikan beberapa menit untuk pendinginan lebih cepat.

Tambah kipas
Tambah kipas adalah solusi terakhir bila dirasa tips di atas kurang mumpuni. Pasanglah kipas komputer yang putarannya tinggi dan tidak berisik, letaknya sesuaikan dengan kebutuhan agar penyaluran udara panas baik.

Water cooling
Ini cara ekstrim buat penggila overcloaking pendinginan menggunakan air sangat efektif sekali ketimbang dengan pendingin media udara. Tapi ingat gunakan perlengkapan yang memang khusus untuk water cooling jangan membuatnya sendiri, kecuali CPU anda dikhlaskan untuk mati total gara-gara ketumpahan air.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!