Transatlantik 3,5 Jam Terbang dengan SuperSonic Concorde

Pesawat Supersonik yang sangat gelegar suaranya mulai dilakukan ujicoba dengan penerabangan pesawata... thumbnail 1 summary
Pesawat Supersonik yang sangat gelegar suaranya mulai dilakukan ujicoba dengan penerabangan pesawata Concorde antara New York, AS dengan beberapa kota di Eropa pada tanggal 22 November 1977.


Penerbangan perdana sebenarnya sudah dilakukan sejak 21 Januari 1976 melayani rute udara London, Inggris dengan Bahrain; Paris, Perancis dan Rio de Janeiro, Brasil. Sementara itu, Concorde dilarang mendarat di AS sehubungan protes keras warga Amerika atas polusi suara akibat ledakan supersonik yang sangat pekak.

Saat larang dicabut Februari 1976 memungkinkan penerbangan supersonic dilakukan di atas air, tapi tidak untuk Amerika lokal.

Akhirnya sejak 24 Mei 1976 Washington DC menjadi tujuan utama rute penerbangan transatlantik sebagai gambaran jarak tempuh penerbangan tahun 1920-an membutuhkan waktu sekitar 20 jam. Jika dengan menggunakan supersonik Concorde hanya membutuhkan waktu 3,5 jam...woow cepat sekali.


Sangat disayangkan penerbangan komersial dengan kecepatan supersonic pesawat Concorde hanyalah tinggal sejarah masa lalu saja, pasalnya pesawat ini kini sudah dilarang terbang dan dimusiumkan terhitung sejak tanggal 23 Oktober 2003 setelah banyaknya penentangan akibat polusi suaranya dan kecelakan fatal akibat ban pecah. Berakhirlah sudah "Concocrde" atau Concord.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!