Cara Membuang Muatan Listrik Statis yang Berbahaya

Caratekno.com - Pernahkah anda mengalami kesetrum ringan pada perangkat elektronik padahal peralata... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Pernahkah anda mengalami kesetrum ringan pada perangkat elektronik padahal peralatan sudah terlepas dari jala-jala listrik? Jika jawabannya pernah, itulah yang disebut dengan listrik statis (listrik yang tidak mengalir). Muatan listrik ini tersimpan karena tidak ada jalan keluar karena kerusakan jalur, komponen, atau kerusakan rangkaian sehingga muatan listrik statis ini tersimpan.

Pernah saya alami ketika mereparasi monitor yang matot (mati total) setelah di cek ternyata power supply yang rusak tidak mensuplai tegangan. Setelah saya bongkar, tentu dalam keadaan listrik 220V AC sudah lepas ternyata saat saya menyentuh bagian kondesator 2200uF/ 400Volt sungguh mengagetkan yang bikin hampir jantung copot (perumpamaan). Jempol kiri ada bekas 2 titik luka bakar seperti gigitan ulat dan panas seperti habis kesetrum pula.... (waduuuh jadi curhat nih).


Bagaimana tidak kaget motherboard monitor sudah terlepas keluar untuk dibersihkan debu-debu yang menutup ternyata masih tersimpan muatan listrik yang sangat besar.

Hal tersebut bukan saya tidak tahu mungkin faktor kelalaian saat kerja, ini bisa pembelajaran buat rekan tekno semua. Meski seorang profesionalpun harus tetap mementingkan faktor keselamatan terlebih lagi seorang pemula baru mengenal dunia elektronika sebaiknya dilakukan pendampingan agar aman.

Kembali ke listrik statis......

Komponen aktif seperti IC, Mosfet, transitor, dan lainnya sangat sensitif sekali terhadap muatan listrik. Saat komponen tersebut bekerja terlarisi listrik, jangan sekali-kali disentuh jari sebab tubuh manusia menyimpan listrik statis yang luar biasa menyebabkan kerusakan komponen tadi, biasa dikenal dengan ESD (electrostatic discharge).

Cara untuk menghilangkan muatan listrik statis yang tidak mengalir ini cukup mudah bila Anda tahu caranya. Hindari gesekan dengan bahan penghasil listrik statis pada tubuh seperti karpet. Meski kecil tapi menjengkelkan cukup dengan menempelkan ke benda besi agar terbuang. Atau bisa juga dengan menggunakan gelang anti listrik statis alat ini sangat bermanfaat saat merakit PC agar tidak ada sengatan kecil di jemari.

Pada kondesator/ kapasitor dengan cara menggunakan alat resistor kapur 470 ohm- 1K ohm/ 5W-10W dengan cara satu colokan ke ground (-) satu colokkan lagi ke (+) yang menyimpan listrik statis. Secara cepat membuang listrik statis 400V pada kondensator power supply board monitor. Semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!