Cara Merubah Led SMD 5630 0,5W Menjadi 3 Watt

Caratekno.com - apa kabar rekan tekno semua hari ini? semoga yang membaca artikel ini tambah rejek... thumbnail 1 summary

Caratekno.com - apa kabar rekan tekno semua hari ini? semoga yang membaca artikel ini tambah rejekinya lancar usahanya....Aamiin. Tak bosan saya usahakan membuat artikel ringan seputar dunia sain yang terbaru maupun yang sudah basi tapi masih menarik untuk disimak bersama.

Baik, Anda pernah liat lampu SMD seperti di atas? ukurannya sangat kecil kurang lebih panjangnya 5mm dan lebarnya hanya 3mm. Led tersebut di pasaran biasa dikenal dengan LED SMD 5630 0,5 watt tegangannya 3.4 volt.

Nampak terlihat kekuningan fisiknya tapi putih terang bersih sinar cahayanya. Apabila dirangkai menjadi deretan yang banyak sungguh cahyanya dapat menerangi lampu stadion lapangan bola.

Ah.. ga mungkin?! Faktanya bahwa lampu led bohlam yang bereder di pasaran saat ini kebanyakan menggunakan komponen led bijian ini.

Untuk Led bohlam daya 3 watt hanya menggunakan enam biji led saja, nah sekarang coba Anda hitung jika led bohlam berdaya 5 watt, 9 watt, 12 watt, dst jika perbijinya 0,5 watt. Berapa banyakkah led yang dibutuhkan?

Jawabannya adalah:
5 Watt = 10 biji led
9 Watt = 18 biji led
12 Watt = 24 biji led SMD 5630

Saya pernah juga menulis lampu led AC 220 buatan sendiri yang menggunakan led jenis ini, silahkan baca:
Limbah Lampu Bekas Jadi Lampu Baru Luxeon 1-3 Watt
20 Titik Led AC si-Lampu Hemat Energi Buatan Tangan
19 LED Listrik 220 Volt AC

Seperti tampak pada gambar atas driver led 3 Watt input 12Vol sebenarnya untuk led luxeon 3W, tapi dipasangkan pada led SMD 5630 setara 3 Watt. Saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar. Bukankah gambar sudah mengungkapkan seribu kata-kata... he he he.. Selamat beraksi!

1 comment

  1. broo...itu gambar ada jalur pcb yang di potong ngak broo...karna secara logika yang nyala pasti hanya 2 led, nah kalau jalurnya di potong pasti tegangannya juga harus naik, lednya menjadi seri...tolong jelskan broo, saya mau praktek jadi ragu..!!!!

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!